Cukuplah Allah bagiku, tiada tuhan selain Dia, untukMu tawakalku, dan Dia Rabbi arasy yang agung

Bacalah dan Tuhanmulah yang Maha Pemurah.
Yang mengajari dengan perantaraan pena.
Dia mengajari manusia apa yang belum diketahuinya

Ayat ini mengingatkan kita untuk terus membaca, menambah pengetahuan dengan segala akibatnya. Benarkah pencarian iman melalui bacaan berbahaya?
Google
 

Tuesday, April 12, 2011

Kenapa Yesus Jadi Isa di Al Quran?

Al Quran banyak memuat ayat tentang Isa al Masih. Misalnya di surat al Baqarah (87, 136, 253) Ali Imran (45, 52, 55, 58-61, 84) dsb yang totalnya 25 kali. Isa al Masih ini diyakini sama dengan Yesus Kristus. Istilah Al masih (arab) , mashiach (hebrew), masiha (syiria), messiah (inggris), mesias (indonesia) ini digunakan oleh Yahudisme, Kristen dan Islam dan artinya sama yaitu diusap/diurap (dengan minyak), merujuk pada orang yang diurapi Tuhan.

Jesús de la Merced


Dalam yahudisme seorang mashiah adalah calon raja Israel, seorang keturunan Daud. biasanya pendeta atau raja. Cyrus the great (Kuros Bozorg/ Kuros Kabir) 600 SM seorang raja Persia mendapat gelar mesiah karena mengeluarkan Dekrit Pemulihan yang membolehkan kaum Yahudi kembali ke Israel setelah pengasingan Babilonia. Isa sendiri tidak diakui sebagai mesiah oleh bangsa Yahudi.

Dalam kekristenan messiah diterjemahkan ke dalam bahasa yunani menjadi Khristos yang lalu diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi Christ. Sekarang Yesus Kristus dianggap sebagai sebuah nama walaupun sebetulnya Kristus disini adalah sebuah gelar yaitu Yesus sang Mesias.

Isa lahir sebagai seorang yahudi. Dalam hebrew, nama yang paling mungkin baginya adalah Yeshua / Yehosua / Yosua (hebrew), Yesua (aramaik-hebrew) yang artinya Yahweh menyelamatkan.

Nama Yesus sendiri merupakan penyesuaian nama hebrew Yeshua kedalam bahasa Yunani Koine. Huruf yunani tidak punya huruf Y, sehingga Yeshua disesuaikan menjadi Iesous. Ini sudah dilakukan sejak Injil hebrew diterjemahkan kedalam bahasa Yunani Koine pada 200 SM (septuaginta) misalnya dalam tokoh Yoshua ben Nun. Nama Yeshua merupakan nama yang cukup umum sehingga ketika penulis-penulis Injil menulis dengan bahasa Yunani Iesou langsung digunakan sebagai nama Yesus. Penambahan (s) dilakukan jika Iesou merupakan subyek kalimat, kalau bukan digunakan Iesou.

Waktu alkitab ini diterjemahkan pertama kali ke dalam bahasa Inggris oleh Wycliffe pada abad 14 penulisan Iesu/Iesus dipertahankan. Selanjutnya kitab perjanjian baru dalam alkitab versi Raja James pada tahun 1604, karena huruf J sudah masuk kedalam huruf baru dalam bahasa Inggris maka nama Iesus berubah menjadi Jesus.

Menilik sejarah perubahan nama Yesua ini, nama Isa dalam al Quran menjadi cukup unik. Huruf hebrew dan arab sebetulnya sama-sama mempunyai konsonan Y, sehingga nama ini mudah diterjemahkan kedalam bahasa arab, yaitu Yasu. Sampai sekarang kalangan kristen arab menyebut Yesus dengan Yasu. Tetapi al quran tidak menyebutnya dengan nama itu, melainkan dengan Isa.

Nama Yesua dalam hebrew yang di'sesuaikan' menjadi Isa ke dalam bahasa arab tidak tepat. Tetapi kalau dari penulisan dalam huruf yunani Koine, ada persamaan, bahwa huruf Y diubah jadi huruf I. Iesous christos menjadi Isa al Masih.

Mungkinkah al Quran terpengaruh kitab yang aslinya berhuruf Yunani? Pertanyaan kurang ajar ini membutuhkan jawaban yang cukup memuaskan. Saya berharap para ahli bisa menjawabnya.

102 comments:

  1. kalau begitu Yesus bukan Tuhan melainkan manusia biasa saja.

    ReplyDelete
  2. Saya no comment kalo soal itu. Saya gak bermaksud membahas keyakinan org. Hanya sangat tertarik dg sejarah al quran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya di salah satu rekaman pengajian ini ada yg bahas soal perubahan nama jadi Isa, cuma sy lupa dalama rekaman yang mana.

      http://www.4shared.com/folder/fYyErgjI/BAMBANG_NOORSENA.html

      Delete
  3. di Al-Qur'an sangat banyak bukti bahwa Al-Qur'an bukan buatan manusia, contohnya pemaparan bahwa jasad fir'aun akan ditemukan, berbeda dengan di Injil yang mengungkapkan bahwa jasad Fir'aun hilang.

    "Maka pada hari ini Kami selamatkan badanmu (Fir'aun) supaya kamu dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang yang datang sesudahmu dan sesungguhnya kebanyakan dari manusia lengah dari tanda-tanda kekuasaan Kami." (QS. 10:92)

    Pada waktu Qur-an disampaikan kepada manusia oleh Nabi Muhammad, semua jenazah Fir'aun-Fir'aun yang disangka ada hubungannya dengan Exodus oleh manusia modern terdapat di kuburan-kuburan kuno di lembah raja-raja (Wadi al Muluk) di Thebes, di seberang Nil di kota Luxor. Pada waktu itu manusia tak mengetahui apa-apa tentang adanya kuburan tersebut. Baru pada abad 19 orang menemukannya seperti yang dikatakan oleh Qur-an jenazah Fir'aunnya Exodus selamat. Pada waktu ini jenazah Fir'aun Exodus disimpan di Museum Mesir di Cairo di ruang mumia, dan dapat dilihat oleh penziarah. Jadi hakekatnya sangat berbeda dengan legenda yang menertawakan yang dilekatkan kepada Qur-an oleh ahli tafsir Injil, R.P. Couroyer.

    (http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20110406075649AAAJL7c)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kitab Suci Umat Kristen adalah Alkitab. Di dalamnya termuat: Injil yang menuliskan kisah tentang Yesus dari kelahiran sampai kenaikkan ke surga. Tidak pernah ada menyinggung tentang jasad Fir'aun.

      Jika ingin mengungkapkan sesuatu, mohon saudara mencaritahu dulu kebenarannya sebelum menuliskan di dunia maya, yg pasti banyak orang yg membaca.

      wass

      Delete
  4. Banyak skali kebenaran Al-Quran yg dapat dibuktikan dgn ilmu pengetahuan, selain contoh diatas terutama ilmu medis, proses/tahapan pembentukan bayi di rahim ibu, diuraikan dlm ayat ke14 surat Al Mu'minuun: "Kemudian, air mani itu Kami jadikan sesuatu yg melekat, lalu sesuatu yg melekat itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jdikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian, Kami menjadikannya makhluk yg (berbentuk) lain...dst.
    Embriologi adlh cabang ilmu yg mempelajari perkmbgan embrio dalam rahim ibu. Hingga akhir2 ini, para ahli embriologi beranggapan bhw tulang &otot dlm embrio terbentuk secara bersamaan. Karenanya, sjk lama byk org yg menyatakan bhwa ayat ini bertentangan dgn ilmu pengetahuan. Namun, penelitian canggih dgn mikroskop yg dilakukan dgn menggunakan perkmbgan teknologi baru telah mengungkap bhw pernyataan AlQuran adlh bener kata demi katanya. Subhanallah...

    (http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20110406075649AAAJL7c)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang dibahas dalam al-quran pada ayat diatas sangat sederhana dan pasti telah dipahami pada masa itu. kelemahannya adalah ayat tersebut tidak peka gender. masa embrio hanya berasal dari mani, bukannya dari sperma jantan yang bertemu dengan sel telur dari wanita. di mana hebatnya sisi ilmiah ai-quran

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. lihat di video youtube, judulnya "pasangan sakinah, mawadah, barokah", seorang yang berkecimpung di bidang biologi dan embriologi yang berasal dari arab menjadi murtad (ikut Yesus Kristus) gara-gara masalah pembentukan janin embrio yang menurutnya dalam hal ini quran keliru dari segi ilmiah, dan lebih menyakini alkitab yang lebih tepat mengenai pembentukan janin embrio. jadi komennya jangan lebay, man.

      Delete
  5. Menurut saya tidak penting Isa itu Tuhan atau bukan Tuhan, faktanya adalah kaum Nasrani mempercayai Isa sebagai Tuhan.

    Sama persis seperti Dewa-dewa dalam agama Hindu, tidak penting apakah Dewa-dewa itu ada atau tidak, faktanya Saudara kita Umat Hindu mempercayainya.

    Disitulah inti menghargai kepercayaan orang lain. Mari berpegang pada agama kita dan mari menghargai orang lain yang berbeda iman dengan kita.

    Saya mengharapkan Indonesia yang maju, modern, aman, saling menghormati, toleran, apapun agama dan keyakinan kita.

    Musuh kita bukanlah umat beragama lain, musuh kita adalah kemiskinan, kebodohan, korupsi dan keserakahan.

