Cukuplah Allah bagiku, tiada tuhan selain Dia, untukMu tawakalku, dan Dia Rabbi arasy yang agung

Bacalah dan Tuhanmulah yang Maha Pemurah.
Yang mengajari dengan perantaraan pena.
Dia mengajari manusia apa yang belum diketahuinya

Ayat ini mengingatkan kita untuk terus membaca, menambah pengetahuan dengan segala akibatnya. Benarkah pencarian iman melalui bacaan berbahaya?
Google
 

Tuesday, May 25, 2010

Dulu Nabi Muhammad Boleh Digambar

Muslim selalu menganggap menggambar nabi Muhammad adalah hal yang haram. Ada ribut-ribut mengenai adanya gerakan Hari Semua Orang Menggambar Muhammad yang dinilai sangat melecehkan dan membuat muslim marah. Grup facebook yang Menentang Hari
semua Orang Menggambar Muhammad bisa dilihat disini.


Alasan mengapa menggambar nabi Muhammad haram, setelah saya cari-cari saya mendapat dalil-dalilnya antara lain pada hadist-hadist ini:

Dari Abu Hurairah Radiyallahu ‘anhu, ia berkata : “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasalam bersabda : ALLAH Ta’ala berfirman : Dan siapakah yang lebih dzalim dari mereka yang akan membuat satu ciptaan seperti ciptaan-Ku, maka hendaknya mereka menciptakan satu dzarrah, atau biji, atau gandum.” (Dalam Shahihain, lafadz Riwayat Muslim).

Dari Ibnu Mas’ud Radiyallahu ‘anhu, ia berkata : Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasalam bersabda : “Sesungguhnya manusia yang paling keras disiksa di hari Kiamat adalah para tukang gambar (mereka yang meniru ciptaan Allah)". (Shahihain – yakni dalam dua kitab Shahih Bukhari dan Muslim atau biasa disebut muttafaqun ‘alaihi, red)

Dari Ibnu Umar Radiyallahu ‘anhu berkata : Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasalam bersabda : "Sesungguhnya orang yang membuat gambar-gambar ini akan disiksa hari kiamat, dan dikatakan kepada mereka, 'Hidupkanlah apa yang telah kalian buat!’”. (Dalam Shahihain, lafadz Bukhari).

Dari Abu Juhaifah Radiyallahu ‘anhu : “Bahwasanya Nabi Shallallahu ‘alaihi wasalam telah melarang dari (memakan) hasil (jual beli) darah, anjing, usaha pelacuran, dan (beliau) telah melaknat pemakan riba, yang menyerahkannya, pembuat tato (gambar tubuh), yang meminta ditato serta tukang gambar.” (HR Bukhari).

Dari Ibnu Abbas Radiyallahu ‘anhu : Saya mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasalam bersabda : “Siapa yang membuat satu gambar di dunia, dia dibebani (disuruh) untuk meniupkan ruh pada gambar itu dan ia bukan peniupnya (tidak akan mampu meniup ruh untuk menghidupkan gambar tsb, red)”. (Muttafaqun ‘alaihi).

(diambil dari sini )

Tetapi tahukah anda bahwa menggambar nabi itu tidak selamanya haram? Ada masa-masa dimana umat ketika itu masih boleh menggambar nabinya. Silakan cek web ini. Dari banyak contoh-contoh gambar di web itu dan saya tampilkan beberapa disini :

1. Gambar nabi sedang memberikan dakwahnya terdapat pada buku karya al Biruni, seorang ilmuwan Islam dari Persia yang meninggal sekitar abad ke 11. Dalam bukunya The Remaining Signs of Past Centuries memuat gambar nabi Muhammad ini.


Gambar ini koleksi di the Bibliotheque Nationale, Paris (Manuscrits Arabe 1489 fol. 5v)

2. Buku Rashid al-Din dalam bukunya Jami' al-Tawarikh (atau "Compendium of Chronicles")pada abad ke 14 memuat banyak gambar-gambar nabi yang saya ambil dua saja.



Sekarang buku ini menjadi koleksi Perpustakaan Universitas Edinburgh, Scotlandia.

3. Nabi Muhammad berjumpa dengan nabi Ismail, Ishak dan Luth di Surga. Dari buku Pewahyuan Muhammad, ditulis tahun 1436 di Herat, Afghanistan (sekarang ada di the Bibliotheque Nationale, Paris).


Dan masih banyak lagi yang bisa dilihat di web zombietime ini yang juga sumber dari semua gambar-gambar disini.

Fakta-fakta ini seharusnya bisa membuat muslim berkepala dingin. Islam yang asal katanya as-la-ma yang artinya damai seharusnya bisa memperlihatkan kebesaran dan kedamaian hatinya. Marilah muslim mulai mempelajari sejarah, ekonomi, hukum, matematika, astronomi, politik, fisika dan semua ilmu agar menjadi umat yang cerdas juga beriman. Hal ini akan membantu muslim menghadapi cemoohoan-cemoohan dan hinaan yang dihadapi. Sesungguhnya umat yang bodoh dan miskin akan selalu ditindas dan dihina, apapun agama mereka. Lalu tunjukkan lah kepada dunia melalui perbuatan yang bisa memajukan dunia.

Mengenai hukum larangan menggambar nabi, sebaiknya diteliti lagi. Pelajarilah sejarah kembali. Apa keuntungan dan apa kerugiannya ? Apakah itu mempengaruhi iman ? Malahan menurut pendapat pribadi saya, pelarangan yang sangat keras dari muslim untuk gambar nabi Muhammad, yang alasannya karena ketidak bolehan menggambar mahluk hidup (mm...belum pernah difoto? nonton tivi?)dan juga supaya tidak ada pengkultusan terhadap nabi, malahan seakan-akan memperlihatkan pengkultusan itu. Seakan-akan menggambar nabi sama dengan menggambar tuhan, hal yang sama sekali tidak terbayangkan?

