Ketika Kristen Mengucapkan Allahu Akbar

Allahu Akbar -  kata ini sudah sangat dikenal muslim dan diucapkan berpuluh kali setiap hari.  Artikel ini membahas mengenai arti kata ini - yang semakna dengan Allah Maha Besar.  Kata ini identik dengan Islam - malah di Malaysia kata Allah tidak boleh digunakan dalam Alkitab / Bibel terjemahan Malaysia, karena Allah adalah milik umat Islam.

Yang tidak diketahui oleh kita - yaitu masyarakat yang tidak berbahasa arab -  adalah bahwa umat kristen arab sudah menggunakan kata Allah untuk Tuhan / God ratusan tahun sebelum nabi Muhammad mendapatkan wahyu.  Tulisan ini 'We Palestinian Christians say Allahu Akbar' yang dipublikasikan oleh chanel berita Rusia rt.com barangkali akan sangat membingungkan muslim dan penganut kristen di Indonesia.  Seorang archbishop / Uskup Agung dari gereja Kristen Ortodoks Palestina bernama Atallah Hanna mengucapkan kata-kata Alhamdulillah, Insha Allah, Masha Allah.  Dan dia juga mengatakan bahwa "kami orang kristen Palestina mengucapkan Allahu Akbar".


Uskup Agung Atallah Hana, gambar dari sini

Sangat banyak hal yang membingungkan dari artikel ini.  Pertama: dia orang Palestina, dan dia Kristen.  Kedua: dia mengucapkan istilah-istilah yang sangat islami: Alhamdulillah, Insha Allah, Masha Allah.  Ketiga: ternyata dia juga sudah pernah ditahan oleh pihak Israel beberapa kali.  Keempat: Bahwa istilah arab untuk Tuhan adalah Allah, apapun agamanya.

Artikel ini bisa menjadi pembuka tempurung kita.  Bahwa di Palestina ada umat kristen, dan bahwa mereka juga sama menderitanya dengan muslim dibawah pendudukan Israel.  Dan mereka mengucapkan Allahu Akbar.

Dalam artikel itu ditanyakan kepada Uskup Agung mengenai istilah Allahu Akbar yang bagi orang barat terdengar seperti ancaman dan bagaimana umat kristen disana menanggapinya.  Dijawab oleh beliau:
"Kami orang Kristen juga mengatakan Allahu Akbar . Ini adalah ekspresi dari pemahaman kita bahwa Sang Pencipta Maha Besar. Kami tidak ingin kalimat ini terkait dengan terorisme dan kejahatan.  Kami menolak untuk mengasosiasikan kata-kata ini dengan pembantaian dan pembunuhan .  Kami menentang penggunaan kata ini dalam konteks ini . Mereka yang melakukan itu menghina agama dan nilai-nilai agama kita .

Mereka yang menggunakan kata-kata ini saat melakukan tindakan tidak religius , tidak spiritual, tidak beradab sedang merugikan agama .  Allahu Akbar adalah ekspresi dari iman kita .  Seseorang tidak boleh menggunakan kata-kata ini untuk tujuan non-agama untuk membenarkan kekerasan dan teror ".

Bagi umat kristen Indonesia yang muasalnya disebarkan dari misionaris asal Roma atau Belanda, hal ini akan sangat mengherankan bahkan mengguncangkan.  Bagi muslim yang saking terbiasanya melihat al quran, hadist hingga jimat dalam huruf arab sehingga menganggap huruf arab adalah huruf islam, ini saatnya membuka mata.

Doa Bapak Kami dalam kaligrafi arab, sumber dari sini

Comments

  1. Allahu Akbar bukanlah Allah yang Tunggal.

    Allah yang Tunggal adalah Allah Alkabir.

    ReplyDelete
  2. Kenapa orang palestina kristen tidak mualaf saja, masuk Islam

    ReplyDelete

Post a Comment