    ReplyDelete
  6. Al-Qur'an adalah Kalam Allah, bukan bahasa manusia. yg kebetulan berdasarkan bahasa Arab, ingat Manusia pertama Adam adalah ciptaan Allah, beserta semua kemampuan yang diamiliki. berarti semua hal yang terjadi semenjak Adam sampai sekarang semuanya adalah berdasarkan kehendak Allah, mengapa kita mempersoalkan lagi.apakah dari bahasa mana, berubah jadi apa, dan kemana,semuanya terjadi atas kehendak Allah, ga perlu kita berbantahan lagi. yang penting sholat, Puasa, Zakat, Haji bagi yang mampu dan Istiqamah . . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alquran pd jaman muhammad blm terbentuk sebuah buku (copas nih)Masa Nabi Muhammad
      Pada masa ketika Nabi Muhammad masih hidup, terdapat beberapa orang yang ditunjuk untuk menuliskan Al Qur'an yakni Zaid bin Tsabit, Ali bin Abi Talib, Muawiyah bin Abu Sufyan dan Ubay bin Kaab. Sahabat yang lain juga kerap menuliskan wahyu tersebut walau tidak diperintahkan. Media penulisan yang digunakan saat itu berupa pelepah kurma, lempengan batu, daun lontar, kulit atau daun kayu, pelana, potongan tulang belulang binatang. Di samping itu banyak juga sahabat-sahabat langsung menghafalkan ayat-ayat Al-Qur'an setelah wahyu diturunkan.

      Masa Khulafaur Rasyidin
      Pemerintahan Abu Bakar
      Pada masa kekhalifahan Abu Bakar, terjadi beberapa pertempuran (dalam perang yang dikenal dengan nama perang Ridda) yang mengakibatkan tewasnya beberapa penghafal Al-Qur'an dalam jumlah yang signifikan. Umar bin Khattab yang saat itu merasa sangat khawatir akan keadaan tersebut lantas meminta kepada Abu Bakar untuk mengumpulkan seluruh tulisan Al-Qur'an yang saat itu tersebar di antara para sahabat. Abu Bakar lantas memerintahkan Zaid bin Tsabit sebagai koordinator pelaksanaan tugas tersebut. Setelah pekerjaan tersebut selesai dan Al-Qur'an tersusun secara rapi dalam satu mushaf, hasilnya diserahkan kepada Abu Bakar. Abu Bakar menyimpan mushaf tersebut hingga wafatnya kemudian mushaf tersebut berpindah kepada Umar sebagai khalifah penerusnya, selanjutnya mushaf dipegang oleh anaknya yakni Hafshah yang juga istri Nabi Muhammad.

      Pemerintahan Utsman bin Affan
      Pada masa pemerintahan khalifah ke-3 yakni Utsman bin Affan, terdapat keragaman dalam cara pembacaan Al-Qur'an (qira'at) yang disebabkan oleh adanya perbedaan dialek (lahjah) antar suku yang berasal dari daerah berbeda-beda. Hal ini menimbulkan kekhawatiran Utsman sehingga ia mengambil kebijakan untuk membuat sebuah mushaf standar (menyalin mushaf yang dipegang Hafsah) yang ditulis dengan sebuah jenis penulisan yang baku. Standar tersebut, yang kemudian dikenal dengan istilah cara penulisan (rasam) Utsmani yang digunakan hingga saat ini. Bersamaan dengan standardisasi ini, seluruh mushaf yang berbeda dengan standar yang dihasilkan diperintahkan untuk dimusnahkan (dibakar). Dengan proses ini Utsman berhasil mencegah bahaya laten terjadinya perselisihan di antara umat Islam pada masa depan dalam penulisan dan pembacaan Al-Qur'an.(sumber; http://id.m.wikipedia.org/wiki/Al-Qur'an) waktu itu mereka menuliskannya pasti pake bahasa sehari" mereka dan bukan bahasa arab, orang" bilang pake bahasa ibu artinya bahasa yg di pergunakan sehari" didaerah tsb. Kalau menurut saya utk mempersatukan suatu keyakinan yg disamakan adalah visi dan misi bukan kitab yg di satu bahasakan, semua orang ga akan ngerti arti nya jadi ya ngikut" aja kalau orang kampung bilang mah. Intinya buka hati buka pikiran jgn terpatok sama satu kebiasaan, jgn cuma sekedar baca dan ikut"an.. baca dan pahami.

      Delete
  7. Iman hanya membutakan manusia dari kenyataan yg dihadapi.

    ReplyDelete
  8. Tadi disebut-in klo yesus itu orang yahudi Yeshua / Yehosua / Yosua (hebrew), Yesua (aramaik-hebrew)...jadi kesalahan awalnya adalah KAIDAH penulisan nama yang berbahasa yahudi kedalam bahasa yunani...

    Nama itu ngga bisa di asimilasi sekalipun orang yunani ngga ada hurup Y dia harus tetep kedalam aslinya...

    Co : PASAR MINGGU sebagai nama tempat ngga bisa kita ubah ke bahasa inggris dengan MARKET WEEK.

    ANGELA BUSH sebagai nama orang ngga bisa kita ubah ke indonesia sebagai MALAIKAT SEMAK.

    Alquran menggunakan ISA bukan Yeshua / Yehosua / Yosua (hebrew), Yesua (aramaik-hebrew) justru untuk mengenalkan kembali nama aslinya yaitu ISA yang dalam bahasa arab artinya (hidup)dan jadi keyakinan orang islam klo ISA itu hidup tidak mati ato disalib bukan YESHUA

    Co : beberapa abad setelah Yesus "disalib" karena banyak pengikut ISA ato kristen awal yang meninggal dan sebagian yang masih hidup tidak terus menyampaikan kisah ISA, banyak yang bertanya dimana yesus dilahirkan...jawabanya hanya sebatas tempat yaitu BET(rumah) LOHIM (elohim=nama tuhan) (rumah tuhan)tapi dengan bahasa arab secara jelas bisa diketahui BAIT(rumah) AL-LAHM(ternak) jadi yesus ato ISA lahir dikandang ternak BAIT AL-LAHM=BETLOHIM

    wallahu 'alam

    ReplyDelete
  9. Aku terangin sekali lagi ni pelan-pelan biar ngerti

    quote: jadi kesalahan awalnya adalah KAIDAH penulisan nama yang berbahasa yahudi kedalam bahasa yunani...Nama itu ngga bisa di asimilasi sekalipun orang yunani ngga ada hurup Y dia harus tetep kedalam aslinya.."

    kalo hurufnya gak ada Y harus nulis Yeshua gimana? sama aja kalo harus nulis 'fanta' pake tulisan arab gimana? paling juga dirubah jadi 'banta'. Makanya org yunani nulisnya jadi Iesu.
    Nah, nama yang di al quran Isa itu mirip Iesu kalo kata saya, sama-sama pake huruf awal I, karena tulisan arab sebenernya ada huruf Y, biasanya Yeshua diarabin jadi 'Yasu', gitu lho mas..

    ReplyDelete
  10. Yang menarik lagi, umat Kristen di Indonesia, menyebut Tuhan dengan nama Allah, tapi malah bertahan menyebut Isa sebagai Yesus. Tambah gak jelas lagi epistemologinya. :p

    ReplyDelete
  11. Mengenai perubahan nama Yesus menjadi Isa, karena saya tidak mengerti Ibrani, Aram dan Yunani, maka saya ambil saja kutipan teori para sarjana Barat sebagaimana tertulis dalam Encyclopedia of the Quran. Pertama, peralihan dari Iesou ke kata Isa, merujuk pada penulisan konsonan dalam bahasa Arab. Jadi yg ditulis hanya akar katanya saja, ' s y (ع س ى) tanpa disertai vokal, karena bahasa Arab saat itu belum mengenal tanda baca seperti sekarang. Lagi, penyerapan kata2 Aram kedalam bahasa Arab kadang dimulai dgn huruf '. Kedua, perubahan nama dari Iesou ke Isa, mirip dgn perubahan nama dari Moses ke Musa, Aaron ke Harun, Cain ke Qabil, dan Goliath ke jalut. Ketiga, beberapa bukti arkeologis, manunjukkan bahwa orang Arab pra-Islam memang menyebut Yesus sebagai Isa, seperti nama salah satu biara di Syiria sekitar tahun 514, yg menggunakan nama Isaniyah, atau inskripsi orang2 Nabatean (Arab Utara) yang menulis ' S.

    ReplyDelete
  12. @HimawanPridityo memang harusnya dirunut kembali keasal, nama Yesus yang asli tu siapa? soalnya injil hebrew tidak menulis tentang Yesus, sedangkan perjanjian baru ditulis pakai bhs yunani. Kalau makam yg diTalpiot (baca Dinasti Yesus) nama2nya ditulis dengan hebrew/aramaik dan yg katanya makam Yesus itu tulisannya Yod Shin Vav Ayin atau Yeshua

    ReplyDelete
  13. Wahyu yang disampaikan pada Rasulullah saw pastilah disesuaikan dengan pemahaman Rasulullah saw. Kenapa Yesus Allah panggil Isa dalam Al Quran. Tentu saja karena Rasulullah mengenalnya dengan nama Isa. kalau Rasulullah mengenal Nabi Isa dengan nama Entong pastilah Allah menggunakan nama Entong. Al Quran itu adalah petunjuk hidup bukan buku sejarah. Tujuan turunnya wahyu tentang nabi Isa adalah untuk menjelaskan pada Rasulullah bahwa nabi Isa adalah manusia yang memiliki budi pekerti yang luhur yang harus ditiru. Namun Isa bukanlah tuhan maupun anak tuhan seperti sangkaan ahli kitab. Kasus penggunaan kata "Isa" sama saja dengan penggunaan kata "Allah". Kalau Rasulullah orang Indonesia pastilah kata yang digunakan "Tuhan" karena orang Indonesia mengenal Tuhan dengan kata tersebut. Allah/Tuhan itu "Ahad" kagak perlu nama yang menunjukkan identitas pembeda (Karena tidak Ada Tuhan Selain Allah)Berbeda dengan agama politheis yang memerlukan nama yang menunjuk identitas (Karena Tuhannya Banyak). Tapi Allah memiliki nama yang menunjukkan sifat-sifatnya (Asmaul Husna). Wallahualam.