Saya ingin share ayat al quran ini yang sungguh indah. Semoga Allah mengampuni kita.

maka makanlah yang halal lagi baik
dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu
dan syukurilah nikmat Allah
jika kamu hanya menyembah kepadaNya.

sesungguhnya
Allah hanya mengharamkan atasmu bangkai, darah, daging babi
dan yang disembelih dengan nama selain Allah
tetapi barang siapa terpaksa
bukan karena menginginkannya
dan tidak melampaui batas
maka sungguh Allah maha pengampun maha penyayang.

dan janganlah kamu mengatakan
terhadap apa yang disebut-sebut oleh lidahmu secara dusta
ini halal dan ini haram
untuk mengada-adakan kebohongan terhadap Allah
sesungguhnya orang yang mengada-adakan kebohongan terhadap Allah
tidak akan beruntung.

itu adalah kesenangan yang sedikit
dan mereka akan mendapat azab yang pedih
(16:114-117)

86 comments:

  1. lihat saja apa yg diperbuat para pengikut yahudi dan nasrani dengan gambar nabi isa kita orang islam yg notabene ras dan keturunaN SERTA KISAH MEREKA di ceritakan dgn sangat gamblang di Al Quran.... astagfirullah

    ReplyDelete
  2. Menurut saya memang tidak ada dalil yang "tepat sasaran" untuk mengharamkan gambar Nabi selama tidak untuk menghinanya dan menggambarnya berdasarkan ciri-ciri yang digambarkan dalal suatu riwayat. Karena ada sebuah riwayat yang menggambarkan fisik Muhammad saw dengan detail. Jika dalil2 ciri2 Rasul tsb dibawa ke kepolisian,mungkin polisi bisa menggambarnya?

    ReplyDelete
  3. @Priz haha!
    memang gak ada hadistnya yg melarang menggambar nabi. Kalo kamu muslim yang moderat dan menganggap menggambar itu gak akan disiksa dineraka harusnya ya membolehkan menggambar nabi juga, supaya konsisten.

    ReplyDelete
  4. Pusing juga ya,.. menggambar dilarang, musik dilarang, patung apalagi..

    Mustinya sekolah2 itu di demo karena mereka mengajarkan seni lukis, seni rupa, dan seni musik.

    ReplyDelete
  5. @tilhawa wah.. hidup di jaman batu aja :p *langsung diprotes ama orang jaman batu: sorryyy gua menggambar kok!

    didemo sama FPI? hihii

    ReplyDelete
  6. "Dari Ibnu Umar Radiyallahu ‘anhu berkata : Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasalam bersabda : "Sesungguhnya orang yang membuat gambar-gambar ini akan disiksa hari kiamat, dan dikatakan kepada mereka, 'Hidupkanlah apa yang telah kalian buat!’”. (Dalam Shahihain, lafadz Bukhari)."

    Kalo diteliti kutipan hadits di atas, perlu dipertanyakan juga, siapakah penggambar yang dimaksud disini? menggambar untuk tujuan apa?

    Rasul pun orang yang cerdas, pasti ada alasana kuat mengenai hadits di atas :-)

    (setahu saya jaman dulu orang masih menyembah patung, jadi wajar kala saat itu patung diharamkan)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hadits itu di liat dari sisi 'urf. Alasan di larang menggambar adalah dikhawatirkan nanti gambar/patung yg di buat akan di sembah. Karena kondisi 'urf(masyarakat) di zaman nabi semuanya paganisme

      Delete
  7. Mas Amet jadi kalo maksudnya gak menghina atau untuk disembah boleh kan menggambar? seperti contoh2 di postingan saya pasti penggambarnya gak maksud menghina.

    ReplyDelete
  8. Tujuan tidak bisa menghalalkan cara. Hadits dah jelas kok mau nentang nabi, bukannya taat mutlak sama perintah Allah, malah menentang... Apapun maksudnya, kalo dah masalah ghaib ya cuma Allah yang tau dan diberitahukan sama nabi Nya,, Iman gak...?

    ReplyDelete
  9. @anonymous
    hadits udah JELAS gimana ? yang jelas disitu gak ada larangan menggambar NABI

    ReplyDelete
  10. makanya ngaji, internetan aja sih...

    ReplyDelete
  11. Bude lanjut terus pantang mundur!!!
    ditunggu postingan lainnya

    ReplyDelete
  12. @minull wow siapa nih? makasih banyak utk dukungannya *langsung ngepot nulis lagi

    ReplyDelete
  13. Wah, anakronisme tuh! Gambar2 tadi kan dari abad 12 dan 15, sedangkan hadits2 tentang larangan menggambar tadi sudah hadir lebih dahulu di abad ke-9 atau paling lama abad ke-10. Jadi dilarang dulu, baru ada yg menggambar. Bukan menggambar dulu, baru dilarang. :p

    ReplyDelete
  14. Memang betul, dan kebanyakan gambar2 ini dari Persia yang sampai sekarangpun penggambaran nabi lebih ditolerir oleh Islam Syiah. Tapi ada postingan saya yang lain misalnya al quran bergambar itu bertepatan dengan jaman kalifah al Walid atau abad pertama hijriyah. Juga tentang koin islam pertama bergambar orang dari tahun 31 H (berarti 10 tahun sesudah nabi wafat?) berarti hadist pelarangan menggambar itu belum ada.  Dan pelarangan menggambar nabi itu berdasarkan hadist pelarangan menggambar.

    ReplyDelete
  15. Menurut Saya, Satu satunya alasan adalah agar tidak terjadi pengkultusan seperti Nabi Isa. Karena kebanyakan orang lebih memilih Tuhan yang kelihatan sepert kasus Samiri dan Nabi Musa. Sehebat apapun Nabi Musa Berdakwah tentang Tuhan yang gaib tetep aja ujung-ujungnya bani israil pada waktu itu menyembah berhala yang secara fisik kelihatan. Hal ini juga terjadi pada saudara kita kaum nasrani. Kenapa Yesus lebih banyak disembah dan di puja daripada "Bapa di Surga/ Allah" , tentu saja karena lebih nyata wujudnya bahkan ditiap gereja ada gambar sama patungnya".

