Cukuplah Allah bagiku, tiada tuhan selain Dia, untukMu tawakalku, dan Dia Rabbi arasy yang agung

Bacalah dan Tuhanmulah yang Maha Pemurah.
Yang mengajari dengan perantaraan pena.
Dia mengajari manusia apa yang belum diketahuinya

Ayat ini mengingatkan kita untuk terus membaca, menambah pengetahuan dengan segala akibatnya. Benarkah pencarian iman melalui bacaan berbahaya?
Google
 

Saturday, August 2, 2008

Cari Teman

Terus terang dalam hal ini saya sendirian, saya tidak punya teman berbagi mengingat apa yang mulai saya yakini pasti akan ditentang oleh orang-orang dekat saya. Dan semua ini hanya ada dalam pikiran saya. Saya mencari teman bertanya di internet.
Setelah searching di internet, lalu saya bergabung dalam milis keagamaan liberal. Saya bertanya apa boleh seorang muslim hanya percaya kepada al quran saja, tapi tidak meyakini hadis? Dari reply personal yang masuk ke email ada yang menyarankan saya untuk bergabung di milis tertentu. Lalu saya join ke situ. Dari situ saya dirunut lagi ke suatu forum khusus untuk orang-orang seperti saya.

Forum ini cukup mencengangkan. Member-membernya benar-benar punya pikiran radikal yang tidak terbayangkan oleh saya. Tetapi berdiskusi dalam forum ini mengasah kita untuk bisa berdebat dengan baik dan sopan tanpa memaksakan kehendak, karena pada akhirnya prinsip kita yang telah kita bawa tidak akan berubah dengan masukan apapun, hanya Allah yang bisa merubahnya. Banyak membernya dari Malaysia selain dari Indonesia sendiri.

4 comments:

  1. Memang susah mencari teman sepaham. Karena, pada dasarnya pengetahuan kita sedikit banyak dibentuk oleh pengalaman; apa yang Anda baca belum tentu dibaca semua orang. Kadang, sebuah perbedaan berhenti sebagai perbedaan saja; irreconcilable. Entah karena kita malas berpikir dan berdiskusi, atau karena memang perbedaan pendapat itu tak bisa dihindari.

    ReplyDelete
  2. ya, memang susah. seenggaknya sepaham dalam satu hal ini saja, tdk usah dalam banyak hal.

    ReplyDelete
  3. sepaham atau tidak, yang penting kita bisa saling menghargai

    salam kenal mas :)

    ReplyDelete
  4. salam kenal juga!terimakasih sudah mampir

    ReplyDelete