    ReplyDelete
  14. Yesus=Isa tidak penting siapa namanya merupakan manusia yang dekat dengan Tuhannya.
    Kedekatannya dengan Tuhan sangatlah dekat sehingga ada orang yang menyangkanya sebagai anak Tuhan. Dia diciptakan sebagai contoh agar manusia yang mengikutinya memiliki kedekatan yang sama dengan kedekatannnya terhadap Tuhan. Manusia adalah mahluk yang sempurna maka bersifatlah seperti layaknya manusia. Tidak diperbudak hawa nafsu dan ingin menang sendiri layaknya hewan. tidak pula membuat kerusakan dan mengajak berbuat jahat layaknya setan. Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela (QS. 104:1), itulah yang Tuhan katakan. Tapi kebanyakan manusia menganggap dirinya paling benar dan mencela orang lain. Tidakkah orang yang menganggap dirinya paling benar berarti dia menyekutukan Tuhan dengan dirinya. Bagi orang yang merasa paling benar tanyakanlah : Sudahkah Tuhan mengatakan secara langsung bahwa Anda orang yang benar imannya ? Ataukah Anda hanya berprasangka bahwa diri anda orang yang benar imannya ? .Kebenaran Hanya Milik Tuhan Seluruh Sekalian Alam. Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

    ReplyDelete
  15. Ternyata tidak ada sang ahli yg dapat menjawab pertanyaan Bu' de ini, mengapa Yeshua bisa berubah menjadi Isa di dlm alquran ...!!!

    ReplyDelete
  16. Comot nama Isa dr mana ya?
    Adam tetap Adam
    Hawa tetap Hawa
    Kain jadi Qain
    Habel jadi Qabil
    Abraham jadi Ibrahim
    Ishak tetap Ishak
    Yakub jadi Yaqub
    Elia jadi Ilyas
    Salomo jadi Sulaiman

    Yg pasti penamaan tdk sempurna krn etimologi bangsa

    GBU

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa juga harus pakai embel embel "putra maryam"? kayak takut enggak di kenalin?
      kalau Isa aja emangnya kenapa sih?

      Delete
  17. kota kelahiran Isa lah yang mengetahui nama Isa sebenarnya, kenapa dengan mengkaitkan Yunani??
    Isa di lahirkan dimana? di situlah nama sebenarnya, kalo nama anda Mamat terus di panggil Tamat gmana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, soal bangsa lain kesulitan nyebutnya itu problem mereka.
      Toh Park Ji Sung pun orang Inggris nyebutnya Park Ji Sang.
      Tapi kan aslinya ga berubah tetap Park Ji Sung.

      Ya kita percaya aja sama yang aslinya.

      Delete
  18. kasihan banget nih kita manusia hanya bangga punya agama dan tuhan, tapi kelakuannya jauh dari sifat-sifat orang beragama dan bertuhan, yang harusnya jadi pedoman hidup dimanapun dan kapanpun.

    ReplyDelete
  19. Membaca postingan2 anda sepertinya anda seorang islamolog ya. Saya jadi teringat pd Snouck Horgronye. Seorang islamolog yg pandai tentang Islam yg diutus VOC utk mempelajari kelemahan rakyat Aceh. Kalo anda mengaku muslim, anda seorg muslim liberal. Semoga sangkaan saya tdk benar. Semoga anda mendpt hidayah iman dr Alloh SWT. Jwbn pertanyaan anda tu mudah banget. Kenapa Yesus di Al Qur'an disebut Isa? Karena memang YESUS BUKAN ISA. ISA BUKAN YESUS. YESUS DAN ISA TIDAK SAMA. Mereka lain orang. Tau kenapa? Di sinilah letak kemu'jizatan Al Qur'an. Sebenarnya yang disalib dan disembah sebagai tuhan oleh kaum nasrani itu memang bukan Nabi Isa bin Maryam yang dimaksud dlm Al Qur'an. Yang disalib itu adalah murid Nabi Isa yang berkhianat. Ketika Nabi Isa dikejar2 oleh tentara Romawi, murid itu, Yudas, diserupakan wajahnya oleh Alloh SWT menjadi persis seperti Nabi Isa. Sehingga dialah yang akhirnya ditangkap dan disalib. Lalu kemana Nabi Isa? Nabi Isa diselamatkan oleh Alloh SWT, dgn cara bagaimana wallohu a'lam bishshowab,yang pasti diangkat ke langit. Nabi Isa akan datang ke dunia ini lagi pada hari kiamat nanti dan akan bersaksi yang sebenarnya kpd kaum nasrani. Puaskah anda? Jika anda belum puas jg berarti sangkaan saya benar. Shodaqollohul 'adzim. Maha benar Alloh dgn segala firmanNya. Tak ada yg perlu diragukan di dlm Al Qur'an. Kalo ada yg tdk sesuai dg kenyataan bukan Al Qur'an yg salah tp akal manusia yg tdk/blm mampu menjangkaunya. Pd saatnya nanti kebenaran Al Qur'an akan nyata senyata2nya. Satu demi satu sdh mulai terbukti kan? Krn Al Qur'an bknlah ciptaan manusia tp kalam dr Sang Pemilik jagad raya ini. Subhanalloh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuih.. keren banget islamolog!
      saya sering dengar muslim bilang Isa itu bukan Yesus. saya gak begitu mengerti logikanya, apa itu permainan kata-kata atau apa. Terserah lah. Saya punya pendapat sendiri.

      Delete
    2. Kalo Yesus memang lain dengan Isa, berarti selama ini teman2 muslim salah, telah mengatakan bahwa Yesus bukan Tuhan. Yang bukan Tuhan itu Isa. Jadi kalau mau tahu tentang Yesus jangan belajar dari Al Qur'an tetapi belajar dari Injil. Karena di Al Quran tidak ada yang nyinggung sedikitpun tentang Yesus. Adanya mah kisah tentang Isa.
      Berarti terjawab sudah polemik selama ini.

      Delete
    3. Gua Bolak Balik Injil, gua pelajarin. ngga ada tuh Yesus Mengaku dia Tuhan. kalau ada tolong sebut kan dia pasal dan ayat berapa ? soalnya gua udah bolak balik itu injil gak ada kata-kata itu. please bales ya. soalnya bener-bener pengen tau yesus mengaku tuhan di ayat brpa, biar bisa cek langsung.

      Delete
    4. belinya alkitab versi arab aja biar gampang samain toh ada kan alkitab bahasa arab :) baru lu bandingin soalnya kalo elu beli yg bahasa indonesia elu harus translate seluruh alquran lu dulu ke bahasa indonesia (pasti ada yg salah)


      kalo engga karena berbeda bahasa ini dua kitab elu translate salah satunya ke bahasa yg sama :)

      gue rasa sih hanya perbedaan bahasa dan ada yg memaksakan perbedaan bahasa ini.

      Delete
    5. ow yeah? coba di Quran embel-embel "putra maryam" dilepasin se Quran ,cobain deh
      masih ngenalin gak Isa siapa?

      Delete
    6. Bro...jgn berdebat tanpa memakai ilmu. ...dan banykin belajar krn menuntut ilmu itu adalah kewajiban bagi kita....postingan di atas sdh cukup jelas knp anda malah mempertanyakan keimanan seseorang yg jelas2 yg posting adalah saudara seiman,jgn berprasangka buruk sebab akan kembali kpd anda prasangka itu .wallahu alam bishawab.

      Delete
    7. Bro...jgn berdebat tanpa memakai ilmu. ...dan banykin belajar krn menuntut ilmu itu adalah kewajiban bagi kita....postingan di atas sdh cukup jelas knp anda malah mempertanyakan keimanan seseorang yg jelas2 yg posting adalah saudara seiman,jgn berprasangka buruk sebab akan kembali kpd anda prasangka itu .wallahu alam bishawab.

      Delete
  20. Heh mas
    injil itu sebelum al quran
    injil itu belum sempurna
    yg sempurna nya itu al quran
    al quran itu buatan allah, ciptaan allah dan sedunia alquran itu sama semua.
    Injil itu buatan allah, injil itu cuma 1 sebenarnya sama ky alquran
    tp kenapa injil yg sekarang itu berbeda2? Masa kitab suci injil berbeda2? Aneh bgt
    kenapa alquran sedunia sama percis ga ad perbedaan nya?
    Sudah jelas alquran karangan allah dan ga ad yg brani ngerubah nya
    injil yg sekarang itu KARANGAN MANUSIA... Ga ngerti juga?
    Yesus d salib sebagai tumbal agar dosa2 umat nya terhapus, teori dr mana tuh? Ga logis bgt
    klo memang benar seperti itu maksiat pun ga jd masalah karna dosanya udah sama yesus
    kasian amat...
    D islam dosa tanggung sendiri,
    tolng jawab ini
    apa tuhan pantas d hina malah sampai d salib, masa tuhan kalah sama manusia. Ga ad sejarah nya tuhan semesta alam kalah sama ciptaanya sendiri...
    Udah sadar??
    Aku bersaksi Tiada tuhan selain allah, muhammad utusan allah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ckckck rahmatan lil alamin nya tampak banget deh mas... tercermin di komennya, untung gak didelete

      Delete
    2. KUTIPAN DIATAS:
      Heh mas
      injil itu sebelum al quran
      injil itu belum sempurna
      yg sempurna nya itu al quran

      ***

      Komentar yg seperti ini nih yg membuat Indonesia ga pernah damai dari perseteruan agama.

      Semua agama pasti menganggap bhw Kitab Suci-nya lah yg paling benar. TAPI masalahnya ini bukanlah membahas siapa yg paling benar. Tuhan yang Maha Tahu dan Maha Adil, Dia pemilik alam semesta, Dia tidak ingin ciptaanNya mempunyai sifat iri dan dengki apalagi saling menjelek-jelekkan agama yg satu ke yg lain.

      Jika Tuhan MAU bertindak SEKARANG JUGA, pasti Dia akan mengambil seluruh Kitab Suci milik manusia dan digantikan dengan yg BARU. Jika Tuhan MAU, pasti Dia akan menggabungkan seluruh Agama menjadi SATU.