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya karena Bapa Di Surga/ Allah = Yesus Kristus adalah 100% Tuhan dan 100% Manusia.
      1. Yesus adalah Firman Yang hidup/Roh Allah berdiam didalam-nya
      2. Yesus mengampuni dosa orang bersalah.
      3. Yesus Mengubah air menjadi anggur.
      4. Yesus meredakan badai dengan menghardiknya.
      5. Yesus memberi makan 5000 org dgn 2 ekor ikan & 5 ptg roti
      6. Yesus membangkitkan orang mati.
      7. Yesus menyembuhkan orang yang buta dari lahir.
      8. Yesus menyembuhkan orang yang lumpuh dari lahir.
      9. Yesus menyatukan kuping prajurit Romawi yg telah terpotong.
      10.Yesus berfirman : Dalam nama-Ku diberikan Kuasa Surga&Bumi.
      cukup 10 ya, kalau diterusin panjang bgt. hehehe

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  16. quote: "Menurut Saya, Satu satunya alasan adalah agar tidak terjadi pengkultusan seperti Nabi Isa. Karena kebanyakan orang lebih memilih Tuhan yang kelihatan sepert kasus Samiri dan Nabi Musa. "

    jadi pelarangannya tanpa dasar quran atau hadist bro? berdasarkan feeling yah?

    ReplyDelete
  17. Kebanyakan gambar2 diperoleh dr buku2 org persia atau syi'ah. Tentu saja cuman dr mereka. Krn hanya mereka yg berani melanggar salah satu hukum Islam ( hkm Islam ada 4 : Al Qur'an, Hadits, Ijma', Qiyash ). Mrk hanya mau memakai hadits2 yg sanadnya dari keturunan Nabi SAW dr garis Ali bin Abi Tholib RA, krn mrk mengkultuskan Ali bin Abi Tholib RA. Padahal para sahabat Nabi SAW banyak sekali yg menjadi musnad hadits2 shohih, misalnya Abi Hurairah RA. Ini jelas salah. Bahkan mrk menghalalkan mengumpat Khulafa'ur Rosyidin n sahabat2 Nabi SAW yg lain. Itu sebabnya mrk telah dicoret oleh jumhur ulama' dr aliran2 Islam n beberapa negara bahkan telah memfatwakan sesat pd syi'ah. Kalo anda mengangkat topik ini dg mengambil contoh perbuatan kaum syi'ah tentu saja hadits2 itu menjadi tdk berarti, pdhal keshohihannya teruji. Jd lagi2.. artikel anda tendensius sekali. Kmd disebutkan kholifah Al Walid pd abad pertama hijriyah, maksudnya gimana? Kalender hiriyah dimulai pd masa kholifah Umar bin Khoththob RA, sementara Al Walid adalah kholifah dari bani Umayyah. Dinasti Umayyah dimulai setelah masa Khulafaur Rosyidin. ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh masbro... abad pertama hijriyah itu ya 100 tahun pertama hijriyah.. huhuhuhuhuhuuuuuuuuuuu
      sebetulnya hukum yang dilanggar itu hukum yang mana? yang pelarangan menggambar itu? masbro menggambar nggak? waaaah masuk neraka dech!

      Delete
    2. Wow bro . Kamu mencoba mentolerir stiap hukum yang ada.dngn kadaanmu yg skrang .kalau aja muhammad SAW mngijinkan utk menggambarkan dirinya .para sahabat akan lbih dulu berlomba2 membuat gambar dijaman itu.nyatanya gambar n patung aja sdh ada berabad2 sebelum masehi.sy yakin itu pnya mksud agar kita tdk mngkultuskan sesuatu yg hanya pnggambaran fisik .lagian sbgamanapun creator mnggambarkan rasulullah dia hanya akan mnggunakan khayalnya .liat dalil yg ada dan cermati.toh kalau syiah mndukung ini .yaa makin jelas kalo mereka bkanlah muslim .karena merka memang sdh menentang alqur'an dan hadits sejak dulu. Umirul mu'minin ibu kita sitti aysah aja dituduh tukang serog oleh mereka. Naudzubilah.

      Delete
    3. lantas bagaimana dengan Hasan A.S dan Husein A.S, kalifah dari bani ummayah yg membantai cucu Rasulullah SAW baca lg sejarah para ulama Fiqih, dan Ulama Hadist, kebanyakan dari mereka di siksa oleh para kalifah dengan alasan beraneka raga, hingga kalifah memberi pertanyaan apakah Al-Quran makhluk Allah atau Firman Allah yg Abadi, ulama saat itu menjawab firman Allah yg abadi sedangkan kalifah meyakinin makhluk Allah akhirnya mereka di siksa cambuk hingga di penjarakan, ada juga kalifah yg di minta menuliskan kebaikan muawiyah sedangkan penghafal dan penulis hadist mengatakan tdk ada sabda yang di sampaikan oleh Rasulullah tentang muawiyah, akan tetapi kebanykan adalah tentang sahabat dan Ali bin Abi thalib Karomallah wajha.
      jadi menurut saya parah Ulama2 dahulu di kendalikan oleh parah penguasa (kalifah), setiap ada hadist yg keras yg mana menggangu stabilitas penguasa kala itu langsung di bumi hanguskan..
      sekali lg sya mengatakan Rasulullah tidak bermahzab akan tetapi kalian lah yg membuat islam berkelompok..

      Delete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Alasan mengapa menggambar nabi Muhammad haram ada dalil nya..

    alesan mengapa Dulu Nabi Muhammad Boleh Digambar mana hadist/dalil nya??

    sudah tau umat lebih percaya hadist dan al-quran, bukan nya sia2 ngasih ini artikel

    ReplyDelete
  20. Alasan menggambar nabi Muhammad haram ada dalilnya? yang mana mas? kalo ada coba dipost disini aku juga pengin tau nih

    ReplyDelete
  21. Yg punya blog ini ilmunya msh pas2an saja toh.

    ni loh dah tahu hadistnya:

    Dari Ibnu Mas’ud Radiyallahu ‘anhu, ia berkata : Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasalam bersabda : “Sesungguhnya manusia yang paling keras disiksa di hari Kiamat adalah para tukang gambar (mereka yang meniru ciptaan Allah)". (Shahihain – yakni dalam dua kitab Shahih Bukhari dan Muslim atau biasa disebut muttafaqun ‘alaihi, red)

    Lebih perdalam lg al quran & hadistnya bro, biar gak kelihatan bodoh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang kayak gitu sih di postingan saya juga ada. Itu kan larangan menggambar, bukan larangan menggambar nabi? Jangan menggambar yah!

