Allahu Akbar Tidak Ada Dalam Asmaul Husna

Menyambung tulisan saya Allahu Akbar Tidak Ada di Al Quran, saya jadi betulan penasaran.

Kufi: Asmaul Husna black and white

Saya mendapati tulisan di blog ini tentang Asmaul Husna yang 99 nama dari hadist Bukhari Turmudzi.


Dari daftar nama tersebut setelah saya browse ternyata tidak ada al Akbar, yang ada al Kabir. Sangat menarik ya? tidak? Nama-nama yang lain misalnya ar Rohman, ar Rohim, al Malik, al Quddus dst.

Dalam blog tersebut versi asmaul husna dari ibnu Majah lebih banyak (114 nama), dan versi Thabrani (130 nama).

Apakah muslim tidak mengikuti hadist? Yang pasti barangkali adalah hadist-hadist itu bertentangan satu sama lain, karena ada hadist tentang takbir Allahu akbar, sedangkan akbar tidak ada dalam daftar nama-nama baik dan indah. Menarik ya? nggak? hehee

Comments

  1. Kalau diperhatikan konsonan Akbar dan Kabir itu sama mas, akar katanya sama. Katanya berubah bentuk sesuai fungsinya. Kalau belajar Bahasa Perancis / Inggris pasti ngerti. Gak sulit kok.
    Buat PR deh mas. Asmaul Husna: Al Ghaffar, padahal di Quran biasanya redaksinya : Ghaffururrahim. Apa Ghaffar bertentangan dengan Ghaffur?

    ReplyDelete
  2. Memang, akbar itu bentuk elative dari kabir. Baca juga postingan saya sebelumnya http://bahayamembaca.blogspot.com/2011/02/allahu-akbar.html
    Artinya sedikit berbeda, bentuk elative itu menggambarkan gradasi 'lebih'.

    ReplyDelete

Post a Comment