      Tapi Dia tidak melakukannya, KENAPA? karena Dia ingin menguji kesetiaan manusia ciptaan-Nya di dunia ini.

      Yang menghargai, menghormati dan mengakui perbedaan, pasti bisa menjadi orang "berarti" di hadapan-Nya.

      Delete
    3. Qs: Al-Maidah :5:68 qul yaa ahlal kitabi lastum 'alaasyai'in hatta tuqiimut tauraata wal injiila'.
      'katakanlah hai ahli kitab kamu tidak dipandang beragama sedikitpun hingga kamu menuruti taurat dan injil.

      Delete
  21. Tp mmg bener komentar anonymous bhw Al Qur'an adalah kitab paripurna & penyempurna dr kitab2 terdahulu. Kebenaran Ilahiyah, petunjuk hidup & kisah2 umat terdahulu agar bs menjadi pelajaran telah lengkap termuat di dlmnya. Bener jg komentarnya ttg logika ketuhanan yesus. Maaf ya. Masa tuhan lemah ga berdaya gitu, bahkan utk dirinya sendiripun tak mampu menolong ( Eli.. Eli.. lama sabakhtani, lho malah memanggil tuhannya ). Tp toh kebenaran tetap hrs disampaikan. Qulil haqqu walau kaana murron, sampaikanlah yg benar walau pahit sekalipun, HR. Ibnu Hibban. Islam hanya wajib menyampaikan. Kalo Nasrani ga mau menerima toh Islam ga lantas mengganggu kan? Islam tetap lakum diinukum wa liyadiin. Itu prinsip toleransi dalam Islam. Maka kehidupan akan tetap damai meski Islam tidak setuju dg konsep ajaran Nasrani. (Malah Nasrani yg sering mengganggu lebih dulu misal dg mendirikan gereja di tengah2 pemukiman muslim yg padat dg menyembunyikan niat yg sebenarnya misalnya minta ijin warga utk mendirikan rumah sakit tp tau2 yg berdiri gereja). Kalau menurut Nasrani, menghormati itu Islam harus menerima konsep ajarannya, ikut merayakan hari rayanya. Itu jelas nggak benar. Dalam Islam, aqidah itu harus bersih, tiada Tuhan selain Alloh dan Muhammad utusan Alloh. Kalau dalam hal muamalah bisa kerja sama. Sebagai sesama manusia dan sebangsa mari kita kerja sama, tapi tidak dalam hal aqidah. Kalau seorg mukmin mempertahankan keyakinan itu, dia malah dikucilkan, dianggap aneh, diwaspadai, bahkan dianggap teroris. Pluralisme dan liberalisme adalah ide-ide yg dipaksakan pada umat Islam utk menipiskan dan mementahkan aqidah dan keimanan. Begitu jg blog ini, dari postingan2nya sarat dg misi tsb. Penulis blog ini bukan muslim meskipun menggunakan ayat2 Al-Qur'an di pembukaannya. Sebenarnya aku males komentar, tp dg itikad baik agar ada keseimbangan pendapat. Dan buat pembaca yg blm kuat aqidahnya bisa gawat teracuni membaca blog ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau males komentar, koq bisaaaaaa yah komentarnya sepanjang itu???????????

      Katanya "Toleransi", tapi di dalamnya mengandung unsur mengajak membenci.

      Kalau imannya sudah kuat, mau membaca blog yg berbahaya sekalipun tidak akan masalah. Justru hanya akan menambah wawasan :P

      Delete
  22. ahahahahaahhaha........
    mas-mas.....cobalah kita saling menghargai......kenapa setiap kita umat beragama harus menyatakan kepada dunia klo agama kita ato dia yang paling benar....mau agama kita ato dia yang paling benar,..ya terserah...tohh...tujuan nya tetap sama, berbuat yang baik agar masuk surga........
    jadi gak perlu adu argument ato ilmu disni, apalgi adu soal agama yg plg benar,...sebab bukan agama kita ato siapa saja yang dijadikan dasar atau yang dijadikan jaminan bagi kita agar masuk surga, tapi IMAN kita lah sebagai umat beragama yang akan membawa kita ke SURGA...igt itu......
    klo adu-aduan kapan INDONESIA mau maju, igt ini mas-mas,mbak-mbak, om-om,tante-tante dan bapak ibu skalian.....
    BHINEKA TUNGGAL IKA....biarpun berbeda-bda tetapi tetap satu....
    sy ulangi......
    BHINEKA TUNGGAL IKA....biarpun berbeda-bda tetapi tetap satu....
    sy ulangi lg...
    BHINEKA TUNGGAL IKA....biarpun berbeda-bda tetapi tetap satu....
    sya ulangi lg dengan TEGAS dan LANTANG..........
    BHINEKA TUNGGAL IKA....biarpun berbeda-bda tetapi tetap satu....
    itu SEMBOYANG NKRI,...smuan kudu lihat diri masing2 dl....apakh tergolong orng INDONESIA ato TIDAK........
    klo TIDAK gk usah buat perpecahan...
    MARI kita sama-sama saling membahu dalam membangun bangsa ini, bkn sama-sama sling menceraikan bangsa ini.......
    sy ulang....
    MARI kita sama-sama saling membahu dalam membangun bangsa ini, bkn sama-sama sling menceraikan bangsa ini.......
    INGAT itu SAUADARA-SAUDARA SEKALIAN........

    ReplyDelete
  23. Mengutip yang pernah disampaikan MH Ainun Najib ( Cak Nun )
    Melihat agama lain itu ibaratnya melihat istri orang lain.
    Sangat private, jangan dikomentari.
    Kalau di komentari, pasti jadi ribut.
    Itu pilihan masing masing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. agama itu seperti warna warni pelangi dimata TUHAN, indah namun ada batas2 diantara warna warni itu...
      kalau ada yg mencoba mengusik warna itu tentu pelangi jadi tidak indah lagi,
      ada kalimat yg saya ingat, "agamulah agamamu..agamakulah agamaku...
      dan "dia" yg menyampaikan kallimat ini juga adalah seorang Nabi yg mau bekerjasama dg Umat Nasrani di kota Madinah dan tercetuslah "piagam madinnah".

      satu pemikiran yg saya simpan adalah, dalam Injil dan Quran hanya ada satu manusia dalam sejarah dunia yg dilahirkan dari seorang wanita yg masih perawan dan ini tertulis di 2 kitab yg terkemuka di dunia, Siti Miryam mengandung seorang putera karena "Ruh ALLAH" yg membuatnya mengandung.
      dan nama puteranya itu adalah Isa Almasih, yg dilahirkan karena Ruh ALLAH masuk dalam kandungan Siti Miryam.
      jadi siapakah sebenarnya ayah dari Isa Almasih ini?
      kira2 apakah maksud ALLAH merencanakan ini sesuatu yg Maha Dahsyat seperti ini?
      biarlah ini menjadi renungan buat kita,,

      masih jarang kita membuka kitab suci kita masing2 dan mempelajarinya, tapi kok bisa ya kita malah membuat tersinggung orang lain yg berbeda kitab sucinya?
      Islam dan Kristen itu cinta damai...biarlah TUHAN yg membaca segala isi hati...
      dan KasihNYA memenuhi negeri ini...

      Delete
  24. Nama seseorang tidak bisa diterjemahkan dalam bahasa apapun, kecuali sebutan terhadap gelarnya.
    Sekalipun orang tersebut berpindah hidup kenegara lain dengan bahasa apapun, maka namanyapun tidak akan berubah bunyinya secara drastis, apalagi kalau orang tersebut sudah meninggalkan dunia ini!

    Jadi masuk akal kalau Alquran bukan memakai nama asli "yesus" yang memang sudah 600 tahun terlebih dahulu tertulis di injil sebelum Alquran diturunkan.

    Kalau mau tahu sekedar menambah wawasan lihat ref:

    http://misterisebuahnama.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebetulnya merubah nama 'asing' kedalam bahasa setempat lumrah dilakukan dimana-mana, biasanya menyesuaikan dengan jenis tulisan lokal. Dahlan Iskan di cina dipanggil Yu si ghan, yang dibaca i se kan. Mu'ammar al Qadzafiy di Indonesia disebut Muamar Khadafi. Kota Geneve kita sebut jadi Jenewa. Zinedin Zidan aslinya bernama Zainudin Zidan.

      Delete
    2. Injil 600 thun lebih tua dr alQuran..kini sudah ribuan tahun kitab2 tersebut. Dn penggunaan nama yesus hingga mini Jesus tidak jauh berubah. Persoalannya kenapa alQuran berubah yesus kepada isa? Dan alQuran sudah terbukti bkn kalimah manusia tp kalimah Allah.. Dn dengan aturanNya Alquran dijaga kesucian dgn tidak berubah setiap inci ayat di dunia.Supaya hambanya mempercayai kemana mereka pergi di pelusuk dunia tidak ada keraguan dn tidak perlu pening memikirkan knp sy di Indonesia kefahaman begini..bila pergi ke amerika kefahaman begini. Bila pergi ke filipina lain pula kefahaman. Dn setiap jawapan tu pasti berbeza mengikut kefahaman otak fikiran masing2. Berbanding dgn Islam. Jawapan setiap soalan mengikut alQuran dn hadis. Maka yg mempelajari alQuran dn hadis bisa mnjawab soalan setiap kemungskilan.

      Delete
  25. benar yg dikatakan mas bud,.

    ReplyDelete
  26. kata yunani Εὐαγγέλιον (euangelion) dan Ιησους (Iesous) adalah berasal dari kata pinjam aramaic . nahu bunyi aramaic dan arab hampir sama

    ReplyDelete
  27. pernah baca adanya pembagian umat manusia di zaman sekarang menjadi 4 jenis. 1. manusia fana seutuhnya manusia biasa.
    2. malaikat yang turun menjelma menjadi manusia
    3 manusia yang ditumpangi arwah binatang
    4. manusia yang ditumpangi jin.
    antara ke 3 dan 4 sifatnya sama sombong dan gak mau kalah bedanya hanya di no. 3 gemar mengumbar nafsu birahi. sedangkan yang ke 4 suka menjadi orang suci..waspadalah jangan sampai ditumpangi/dikendalikan. jadilah master atas dirimu sendiri dengan belajar menahan nafsu dan keinginan yang tidak baik.