      Delete
    2. permisi tanya, di mana kata "Nabi Muhammad"nya bro?

      kalo mengacu pada ayat itu artinya yang bakal disiksa di hari kiamat itu, pelukis, fotografer, desainer, videografer. jadi percuma donk mereka2 ibadah? toh akhirnya masuk penyiksaan saat kiamat.

      sori ye, gw bukan mau mencela pemahaman ente, gw respek koq sama Nabi Muhammad.

      tapi yang jadi masalah di sini adalah : Kontekstualitasnya

      setau gw, Nabi Muhammad pun tau bagaimana menyikapi keadaan dengan kepala dingin, dan tidak anarkis. serta yang gw salut adalah berpikiran luas, dan panjang ke depan.

      nah kenapa banyak pengikutnya sekarang anarkis dan pikirannya pendek? sedikit2 kesinggung, sama sekali tidak meneladani Figur yang Luar Biasa tersebut.

      emangnya bisa mencerminkan sebagai "Umat Pembawa Damai" gitu dengan teriak2 menyerukan nama Allah sambil anarkis? ente kira Allah ga sedih?

      Delete
  22. salut buat moslem yang berwawasan luas dan berpikiran terbuka....

    ReplyDelete
  23. gwa gak berani argumen dalil deh soalnya jujur gwa jga ga terlalu paham dalil Al-quran karena sudah ada yang belajar di bidangnya. tapi simpelnya gini aja ikutin aja apa yang menurut kalian benar, teliti islam secara eksplisit atau inplisit pasti gak akan ketemu... yang jelas islam mengajarkan tentang kebaikan bukan untuk permusuhan

    ReplyDelete
  24. tauladannyalah yang seharusnya kita gambarkan secara gamblang dalam tingkah laku kita sehari2, ini mungkin lebih bijak. dan... janganlah berlebihan dan melampui batas karena Allah tidak menyukai orang2 yang berlebihan dan melampui batas.

    ReplyDelete
  25. kalau kita dilarang melukis/menggambar wajah nabi Muhammad SAW. sebenarnya jawabannya tidaklah terlalu rumi2 amat. coba buka youtube dan tontonlah film nabi Muhammad SAW atau googling liat2 lukisan atau gambar2 orang yang nggadur pngin coba2 nglukis atau menggambar nabi Muhammad SAW. sangat subyektik sekali atau 'sak karepe dewe'! atau ' ngapusi'(karena tidak sama dengan aslinya! mengapa? karena saya yakin seyakin2nya manusia sejagat raya ini tidak ada satupun yang pernah ketemu (kecuali dalam mimpi orang2 terpilih yang beruntung) berpapasan atau ngobrol atau menyaksikan dengan mata kepala sendiri wajah nabi Muhammad SAW. trus ko mau 'ita-itu' menggambar atau nglukis wajahnya apa itu tidak konyol saudara2??!! trus ntar kalo kita dimintai pertanggung jawaban diakhirat kelak tentang lukisan tersebut apa ndak malu2in?! cuma seandainya yang digambar itu hanya orang biasa yang bukan nabi, mungkin masalahnya tidak sebesar kalau yang digambar itu nabi. Menggambar atau melukis wajah seorang nabi adalah sebuah kerumitan tersendiri dari segi hukum. Mungkin anda bertanya, mengapa harus jadi rumit? Bukannah tujuan menggambar nabi itu baik, yaitu agar lebih mendekatkan kita kepada sosok nabi itu?
    Ya, masalahnya menjadi rumit lantaran seorang nabi adalah pembawa risalah resmi dari Allah. Maka bukan hanya pembicaraannya saja yang jadi ukuran, tetapi semua tindak tanduk dan bahkan hingga masalah wajah dan potongan tubuhnya, adalah bagian utuh dari risalah itu.

    Penggambaran wajah dan tubuh seorang nabi, sedikit banyak sangat berpengaruh kepada esensi syariat yang disampaikannya. Mengingat di kemudian hari setelah wafatnya para nabi itu, banyak orang yang berdusta tentang nabi. Baik dusta tentang perkataannya, perbuatannya, taqrirnya (sikap), termasuk berbohong tentang kondisi fisiknya.
    Dan perbuatan berbohong atas apa yang apa yang dibawa oleh seorang nabi merupakan dosa yang amat serius. Ancamannya tidak tanggung-tanggung, yaitu kedudukan di dalam neraka.
    “Siapa yang berbohong tentang aku secara sengaja, maka hendaklah dia menyiapkan tempatnya di neraka”. (HR Bukhari Muslim)

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti kalau kita menggambar wajah pangeran Diponegoro, Jendral Sudirman, Cut Nyak Dien, Laksamana Cheng Ho, dll, kita juga masuk neraka donk ntar?

      Delete
    2. ya iya lah! pokoknya dilarang menggambar titik.

      Delete

  26. مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ
    “Barangsiapa menyerupai suatu kaum maka dia termasuk golongan mereka.” ( HR. Abu Dawud )
    Demikian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mencela kelakuan orang-orang ahli kitab yang mengkultuskan orang-orang sholih mereka dengan membuat gambar-gambarnya agar dikagumi lalu dipuja. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang menyerupai mereka
    Dalam hadits yang lain, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

    لَا تُطْرُونِي كَمَا أَطْرَتْ النَّصَارَى ابْنَ مَرْيَمَ فَإِنَّمَا
    أَنَا عَبْدُهُ فَقُولُوا عَبْدُ اللَّهِ وَرَسُولُهُ

    “Janganlah kalian menyanjungku berlebihan sebagaimana orang-orang Nashrani menyanjung Putera Maryam, karena aku hanya hamba-Nya dan Rasul utusan-Nya.” ( HR. Ahmad dan Al-Bukhori )
    Itulah sebab utama kenapa Umat Islam bersikeras melarang melukis Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, yaitu dalam rangka menjaga kemurnian ‘aqidah tauhid.