    ReplyDelete
  28. ADUUUHHHH....... KALIAN TAU TAK SICH, BAHWA AL-QURAN ADALAH KITAB YANG SEMPURNA DARI KITAB YANG LAINNYA,
    JANGANLAH,,, MENJADIKAN ISLAM ADALAH AGAMA YANG MENGIKUTI DARRI AGAMA YANG LAIN,,,
    HEEIIII.... PEEDAH,KLW TAK TAU JANGAN LERR ASAL TULIS AJER....
    AWAK KENE BELAJA ISLAM LEBIH DALAM LAGI....
    KALAU TIDAK AWAK AKAN SESAT.....
    PAHAM KE TAK PAHAM????

    ReplyDelete
  29. di sini banyak kajian tentang sejarah awal Islam dan Kristen
    http://www.4shared.com/folder/fYyErgjI/BAMBANG_NOORSENA.html

    ReplyDelete
  30. Kata 'ISA dalam bahasa Arab adalah dari kata Aramaik " ישוע - YESYUA" dan kata Ibrani kuno (bukan Ibrani di israhell saat ini) " יהושע - YEHOSYUA'",

    Bandingkan bagaimana " ישמעאל - YISHMA'E'L" menjadi "ISMAIL", dan " ישראל - YISRA'EL" menjadi "ISRAIL" dalam lafal Arab. Jadi gak heran kalau nama yang tepat di Arab adalah Isa, langsung dari Aramaik YESYUA,,,, apalagi Yesus lebih lama hidup di Mesir, bukan dari Yunani IESOUS. Beda dg Yesus versi Inggris 'Jesus yang berasal dari Yunani Iesous.

    Karena itu pula; Klaim dlm bentuk pertanyaan: "Mungkinkah al Quran terpengaruh kitab yang aslinya berhuruf Yunani?" yang memang kurang ajar :),,, hanyalah salahsatu dari banyak kekurang ajaran beberapa penulis di blog2 kristen spt blog ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini jawaban yg saya harapkan, tanpa emosi dan masuk akal. BTW saya bukan kristen, lihat2 saja lagi postingan yg lain.

      Delete
    2. Jika
      Yishmael tukar Ismail
      Yishrael tukar israil
      Yesyua patut tukar isua
      Sebab hanya abjad pertama sahaja bertukar.
      Tp kenapa alQuran sebut isa

      Dn jika terpengaruh dgn version yunani.. Sila buktikan nabi Muhammad dn para sahabat dn masyarakat ketika itu berbudaya dn language seakan yunani??
      Contoh. Jika sy nabi wujud di nagara Indonesia dn ada kitab yg terpelihara smpai ribuan tahun. Perlukah generasi akan dtg mengatakan isi dlm kitab terpengaruh dgn bangsa lain. Ga logik kn..

      Delete
  31. Salam,

    Tentang Isa dan Yesyua itu, tolong search 'free-minds.org pazuzu' check the first links.

    Salam,

    ReplyDelete
  32. udah lagi urusin agama masing", malu diketawain sama orang yahudi. alangkah munafiknya jika sesorang mengkaim di hadapan umum bahwa sannya agamanya adalah benar walupun memang agamanya benar, saya jg gk berani bilang disini klo agama saya benar. tetapi ketika saya dengan tuhan saya, disitulah waktu saya harus menganggap agama saya benar. ikuti aja agama kalian masing", jika kalian tekun tetapi kenyataan agama kalian salah, tuhan yg sessunguhnya pencipta semuanya pasti akan menolong anada dari kesesatan itu,APAPUN CARANYA. karna kodratnya tuhan yg sesungguhnya tuhan itu adalah sang pengasih,penyayang kepada ciptaanNya yg ingin berjalan kepadaNya tetapi tersesat. dan sesama mahluk ciptaanNya gk boleh berdebat loh. kan ada di masing" kitap kita ajaran seperti itu, kcuali terhadap orang" yg tidak mengakui adanya tuhan. itu baru yg harus kita bakar heheee

    ReplyDelete
  33. Istilah "Injil " hanyalah versi Arab-kan dari bahasa kata Aramaik "Awon Galee Yon".

    ReplyDelete
  34. Jesus hanyalah sebutan pelat lidah org2 greek ketika itu, sdngkan Nabi Isa A.S sndiri x tau nama tersebut, Dlama Bhasa Aramaic (suryani), bahasa Asli Nabi ISa dan Yahudi ketika itu, Namanya dlam bahasa itu adalh IEshoa (EESHO) bkn yeshua, yeheshua. Yeheshua adlah bahasa ibrani (hebrew, Bahasa aramaik ( bahasa syam kuno) adalah sgt hampir dgn arab, eesho = 'isa..ttp sbgai muslim kita wajib percaya dgn nama Isa Al mAsih ibn maryam, kerana Al-Quran & rasulullah berbahasa arab, bkn bahasa2 yg lain..bila turunnya nabi isa akhir zaman ini baginda tidak lg dikenali sbagai jesus/yesus tetapi Isa Al masih ibn maryam, Baginda sendiri tdk kenal nama jesus krana itu bkn dalam bahasa nya

    ReplyDelete
  35. pakai akal, logika dan banyak membaca kau tau jawabannya

    ReplyDelete
  36. hati hati ntar komennya dibaca sama iblis, sebab iblis akan menyesatkan umat diseluruh dunia,, itulah janji iblis...

    ReplyDelete
  37. kenapa kalian memperdebatkan agama orang lain?? lakukan saja perintah agama kalian dengan baik dan benar...masalah agama orang lain benar atau salah, itu urusan pribadi masing2, keyakinan dan agama tidak bisa dipaksakan...

    ReplyDelete
  38. masalah keyakinan/kepercayaan ya masing2 ajalah.klo sekedar tambah wawasan sih nggak masalah.woles bro

    ReplyDelete
  39. agama itu seperti warna warni pelangi dimata TUHAN, indah namun ada batas2 diantara warna warni itu...
    kalau ada yg mencoba mengusik warna itu tentu pelangi jadi tidak indah lagi,
    ada kalimat yg saya ingat, "agamulah agamamu..agamakulah agamaku...
    dan "dia" yg menyampaikan kallimat ini juga adalah seorang Nabi yg mau bekerjasama dg Umat Nasrani di kota Madinah dan tercetuslah "piagam madinnah".

    satu pemikiran yg saya simpan adalah, dalam Injil dan Quran hanya ada satu manusia dalam sejarah dunia yg dilahirkan dari seorang wanita yg masih perawan dan ini tertulis di 2 kitab yg terkemuka di dunia, Siti Miryam mengandung seorang putera karena "Ruh ALLAH" yg membuatnya mengandung.
    dan nama puteranya itu adalah Isa Almasih, yg dilahirkan karena Ruh ALLAH masuk dalam kandungan Siti Miryam.
    jadi siapakah sebenarnya ayah dari Isa Almasih ini?
    kira2 apakah maksud ALLAH merencanakan ini sesuatu yg Maha Dahsyat seperti ini?
    biarlah ini menjadi renungan buat kita,,

    masih jarang kita membuka kitab suci kita masing2 dan mempelajarinya, tapi kok bisa ya kita malah membuat tersinggung orang lain yg berbeda kitab sucinya?
    Islam dan Kristen itu cinta damai...biarlah TUHAN yg membaca segala isi hati...
    dan KasihNYA memenuhi negeri ini...

    ReplyDelete
  40. Dalam Quran dan Hadist sahih ( Bukhari dan Muslim) dikatakan nabi Isa Almasih (Yesus Kristus / Yoshua Hamasiah) adalah makhluk ciptaan dan hanya seorang nabi dan derajat kenabiaa Isa Almasih sama dengan nabi yg lainnya, malahan derajatNya bagi umat muslim di bawah nabi muhammad karena umat muslim lebih meninggikan dan memuliakan nabi muhammad di banding Isa Almasih,,, tapi mengapa di dalam quran dan hadist, nabi Isa Almasih di beri gelar-gelar kemuliaan dan atribut-atribut kemuliaan yang sangat-sangat mulia sekali, yang mana gelar-gelar tersebut sesungguhnya hanyalah milik dan hak yang melekat pada Allah semata dan tentunya Isa Almasih sebagai mahluk ciptaan yang bersifat fana (menurut umat muslim / quran) adalah tidak pantas atau tidak boleh memakai gelar-gelar tersebut. Dan apakah mungkin Allah Sang Pencipta (Khalik yang kekal abadi) memberikan kemuliaanNya kepada Isa Almasih yang adalah mahkluk ciptaan yang bersifat fana..tentunya hal ini tidak mungkin !

    Dalam quran dan hadist Isa Almasih di beri gelar Kalimattulah, Rohulallah, Al-haqq, Suci dari segala dosa, Hakim hari akhir (kiamat), Raja yg di urapi, Terkemuka di dunia dan di akhirat, Dia Yang Menyelamatkan dll.... Tentunya dari gelar-gelar tersebut di atas kita akan merasa heran dan binggung, mengapa Isa Almasih yang katanya adalah makhluk ciptaan boleh menyandang gelar-gelat tersebut seperti yang tertulis di quran dan hadist ?

    Gelar-gelar kemuliaan tersebut adalah semata-mata hak milik dan melekat sepenuhnya pada Allah sebagai Sang Pencipta (Khalik) dan SIAPAPUN ( baik malaikat, nabi, manusia ) yang adalah makhluk ciptaan TANPA TERKECUALI, tidak berhak dengan alasan apapun untuk memakai gelar-gelar kemuliaan ini.

    Di satu sisi quran mengatakan nabi Isa Almasih adalah makhluk ciptaan, di sisi lain quran memberikan Isa Almasih gelar kemuliaan yang hanya milik Allah semata sebagai Sang Pencipta, bukankah dua hal ini sangat-sangat KONTRADIKSI dan dengan demikian secara tidak sadar telah menyetarakan atau menyekutukan Isa Almasih dengan Allah Sang pencipta ?

    Dalam alkitanb Perjanjian Lama, di dalam kitab nabi Yesaya dikatakan Tuhan YHWH tidak akan memberikan KEMULIAANNYA kepada yang lain, ( Yesaya 42 :8 "Aku ini YHWH, itulah namaKu; Aku tidak akan memberikan KEMULIAAN-KU kepada yang lain. " )

    Apa yang tertulis di atas bukanlah berarti umat Kristiani mengamini Isa Almasih (Yesus Kristus) sebagai Tuhan dan Juru selamat berdasarkan quran dan hadist, tetapi sebelum adanya quran dan hadist, umat Kristen di seluruh dunia (tidak termasuk bidat) telah mengamini Yesus Kristus (Isa Almasih) adalah Inkarnasi Allah itu sendiri berdasarkan alkitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru (Injil), sebab orang Kristiani memahami bahwa tidak mungkin mempertuhankan seorang makhluk ciptaan karena itu adalah melanggar Sepuluh perintah Allah, tetapi sebaliknya umat Kristiani menyakini bahwa Yesus Kristus yang adalah Kalimahtullah (Firman Allah=Allah) yang INKARNASI ALLAH ke dalam daging.

    Mohon umat muslim untuk menjawab KONTRADIKSI tersebut di atas. Terima kasih. Wasallam

    ReplyDelete
  41. Astaghfirullah... Dosa adminnya mengalir deras ini naudzubillah.... Ini karena membuat persangkaan persangkaan belaka yg menyebabkan muslim kepada keragu raguan.. Tanya itu sama ulama ulama.. Kalau disini cuman netter yg awam ilmu agama... Sedih rasanya masih melihat muslim mempertanyakan hal ini bukannya mengimani malah membandingkan dgn persangkaan belaka... Tobat min !!! Ya Allah

    ReplyDelete
  42. Qs: Al-Maidah :5:68 qul yaa ahlal kitabi lastum 'alaasyai'in hatta tuqiimut tauraata wal injiila'.
    'katakanlah hai ahli kitab kamu tidak dipandang beragama sedikitpun hingga kamu menuruti taurat dan injil.

    ReplyDelete
  43. Surat Yunus Ayat 94 Jangan Ragu"
    Maka jika kamu (Muhammad) berada dalam keragu-raguan tentang apa yang Kami turunkan kepadamu, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang membaca kitab sebelum kamu. Sesungguhnya telah datang kebenaran kepadamu dari Tuhanmu, sebab itu janganlah sekali-kali kamu temasuk orang-orang yang ragu-ragu.

    ReplyDelete
  44. Allahu Akbar!!!! Allah Maha Besar, Maha Pemurah, Maha Pengasih dan Maha Penyayang.. Maha SegalaNya yang Baik dan Benar!!!

    kita manusia kecil yang cenderung membuat masalah dan dosa karena manusia sudah jatuh dalam dosa turunan atau kutukan dari Adam dan Hawa. Itulah manusia jauh dengan Allahnya.
    manusia selalu memohon petunjuk seperti apa yang dikatakan dalam Al-Qur'an surah Al-Fatihah ihdinaashshiraathalmustaqiim
    [1:6] Tunjukilah kami jalan yang lurus / Keep us on the right path.

    Dalam Al-Quran Surah Ali Imran
    [3:45] ISA satu"nya orang yang terkemuka di DUNIA dan AKHIRAT. Seperti apa yg dikatakan Al-Quran surah Az-Zukhruf ISA menyatakan
    [43:61] Ikutilah Aku inilah jalan yang lurus.
    Dalam Al-Quran Isa adalah satu"nya (Tauhid) Jalan Yang Lurus tidak ada jalan lain.
    Bukan agama yang memberikan jaminan jalan yang lurus. Agama hanya memberikan petunjuk.

    Hidup Manusia Akan Manis Indah Bahagia Penuh Cinta Kasih Mesra Damai Sejahtera dan Penuh Pengharapan asal mau mengimani (percaya) pada Yang Berkuasa di Dunia dan Akhirat.

    Kesimpulannya manusia yang kecil yang tadinya jauh dengan Allah karena dosa sekarang telah diberi jalan maka hidup ini lebih dekat kepada Allah dan menjadi Manis Indah Bahagia Penuh Cinta Kasih Mesra Damai Sejahtera dan Penuh Pengharapan.

    Amin!!

    ReplyDelete
  45. sempurna gimana tooo alquran malah bikin kacau sejarah nya apa lagi si mamat yang tidak di beri "ijin" untuk buat mujizat hehehehe coba yesus apa yang dikatanNya pasti

    ReplyDelete
  46. Kristen terlebih dahulu lahir 600 tahun sebelum Islam, sejak 2000 tahun lalu sampai saat ini 2 milyar lebih umat Kristen dari berbagai macam denominasi hanya percaya 1 Tuhan (Monoteisme) jadi kalau Al quran sangka bahwa Kristen menyembah 3 Tuhan, Kitab anda telah salah tafsir...sosok Yesus sendiri bagi umat Kristen ada Firman Allah/Roh Allah berdiam didalam Yesus, Yesus punya sisi ke-Ilahian tetapi sekaligus punya sisi kemanusiaan. 100 % Allah dan 100% manusia

    ReplyDelete
  47. Jadi saat Yesus disalib, sisi KeManusiaannya yg mati, sisi ke-Ilahian Yesus tidak akan tersalib, Allah tidak akan mungkin mati....sekarang pertanyaannya kenapa 2 milyar umat Kristen percaya berdiam Roh Allah didalam diri Yesus ??, kalau anda ingin tau silahkan baca perjanjian baru(Injil hayati siapa Yesus

    ReplyDelete
  48. semua agama awalnya sama yaitu menyembah Alloh,mematuhi perintah dan menjauhi larangannya,manusia nya aj yang sering merusak mkanya sampai d utus nabi muhammad.nabi hanya manusia dg kelebihan yang di utus Alloh buat menyampaiknnya pesan nya,tapi d akhir jaman tugas terakhir nabi isa adalah meluruskan siapa yg harus d sembah dan membunuh dajal.

    ReplyDelete
  49. BUKAN AGAMA YANG MEMBERIKAN JAMINAN JALAN YANG LURUS. Agama hanya memberikan petunjuk. Dikatakan Al-Quran surah Az-Zukhruf [43:61]
    ISA menyatakan : Ikutilah Aku inilah jalan yang lurus.
    Dalam Al-Quran Isa adalah satu"nya (Tauhid) Jalan Yang Lurus TIDAK ADA JALAN LAIN.

    ReplyDelete
  50. MASIH RAGU???? Jangan Ragu". Dalam
    Surat Yunus Ayat 94
    Maka jika kamu (Muhammad) berada dalam keragu-raguan tentang apa yang Kami turunkan kepadamu, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang membaca kitab sebelum kamu. Sesungguhnya TELAH DATANG KEBENARAN kepadamu dari TUHANmu, sebab itu janganlah sekali-kali kamu temasuk orang-orang yang ragu-ragu.

    ReplyDelete
  51. Kalo pake akal sehat sih Alkitab ada lebih dulu.. dimana-mana kalo ada 2 kitab menceritakan hal yang sama.. dapat di pastikan yang baru itu palsu..

    ReplyDelete
  52. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam yang maha esa (satu)! Artinya hanya Allah satu satunya Tuhan yang patut disembah dan hanya Allah yang maha besar yang dapat menciptakan seluruh alam semesta beserta isinya. Masalah pahala dan dosa tergantung apa yang manusia kerjakan sendiri. Tanggung jawabmu di akhirat bagi yg mempersekutukan Tuhan selain Allah sangatlah berat dan pedih. Kita sesama manusia hanya saling mengingatkan dgn tujuan kasih sayang. Berfikir cerdas dan indonesia tetap bersatu dalam damai. Amin

    ReplyDelete
  53. segala yg ditulis di alquran adalah hasil jiplakan dari perjanjian lama. contohnya kisah, riwayat, cerita dan tempak kejadian mulai dari nabi adam sampe nabi musa sama persis. perjanjian lama ditulis sebelum masehi dgn bahasa ibrani. sedangkan alquran ditulis thn 600 masehi. kok ceritanya mirip dan ngapain orang arab nulis kisah nabi Yahudi. apa di arab gak ada stok nabi yg hebat? kalo alquran itu di turunkan dari allah ngapain turunya terlambat. kenapa gak dari dulu2?

    ReplyDelete
  54. Kuncinya adalah pada PENYATAAN Nama Diri YHWH. Nama diri YHWH dinyatakan kepada Musa adalah dalam hal MENGAJAK umat Israel keluar dari Mesir.Waktu silih berganti,selanjutnya...nama YHWH dinyatakan dalam YAHSHUA(Yesus)=YHWH Menyelamatkan dalam hal MENGAJAK setiap orang untuk mengikuti Yesus keluar dari Egoism Mat 16:24 Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku,
    Nah..masalahnya adalah Quran tidak mengenal PENYATAAN Nama Diri YHWH dan YAHSHUA tersebut dalam rangka SINERGI Mengajak umat keluar dari sesuatu.Yang ada malah terdapat cukup banyak KONTRA Sinergi dengan banyaknya ayat Quran yang melaknat Israel.Dan makna nama YAHSHUA=YHWH menyelamatkan diganti dengan Isa DISELAMATKAN.Bila YAHSHUA bermakna sinergi mengajak SETIAP ORANG keluar dari Egoism, maka Isa adalah dia saja yang diselamatkan

    ReplyDelete
  55. Sudah nggk usah banyak koment, skrng logika aj..
    Aq skrng nanya buat saudara" muslim, apakah anda percaya Yesus.....???
    Apakaha anda percaya sama alquran.....????
    Itu aj yg ingin aq tanyakan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku masih percaya al quran dan aku masih percaya yesus itu bukan tuhan tapi utusan dari tuhan Allah

      Delete
  56. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  57. Matius
    1
    Salasilah Isa al-Masih
    1 Inilah salasilah Isa al-Masih, keturunan Daud, keturunan Ibrahim.