    ReplyDelete
  27. buset dah.... gw desainer dan pastinya harus menggambar.... ah sial.... masuk neraka donk ntar gw???

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama boss, gw juga tukang nggambar.

      Delete
    2. sama bos ane juga designers,,,gimana nih?hik...

      Delete
    3. gambar POt bunga/ gelas/ gedung om. itu lbh aman

      Delete
  28. cilaka bener....guwe juga nih....guwe tukang gambar wajah orang....tiket neraka dapat satu....
    saudara - saudara yang suka menggambar....selamat berjumpa dineraka yow...kita bisa bebas menggambar dineraka.....

    ReplyDelete
  29. bukan begitu teman2..... allah memberikan kepada manusia bahkan makhluknya berupa nikmat2,baik itu kepandaian bahkan keahlian....

    giini aja, kalaw mau dtrima silahkan....
    knp kita umat islam ga boleh nih menggambar/melukis rasul kita nabi Muhammad SAW, pertma, sebelumnya apa kita udh kenal,atau pernah jumpa/melihat rasul kita??
    klau blom kenapa jg kta mw menggambar sesuatu yang kita ga tau? alias cuma modal nebak doang, lho ajalh, say ni ga kenal ma lho tba2 say gambar/lukis lho tidak sprti aslinya, marah ga sih lho??
    bgitulah, orang yang kita muliakan,bahkan allah sendiri yang memuliakan nabi kita,mengampun manusia yang berselawat kepada beliau, dan lebih mulia dari nabi adam, maasih sanggupkah/tega kita mencemooh dengan menggambar rasul yang kita ga prnah jumpa/lihat??
    kalau msih boleh jg lagi, wallahua''alam, nmga allah ja membalas kebaikan kita...

    untuk perbaikan, sebaiknya sebelm mnyebarkan sesuatu pengetahuan sebaiknya diteliti dahulu/dikaji/telaah lebih dalam,dan bahkan sumbernya harus bener2 pasti,apatah lagi sekarang,tooh hadits bnyak yg palsu,,,
    islam itu indah,dan mudah hnya saja manusia itu yang mempersulitkan dan mengotorinya......
    ::-)

    ReplyDelete
  30. Dear Penulis,
    Apakah anda mengambil gambar-gambar tersebut langsung dari sumbernya? atau jangan-jangan anda hanya mengambil gambar-gambar tersebut dari situs orang lain?
    Andai saja gambar-gambar tersebut benar adanya, apakah anda yakin bahwa gambar tersebut memang sesuai dengan keterangan yang anda tuliskan?
    Sebelum anda berkata atau menulis sesuatu, telitilah dulu sumbernya, jika tidak maka anda berisi kedustaan. dan ingat bahwa semua yang anda tulis akan menjadi saksi nanti di hari perhitungan. Bertaubatlah, jangan mengatakan sesuatu yang anda tidak ada pengetahuan tentangnya!!!

    ReplyDelete
  31. Dear penulis..
    Mohon jgn membahas tema2 yg be memicu perdebatan thd keyakinan..
    Jika Anda mmng ingin mengetahui ttg hal INI lbh detail Ada baiknya anda langsung berdiskusi n bertanya kpd para ahli hadist n tafsir sampai anda menemukan jawaban yg tepat baru anda share..
    Sebetulnya simple Aja,KNP menggambar nabi sampai tdk boleh ITU, pasti sdh melalui perdebatan Para ulama & ahli hadist d seluruh dunia Dari dlu hingga skrg...
    jika Anda memiliki data ada baiknya data tsb diuji n didiskusikan dgn para ahli,baru kemudian anda share..
    jgn hanya dari data dibungkus dgn opini pribadi lalu langsung anda share..karena dapat membuat kebingungan yg membaca....

    semoga penulis dpt lbh bijak. & hati2 kedepannya

    trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear anon, terimakasih atas sarannya. Esensi dari blogging adalah kemudahan untuk menulis (apapun) dan langsung dipublikasikan, saya adalah penerbit sekaligus penulisnya. asal tidak melanggar undang-undang (ITE), saya pikir tidak masalah. Kebingungan itu bagus, membuat kita berpikir dan berusaha mencari tahu lebih banyak. Justru saya senang sekali kalau muslim berusaha mencari tahu lebih banyak tentang keyakinannya, bukannya hanya ikut-ikutan katanya katanya katanya..... yang sumbernya tidak ada.

      Delete
    2. Saya salut dengan penulis, membuka wawasan dengan cerdas dan santun. Ngomong-ngomong semakin banyak muslim yang menganggap Al-Quran sekedar mantra-mantra gaib yang dilagukan dengan indah tanpa direnungkan maknanya. Kutipan Surah An-Nahl, 16:14 - dst sudah sangat tepat, sip lagi tambah At-Tahrim 66:1, dan Perintah Allah dalam Al-Qamar 54:17,22,32,40. Salam.

      Delete
  32. Islam adalah Rahmatan Lil Alamin...

    ReplyDelete
  33. Saya seorang muslim, namun saya akui saya bukanlah muslim yg alim, jauh dari sempurna.. Kenapa Nabi Muhammad SAW dilarang untuk digambar atau dibuat seperti patung yg menyerupai Beliau?