    2 Ibrahim beroleh anak yang dinamai Ishak,
    Ishak beroleh Yakub,
    dan Yakub beroleh Yudah serta
    saudara-saudaranya.
    3 Yudah beroleh Peres dan Zerah daripada isterinya Tamar,
    Peres beroleh Hezron, dan Hezron
    beroleh Ram.
    4 Ram beroleh Aminadab,
    Aminadab beroleh Nahason,
    dan Nahason beroleh Salmon.
    5 Salmon beroleh Boas daripada
    isterinya Rahab,
    Boas beroleh Obed daripada
    isterinya Rut,
    dan Obed beroleh Isai,
    6 dan Isai beroleh Raja Daud.

    Raja Daud beroleh Sulaiman daripada isteri Uria.
    7 Sulaiman beroleh Rehabeam,
    Rehabeam beroleh Abia,
    dan Abia beroleh Asa.
    8 Asa beroleh Yosafat,
    Yosafat beroleh Yoram,
    dan Yoram beroleh Uzia.
    9 Uzia beroleh Yotam,
    Yotam beroleh Ahaz,
    dan Ahaz beroleh Hizkia.
    10 Hizkia beroleh Manasye,
    Manasye beroleh Amon,
    dan Amon beroleh Yosia.
    11 Yosia beroleh Yoyakhin dan
    saudara-saudaranya sekitar masa mereka
    dibawa sebagai tawanan di Babel.

    12 Seterusnya, Yoyakhin beroleh Sealtiel,
    dan Sealtiel beroleh Zerubabel.
    13 Zerubabel beroleh Abihud,
    Abihud beroleh Elyakim,
    dan Elyakim beroleh Azur.
    14 Azur beroleh Zadok,
    Zadok beroleh Akhim,
    dan Akhim beroleh Eliud.
    15 Eliud beroleh Eleazar,
    Eleazar beroleh Matan,
    dan Matan beroleh Yakub.
    16 Maka Yakub beroleh Yusuf, suami Maryam, Maryamlah yang melahirkan Isa yang dipanggil al-Masih.

    17 Dengan demikian, ada empat belas keturunan dari Ibrahim hingga ke Daud; empat belas keturunan dari Daud hingga ke masa pembuangan di Babel; dan empat belas keturunan dari masa itu hingga kelahiran al-Masih.
    Kelahiran al-Masih
    18 Inilah kisah kelahiran Isa al-Masih: Ibu-Nya, Maryam bertunang dengan Yusuf, tetapi sebelum perkahwinan mereka dilangsungkan, Maryam mengandung melalui kuasa Roh Suci. 19 Yusuf, seorang yang takwa dan berakhlak, tidak mahu memalukan Maryam di mata masyarakat. Dia berniat memutuskan pertunangan mereka secara diam-diam.
    20 Dia memikirkan hal itu sehalus-halusnya. Suatu malam dia bermimpi malaikat Tuhan memperlihatkan diri kepadanya lalu berkata, ‘Hai Yusuf keturunan Daud! Janganlah takut mengambil Maryam sebagai isterimu. Dia mengandung melalui kuasa Roh Suci. 21 Maryam akan melahirkan seorang anak lelaki. Namakanlah anak itu Isa. Dia akan menyelamatkan umat-Nya daripada dosa mereka.’
    22 Segala ini terjadi supaya berlakulah firman Tuhan melalui nabi-Nya: 23 ‘Seorang anak dara akan mengandung, dan melahirkan seorang anak lelaki, maka Anak itu akan dipanggil Immanuel’ bererti, ‘Allah menyertai kita’ dalam bahasa Ibrani.
    24 Apabila Yusuf terjaga, dia pun mematuhi apa yang disampaikan oleh malaikat Tuhan itu lalu berkahwin dengan Maryam. 25 Tetapi Yusuf tidak menyentuh Maryam sebagai isterinya hinggalah Maryam melahirkan Anak itu. Yusuf menamai Anak itu Isa.

    ReplyDelete
  58. Dari lahir anak tersebut bernama isa di dalam injil...
    Nama yesus bahkan tidak ada dalam injil
    Jd yesus iti nama imajinasi dalam ajaran greja agar tidak disamaka maksud dan kebenaranya antara al-quran dan injil itu sejalan..
    Sehingga eksistensi greja tetap ada sebagai badan amal untuk mengumpulkan dana bakti angota greja

    ReplyDelete
  59. Cek di: http://siapaisa.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  60. pengumuman...waoii para muslimer..terbukti alquran adalah kitab abal-abal...:
    1. tidak ada bukti sejarah arkeologi yang mendukung al quran
    2. muhammad adalah kata sifat bukan oknum ( person ) artinya memuji
    3. penemuan perkamen al quran sudah (exses) ada sebelum jaman islam
    4.huruf al quran sekarang tidak di kenal pada jaman islam
    4.

    ReplyDelete
  61. Di antara yang beliau serukan kepada Bani Israil adalah apa yang Allah abadikan dalam kitab-Nya,
    ﻭَﻗَﺎﻝَ ﺍﻟْﻤَﺴِﻴﺢُ ﻳَﺎ ﺑَﻨِﻲ ﺇِﺳْﺮَﺍﺋِﻴﻞَ ﺍﻋْﺒُﺪُﻭﺍ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﺭَﺑِّﻲ ﻭَﺭَﺑَّﻜُﻢْ ۖ ﺇِﻧَّﻪُ ﻣَﻦ ﻳُﺸْﺮِﻙْ ﺑِﺎﻟﻠَّﻪِ ﻓَﻘَﺪْ ﺣَﺮَّﻡَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔَ ﻭَﻣَﺄْﻭَﺍﻩُ ﺍﻟﻨَّﺎﺭُ ۖ ﻭَﻣَﺎ ﻟِﻠﻈَّﺎﻟِﻤِﻴﻦَ ﻣِﻦْ ﺃَﻧﺼَﺎﺭٍ
    “Dan (Isa) Al-Masih berkata, “Hai Bani Israil, sembahlah Allah, Rabb-ku dan juga Rabb kalian. Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah (dalam ibadahnya), maka Allah haramkan surga untuknya, dan tempat kembalinya ialah neraka. Dan orang-orang zalim itu tidak memiliki seorang penolong pun (yang akan menolongnya dari siksa api neraka).” (Al-Maaidah: 72)
    ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﺭَﺑِّﻲ ﻭَﺭَﺑُّﻜُﻢْ ﻓَﺎﻋْﺒُﺪُﻭﻩُ ۗ ﻫَٰﺬَﺍ ﺻِﺮَﺍﻁٌ ﻣُّﺴْﺘَﻘِﻴﻢٌ
    “Sesungguhnya Allah itu Rabb-ku dan juga Rabb kalian, maka beribadahlah kepada-Nya. Inilah jalan yang lurus.” (Ali-‘Imran: 51)

    ReplyDelete
  62. https://bin99.wordpress.com/about/9-pertanyaan-kristen-tak-bisa-menjawab/

    ReplyDelete
  63. http://islamagamasetan.blogspot.com/2015/04/iblistuhan-islam-mengaku-tuhan-universal.html

    ReplyDelete
  64. pengikut Almasih derajatnya diatas orang kafir sampai hari kiamat

    "(Ingatlah), ketika Allah berfirman: 'Hai 'Isa, sesungguhnya Aku akan menyampaikan kamu kepada akhir ajalmu, dan mengangkat kamu kepada-Ku, serta membersihkan kamu dari orang-orang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikuti kamu, di atas orang-orang yang kafir hingga hari kiamat. Kemudian hanya kepada Akulah kembalimu, lalu Aku memutuskan di antaramu tentang hal-hal yang selalu kamu berselisih padanya'." – (QS.3:55)

    kata kristen berasal dari Christos bahasa yunani
    sedangkan bahasa arab Almasih
    sedangkan bahasa indonesia Kristus

    berarti pengikut Kristus atau pengikut Almasih derajatnya diatas orang kafir sampai hari kiamat

    berarti derajat orang kristen di atas orang kafir sampai hari kiamat

    ReplyDelete
  65. http://misteriquran.blogspot.com/
    http://kebenarantersembunyi.blogspot.com/
    http://misterigaib.blogspot.com/
    http://siapayangdisalib.blogspot.com/