    Nabi Muhammad SAW tidak ingin dipuja, disanjung berlebihan, dan pada akhirnya Beliau malah disembah layaknya Tuhan, seperti orang-orang di zaman sebelum ajaran Nabi Muhammad diturunkan..yang pada akhirnya menyesatkan Aqidah ajaran Islam itu sendiri, yaitu Tidak ada yang patut aku sembah selain Allah SWT,

    Lalu ap yang perlu dilakukan oleh umat Islam jika ada oknum yang dengan sengaja menggambar sosok Nabi Muhammad SAW, seperti yg dilakukan oleh majalah Charlie Hebdo. Perlukah umat Islam melakukan protes keras?? PERLU.. Perlukah umat Islam membantai dan membunuh semua orang-orang yang bekerja di redaksi majalah tsb?? TIDAK PERLU. Kenapa?? Kita tidak hidup di zaman perang, dimana hanya ada 2 pilihan pada kondisi perang.. dibunuh atau membunuh, dimana keselamatan jiwa selalu terancam, JANGAN samakan dengan kondisi di zaman sekarang. Islam itu sendiri pada dasarnya adalah agama yang sangat menjunjung tinggi perdamaian, kasih sayang, kebaikan seluruh umat manusia.. Islam bahkan diturunkan untuk MELURUSKAN ajaran2 sebelumnya yang keliru terhadap arti TUHAN itu sendiri.

    Lalu apa yang harus kita lakukan? Lawanlah dengan cara2 yang terhomat, cerdas, yang memuliakan agama Islam itu sendiri. Apa jadinya kita membela sebuah kebaikan dengan kejahatan:)


    ReplyDelete
    Replies
    1. Hal yg paling mendasar dari argumen muslim untuk melarang seluruh manusia untuk tidak menggambar nabi itu ber dasarkan apa? Hukum yang mendasari nya apa? Tidak bisa hanya sekedar mengatakan karena gambar bisa tidak mirip, atau karena takut di sembah, karena hal ini seperti nya sangat penting utk muslim, sehingga dasar hukum nya pun harus sangat kuat, misal nya tercantum dalam al quran atau hadist. Mengapa hal yang tidak tercantum dalam quran atau hadist bisa jadi hukum yang sangat mengikat untuk islam? Apa kah islam hukum nya hanya berdasar kan ke patutan? Kepatutan menurut siapa? Untuk apa ada quran dan hadist kalau hukum bisa di buat2 lagi dan lagi? Bahkan jadi pembenaran untuk membunuh orang lain?

      Delete
    2. Mas bud, saya yg menulis komentar yang anda reply..
      Betul, saya setuju kalo aturan Islam yaitu Al quran dan Hadis (hadis yang sahih pastinya, bukan hadis palsu).. Dan saya pun juga setuju bahwa TIDAK ADA satu ayat pun dalam Al quran yang menyatakan dengan tegas bahwa tidak diperbolehkan menggambar atau membuat patung yg menyerupai Nabi Muhammad dan dalam hadits2pun tidak ada yg menyatakan dengan tegas bahwa Nabi melarang menggambar diri beliau, HR Ahmad dan Al-Bukhori pun hanya menjelaskan bahwa Nabi tidak mau disanjung atau dipuja berlebih2an, karena Nabi menyadari bahwa Beliau juga manusia, hamba Allah yg menjadi utusanNya. Ini ada kaitannya dengan Hadits Ahmad dan Al-Bukahri lainnya yg menceritakan kunjungan Isteri2 beliau yg mngunjungi sebuah kota dan melihat isi gereja tersebut penuh dengan gambar2 orang sholih yg telah wafat, dan Rasul mengatakan itulah sejelek2nya mahluk di sisi Allah SWT.

      Kemudian di mana letak tidak diperbolehkannya menggambar Rasul?? Anda pasti orang berpendidikan kan? Anda pernah belajar bahasa indonesia kan? Di pelajaran itu kita sering kali mempelajari sebuah cerita ataupun percakapan, dan kita sering pula ditanya apa inti dari cerita/paragraf/percakapan tersebut :) Nah dari hadits2 sahih di atas terlihat jelas bahwa Rasul tidak senang disanjung berlebihan seakan dirinya adalah Tuhan, Allah tidak menyukai tindakan yang dilakukan kaum Nasrani yg menggambarkan orang-orang Sholih dari kaumnya, karena itu perbuatan yg tercela bagi Allah.

      Saya yakin, tujuan Majalah Charlie Hebdo melukis gambar Rasul bukan bertujuan untuk memuji, mengagumi, menyanjung Nabi Muhammad SAW, ataupun sebuah objek untuk disembah.. tapi lebih tepatnya MENGHINA Rasul, pertanyaannya apa perlu kita mencari isi Al quran atau hadits yg tidak memperbolehkan Rasul dihina... Apa Anda perlu mencari alasan yang tepat, pada saat Ayah Anda digambar di sebuah dinding dengan wajah yang dibuat lucu, jelek, menghina Ayah Anda, sedangkan si pelukis tidak mengenal Ayah Anda :) Saya yakin kecintaan Anda terhadap Ayah Anda akan menggerakkan Anda untuk melawan dan menentangnya kan?

      Delete
  34. Biasanya kalo masalah dunia kita akan diskusikan dengan para ahlinya, untuk kesehatan kita bakal langsung ke dokter bahkan ke dokter spesialis kalo perlu. keluar negri kalo punya uang. (contoh aja msalah kesehatan, ganti kata kesehatan sama kata dunia lain). namun untuk masalah akhirat, dan aqidah yang jarang malah ktmu ahlinya seringnya browsing. dua menit juga jadi. Ada baiknya tanyakan kpada yg benar-bnar ahli dan ngerti, kalo misal nemu diinternet jgn terlalu dipercaya kalo blum terbukti keabsahannya. Tapi saya ucapkan makasai kpada om bud buat tulisannya, jadi ada bahan buat peninjauan, hal untuk ditanyakan dan dikaji.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih, itu tujuan saya, membuka pikiran

      Delete
    2. Iya lumayan, bisa untuk mempelajari cara berfikir kaum liberalis

      Delete
  35. Masih banyak yg takut meninggalkan HOBI nya
    Masih takut kehilangan rezekinya
    Ingat' HOBI dan REZEKI masih banyak alternatif yg lain.
    Sudahlah, tinggalkan menggambar benda yg ada RUH di dlmnya- masih ada hal yg boleh digambar-\ atau HOBI kaligrafi.

    Mas bud, jgn nampak mendukung penentangan Syari'at Islam. Anda harusnya mengshare sesuatu dgn tujuan Dakwah- lalu mengajaknya hidup dlm kebaikan. Bukan mengadakan PROPOKASI dan mengajak menentang kesepakatan Ulama-ulama yg telah lebih dulu menetapkan. Kita masih anak bawang.

    ReplyDelete
  36. Semua para penggambar akan disiksa dan dituntut untuk meniupkan ruh pada apa yg dia gambar padahal tidak ada yg sanggup meniupkan satu ruh pun.... Ini tahun 2015 men... Hari gini loe masih suka memfoto dan gambar makhluk Allah yg bernyawa ? sudah jelas ancaman dari Allah maka jauhi segera gak usah banyak bacot ini itu ngeles... Hak saya memperingatkan hal ini jadi gak usah dipersulit... Kalau tetap ngeyel silahkan terserah..... YG di siksa nanti elu yg mewek elu... YG nyesel elu... YG mampus elu... Jadi bukan urusan gue.... Gue cuman mengajak kalian semua kepada kebaikan yg mutlak.

    Satu hal info saya beritahu bahwa umat yg ngeyel, ngeles, selalu putus asa dlm mencari hidayah itu tidak berbeda dgn kaum nabi musa as yg sederajat dgn KERA dan dikutuk jdi kera. Kalian hampir hampir menyamai kaum musa. TAUBATLAH... Kita manusia, manusia yg jatuh kedalam jurang dan selamat masih bisa berpikir untuk bisa naik kembali, kita keluar dari pekerjaan photography makhluk bernyawa pun bisa berpikir dan mencari pekerjaan lain yg halal. Paham ? Anda anda bukan batu atau serangga, anda manusia yg bisa berpikir. Ayo tobat, ubah kebiasaan, maju pantah menyerah... Ok sob?

    ReplyDelete
  37. Untuk sekedar tahu mgkin atau bararngkali penulis ini bukanlah orang muslim. Jadi sah saja dia menulis di internet karena bebas. Kalo dia muslim ya dipertanyakan juga muslimnya mungkin juga dia condong ke faham liberalis yg selalu mengkritisi hadits, dalil atau al-quran.Mau diberi bukti apapun kebenaran ya tetap saja dia (penulis) menolak kebenarannya.

    Coba dia bikin seminar dihadiri orang-orang yang berkompeten dibidangnya untuk tema dia (penulis) meragukan hukum melarang melukis / menggambar wajah nabi Muhammad SAW pasti dia (penulis) tidak akan sanggup membuktikan pendapatnya. Dan juga pasti dia (penulis) tidak ada keberanian untuk mengadakan seminar ini jika dia (penulis) sebagai pelopor ORANG YANG MENOLAK adanya "Larangan menggambar nabi Muhammad SAW" (saya jamin TIDAK BAKAL BERANI) apalagi dia (penulis) membuat dan menerbitkan BUKU yang berkenaan dengan ini (misalnya judul bukunya "Tolak hukum larangan menggambar Nabi Muhammad SAW karya si penulis di web ini) saya jamin bukunya laris kalo dia (penulis di web ini) serius meyakini scr pribadinya meragukan hukum larangan menggambar nabi Muhammad SAW.

    Sebab orang bakal tahu siapa dia (penulis web ini) sebenarnya dmana tinggalnya?, apa agamanya?, apa organisasinya? dll. Karena di internet banyak sekali web penghujat nabi Muhammad SAW ada sebagian yang sudah diproses secara hukum ada juga sedang ditelusuri siapa dan dan dimana tinggalnya.

    Jadi biar saja dia (penulis web ini) sekehenaknya menulis sampai pada masanya percayalah dia (penulis web ini) akan tahu akibat kefasikan, kemunafikan hatinya.

    ReplyDelete
  38. Setahu saya Hukum Tuhan itu Tegas!!! Kalau A ya A, kalo B ya B... mulai dari awalnya sampai kapan pun..
    setuju?? Klo setuju...
    maka tentang "kita hrs bertanggung jwab utk meniup ruh ke gambar yg kita buat..." ya jangan ada foto KTP, foto surat nikah dll... kan Hukum Tuhan tegas tak berubah, tak boleh dirubah mulai awal sampai selamanya...
    lanjut...
    mulai sekarang... khususnya yg komen ngotot gak boleh bikin gambar... jangan coba2 foto istri... anak anda... keluarga... pake hp ato alat apapun... gak boleh...dilarang... apalagi selfie... so goodby camera...apalagi tongsis...

    Lanjut...
    klo udh tau klo g boleh gambar menggambar... makaa... ya jangan coba2 beli gambar...dan memajangnya.. itu sama saja...
    misal : memasang foto walisongo... ulama yg ada di kalender2.... msh tanya knp?? Nah tuh ada contohnya.. Nabi nya beri contoh jangan gambar2 apalagi d pajang.. soalnya ntar takut d sembah... pokok jangan majang deh...

    Kalo emang saudara2 BERIMAN dan bukan sekedar KOMEN.. Maka usaha in deh tuh saran saya d atas...