    ReplyDelete
  66. SekilasInfo Qs40:73 kemudian dikatakan kepada mereka: "Manakah berhala-berhala yang selalu kamu persekutukan,
    74 (yang kamu sembah) selain Allah?" Mereka menjawab: "Mereka telah hilang lenyap dari kami, bahkan kami dahulu tiada pernah menyembah sesuatu". Seperti demikianlah Allah menyesatkan orang-orang kafir. 75 Yang demikian itu disebabkan karena kamu bersuka ria di muka bumi dengan tidak benar dan karena kamu selalu bersuka ria (dalam kemaksiatan). 76 (Dikatakan kepada mereka): "Masuklah kamu ke pintu-pintu neraka Jahannam, sedang kamu kekal di dalamnya. Maka itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang sombong".
    Qs13:5 Dan jika (ada sesuatu) yang kamu herankan, maka yang patut mengherankan adalah ucapan mereka: "Apabila kami telah menjadi tanah, apakah kami sesungguhnya akan (dikembalikan) menjadi makhluk yang baru?" Orang-orang itulah yang kafir kepada Tuhannya; dan orang-orang itulah (yang dilekatkan) belenggu di lehernya; mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.
    Qs9:68 Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka Jahannam, mereka kekal di dalamnya. Cukuplah neraka itu bagi mereka, dan Allah melaknati mereka, dan bagi mereka azab yang kekal.
    Qs5:9(5:8) Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.
    Qs5:3(5:2) Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syi’ar-syi’ar Allah, dan jangan melanggar kehormatan bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) binatang-binatang had-ya, dan binatang-binatang qalaa-id, dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitullah sedang mereka mencari kurnia dan keridhaan dari Tuhannya dan apabila kamu telah menyelesaikan ibadah haji, maka bolehlah berburu. Dan janganlah sekali-kali kebencian( mu) kepada sesuatu kaum karena mereka menghalang-halangi kamu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat aniaya (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.
    Qs10:27 Dan orang-orang yang mengerjakan kejahatan (mendapat) balasan yang setimpal dan mereka ditutupi kehinaan. Tidak ada bagi mereka seorang pelindungpun dari (azab) Allah, seakan-akan muka mereka ditutupi dengan kepingan-kepingan malam yang gelap gelita. Mereka itulah penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.
    Qs2:62 Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.
    Qs23:101 Apabila sangkakala ditiup maka tidaklah ada lagi pertalian nasab di antara mereka pada hari itu, dan tidak ada pula mereka saling bertanya. 102 Barangsiapa yang berat timbangan (kebaikan)nya, maka mereka itulah orang-orang yang dapat keberuntungan. 103 Dan barangsiapa yang ringan timbangannya, maka mereka itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri, mereka kekal di dalam neraka Jahannam.

    ReplyDelete
  67. (Sekilas infoku) Saat kapanpun KeilahianYesusKristus juga RohKudus bisa disebut Allah, (hanya jika berdasarkan KualitasKeilahian)
    Demikian juga saat kapanpun Yesus juga RohKudus bisa disebut Utusan, (hanya jika berdasarkan “selain” dalam hal KualitasKeilahian.
    14:13 dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.
    14:14 Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya."
    +++
    16:26 Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa,
    16:27 sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah.
    (Sebutan Tuhan sebenarnya tidak ditujukan pada Manusia Yesus, tapi pada KualitasAllah yang terkandung dalam KeilahianYesus)
    ---
    5:3 Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?
    5:4 Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah."
    +++
    13:2 Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: "Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka."
    ===
    Qs 11:37 Dan buatlah bahtera itu dengan pengawasan dan petunjuk wahyu Kami, dan janganlah kamu bicarakan dengan Aku tentang orang-orang yang zalim itu; sesungguhnya mereka itu akan ditenggelamkan.
    Qs 21:29 Dan barangsiapa di antara mereka, mengatakan: "Sesungguhnya Aku adalah tuhan selain daripada Allah," maka orang itu Kami beri balasan dengan Jahannam, demikian Kami memberikan pembalasan kepada orang-orang zalim
    Qs 29:8 Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu-bapaknya. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya. Hanya kepada-Ku-lah kembalimu, lalu Aku kabarkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.
    Qs 70:40 Maka Aku bersumpah dengan Tuhan Yang memiliki timur dan barat, sesungguhnya Kami benar-benar Maha Kuasa.
    ---
    3:22 Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya."

    ReplyDelete
  68. 28:17 Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu.
    28:18 Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.
    ---
    5:13 Dan aku mendengar semua makhluk yang di sorga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya, berkata: "Bagi Dia yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba, adalah puji-pujian dan hormat dan kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya!"
    5:14 Dan keempat makhluk itu berkata: "Amin". Dan tua-tua itu jatuh tersungkur dan menyembah.
    ***
    21:14 Dan tembok kota itu mempunyai dua belas batu dasar dan di atasnya tertulis kedua belas nama kedua belas rasul Anak Domba itu.
    ---
    8:2 Maka datanglah seorang yang sakit kusta kepada-Nya, lalu sujud menyembah Dia dan berkata: "Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku."
    8:3 Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata: "Aku mau, jadilah engkau tahir." Seketika itu juga tahirlah orang itu dari pada kustanya.
    ---
    9:18 Sementara Yesus berbicara demikian kepada mereka, datanglah seorang kepala rumah ibadat, lalu menyembah Dia dan berkata: "Anakku perempuan baru saja meninggal, tetapi datanglah dan letakkanlah tangan-Mu atasnya, maka ia akan hidup."
    9:19 Lalu Yesus pun bangunlah dan mengikuti orang itu bersama-sama dengan murid-murid-Nya.
    ---
    28:5 Akan tetapi malaikat itu berkata kepada perempuan-perempuan itu: "Janganlah kamu takut; sebab aku tahu kamu mencari Yesus yang disalibkan itu.
    28:6 Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring.
    28:7 Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid-murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu."
    28:8 Mereka segera pergi dari kubur itu, dengan takut dan dengan sukacita yang besar dan berlari cepat-cepat untuk memberitahukannya kepada murid-murid Yesus.
    28:9 Tiba-tiba Yesus berjumpa dengan mereka dan berkata: "Salam bagimu." Mereka mendekati-Nya dan memeluk kaki-Nya serta menyembah-Nya.
    28:10 Maka kata Yesus kepada mereka: "Jangan takut. Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku."
    ---
    1:17 Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: "Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir,
    1:18 dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.
    1:19 Karena itu tuliskanlah apa yang telah kaulihat, baik yang terjadi sekarang maupun yang akan terjadi sesudah ini.
    ---
    1:6 dan yang telah membuat kita menjadi suatu kerajaan, menjadi imam-imam bagi Allah, Bapa-Nya, -- bagi Dialah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin.
    1:7 Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, amin.
    1:8 "Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa."

    ReplyDelete
  69. (sekilas info)Yes3:18Kalau Aku berfirman kepada orang jahat: Engkau pasti dihukum mati! -- dan engkau tidak memperingatkan dia atau tidak berkata apa-apa untuk memperingatkan orang jahat itu dari hidupnya yang jahat, supaya ia tetap hidup, orang jahat itu akan mati dalam kesalahannya, tetapi Aku akan menuntut pertanggungan jawab atas nyawanya dari padamu.Mat12:36Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman.Ams24:17Jangan bersukacita kalau musuhmu jatuh, jangan hatimu beria-ria kalau ia terperosok,24:18supaya TUHAN tidak melihatnya dan menganggapnya jahat, lalu memalingkan murkanya dari pada orang itu.Mat18:10Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga.Mat25:41Dan Ia akan berkata juga kepada mereka yang di sebelah kiri-Nya: Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya.25:42Sebab ketika Aku lapar, kamu tidak memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu tidak memberi Aku minum;25:43ketika Aku seorang asing, kamu tidak memberi Aku tumpangan; ketika Aku telanjang, kamu tidak memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit dan dalam penjara, kamu tidak melawat Aku.25:44Lalu mereka pun akan menjawab Dia, katanya: Tuhan, bilamanakah kami melihat Engkau lapar, atau haus, atau sebagai orang asing, atau telanjang atau sakit, atau dalam penjara dan kami tidak melayani Engkau?25:45Maka Ia akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang tidak kamu lakukan untuk salah seorang dari yang paling hina ini, kamu tidak melakukannya juga untuk Aku.25:46Dan mereka ini akan masuk ke tempat siksaan yang kekal, tetapi orang benar ke dalam hidup yang kekal."Mat6:14Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga.6:15Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu."Bil14:18TUHAN itu berpanjangan sabar dan kasih setia-Nya berlimpah-limpah, Ia mengampuni kesalahan dan pelanggaran, tetapi sekali-kali tidak membebaskan orang yang bersalah dari hukuman, bahkan Ia membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat.Yes40:2tenangkanlah hati Yerusalem dan serukanlah kepadanya, bahwa perhambaannya sudah berakhir, bahwa kesalahannya telah diampuni, sebab ia telah menerima hukuman dari tangan TUHAN dua kali lipat karena segala dosanya.Ayb13:26Sebab Engkau menulis hal-hal yang pahit terhadap aku dan menghukum aku karena kesalahan pada masa mudaku;

    ReplyDelete
  70. SekilasInfo IISam7:14Aku akan menjadi Bapanya, dan ia akan menjadi anak-Ku. Apabila ia melakukan kesalahan, maka Aku akan menghukum dia dengan rotan yang dipakai orang dan dengan pukulan yang diberikan anak-anak manusia.Yer46:28Maka engkau, janganlah takut, hai hamba-Ku Yakub, demikianlah firman TUHAN, sebab Aku menyertai engkau: segala bangsa yang ke antaranya engkau Kuceraiberaikan akan Kuhabiskan, tetapi engkau ini tidak akan Kuhabiskan. Aku akan menghajar engkau menurut hukum, tetapi Aku sama sekali tidak memandang engkau tak bersalah."Why3:19Barangsiapa Kukasihi, ia Kutegor dan Kuhajar; sebab itu relakanlah hatimu dan bertobatlah!Kis10:45Dan semua orang percaya dari golongan bersunat yang menyertai Petrus, tercengang-cengang, karena melihat, bahwa karunia Roh Kudus dicurahkan ke atas bangsa-bangsa lain juga,Mat11:27Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorang pun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorang pun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya.11:28Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.11:29Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.Mat10:22Dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku; tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.Why3:11Aku datang segera. Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorang pun mengambil mahkotamu.Why2:10Jangan takut terhadap apa yang harus engkau derita! Sesungguhnya Iblis akan melemparkan beberapa orang dari antaramu ke dalam penjara supaya kamu dicobai dan kamu akan beroleh kesusahan selama sepuluh hari. Hendaklah engkau setia sampai mati, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan.Yak1:12Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.Mat16:25Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya.Mat13:49Demikianlah juga pada akhir zaman: Malaikat-malaikat akan datang memisahkan orang jahat dari orang benar,13:50lalu mencampakkan orang jahat ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi.

    ReplyDelete
  71. Ya walaupun alkitab salah tapi tidak ada alasan alquran itu benar

    ReplyDelete

Google