    Karena KOMEN tanpa IMAN dan PERBUATAN sama dengan ... munak

    Thanks. Have fun. ☺

    ReplyDelete
  39. Assalamualaikum...kalo menurut saya Nabi Muhammad SAW adalah orang paling cerdas dan mampu menurbuatkan kejadian dll.sehingga rasul melarang kita untuk menggmbarkan wajahnya karena rasul lebih tahu apa yang akan terjadi nanti.Tapi kalo sekedar menggambar karena harus melakukan pekerjaan dengan tujuan menafkahi keluarga saya berfikir bahwa Allah SWT mengerti apa yang kita lakukan dan niat apa yang kita rencanakan.Dan Allah SWT memberikan karunia dengan memberikan karunia berupa bakat itu adalah bermaksud, dan juga ujian.contoh kita dapat order menggambar/membuat patung yesus/budha dll .apa harus kita kerjakan?silahkan djawab sendiri.kalo kita berpegang teguh dengan akidah dan tauhid tentu tidak akan kita kerjakan meski dbayar sepeti emas.Jadi..all moslem Allah Maha Tahu apa yang kita niat dan kita kerjakan.Dan untuk orang yang kaku dengan hal ini apakah anda tidak pernah megambil /memotret keluarga Anda,anak Anda,foto pernikahan Anda?..So Islam itu Indah dan Mengerti.tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau menjual sate babi untuk menghidupi keluarga boleh nggak gan? Kan analoginya sama dengan pernyataan agan di atas.

      Delete
  40. islam itu sebenarnya simpel tapi banyak perbedaan pendapat yang membuatnya menjadi sulit. jaman moderen masih banyak juga yang pemikirannya kaya jaman batu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. siapa disini yang berani sumpah gak ada gambar mahluk hidup di rumah, gak ada foto keluarga, gakpunya KTP, gak pake uang, DLL? beranikah anda melarang gambar garuda indonesia? jangan cuma ngomong aja.

      Delete
    2. gak usah sewot gitu gan. kalau mau modern, ikut agama lain aja. bisa bikin pesta-pesta, buat apa aja boleh, makan babi, mabuk, dll. Ngapain juga lu bertahan di Islam, Islam hanya untuk yg mau susah.

      Delete
  41. islam itu indah, islam itu damai, islam itu simpel, sampai pada hal bercerai, cerai itu indah, cerai itu damai, cerai itu simpel. wahhhhh enak ea jadi islam! nggak sperti kristen, jodoh cuman satu sampai maut memisahkan! mana enak jodoh cuman satu!! kayak di arab itu tuh... bnyak tkw yg di perkosa majikanya, indonesia sih menuntut! tapi, apa kata mereka?? di alkur'an hal meniduri gundiknya tidak di haramkan koq,, kasihan ya para tkw indonesia!! tapi, dipikir2 enak juga sih melakukan hal biadab sperti itu. aku milih islam aja lah!!! tapi bakal masuk surga gak ya ????????

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gak ngerti jangan asal nulis. kacau lu gan. 1001 kejelekan agama lu pun kita bisa tulis.

      Delete
  42. Sudah jelas ini perintah langsung dari ALLAH melalui alquran dan hadist sahih nabi.yang dilarang adalah menggambar/melukis makhluk bernyawa! Jika kita menggambar makhluk bernyawa ya siap 2 nanti diakhirat kita disuruh membuat/meniup roh apa yang kita gambar,pikirkan apakah kita bisa membuat sebuah roh/nyawa?kita aja tidak mampu menolak kematian,pasti kita bakalan mati,kalo sudah mati bisa gak nyawa atau roh kita ini kembali ke tubuh/jasad kita! Nyawa/roh kita ini saja tidak bisa berbuat apa apa ,apalagi kita disuruh buat/meniup roh! Sekarang menggambar nabi tidak ada yang melarang ,cuman fikirkan!kelak diakhirat kita bakalan disuruh membuat roh untuk gambar nabi ,karena menggambar seorang nabi adalah termasuk makhluk bernyawa.pikirkanlah teman teman apakah kita takut azab neraka dibandingkan kehilangan pekerjaan/uang,kita masih bisa gambar yang tidak bernyawa seperti pohon/pemandang an lain yang tidak bernyawa.atau kita cari pekerjaan yang halal lainnya

    ReplyDelete
  43. Sudah jelas ini perintah langsung dari ALLAH melalui alquran dan hadist sahih nabi.yang dilarang adalah menggambar/melukis makhluk bernyawa! Jika kita menggambar makhluk bernyawa ya siap 2 nanti diakhirat kita disuruh membuat/meniup roh apa yang kita gambar,pikirkan apakah kita bisa membuat sebuah roh/nyawa?kita aja tidak mampu menolak kematian,pasti kita bakalan mati,kalo sudah mati bisa gak nyawa atau roh kita ini kembali ke tubuh/jasad kita! Nyawa/roh kita ini saja tidak bisa berbuat apa apa ,apalagi kita disuruh buat/meniup roh! Sekarang menggambar nabi tidak ada yang melarang ,cuman fikirkan!kelak diakhirat kita bakalan disuruh membuat roh untuk gambar nabi ,karena menggambar seorang nabi adalah termasuk makhluk bernyawa.pikirkanlah teman teman apakah kita takut azab neraka dibandingkan kehilangan pekerjaan/uang,kita masih bisa gambar yang tidak bernyawa seperti pohon/pemandang an lain yang tidak bernyawa.atau kita cari pekerjaan yang halal lainnya

    ReplyDelete
  44. MENYIKAPI (DULU NABI MUHAMAD SAW BOLEH DIGAMBAR) seperti judul si bloger saya kira hanya sepihak saja dari si penulis dengan sejarah sejarah yg tidak jelas sumbernya. dalam islam segala sesuatu dirembug dan bermusawarah oleh para ahli sejarah yg paling dekat dengan nabi muhamad saw semasa hidupnya. Quran benar adanya tidak ada satu manusiapun yg sanggup merubahnya tanpa seijin Allah karena Allah langsung yg menjaganya. percayalah dengan hadits shahih karena pakar hadits shaih sangat dekat jaraknya dikala nabi muhamad saw masih hidup. ilmu logika dalam beragama bisa menjebak umat dalam kebenaran dan kesalahan. sebaik baik logika tetap lebih baik Alquran dan haditsnya YG shahih. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang menyerupai mereka : “Barangsiapa menyerupai suatu kaum maka dia termasuk golongan mereka.” (HR. Abu Dawud) Dalam hadits yang lain, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Janganlah kalian menyanjungku berlebihan sebagaimana orang-orang Nashrani menyanjung Putera Maryam, karena aku hanya hamba-Nya dan Rasul utusan-Nya.” (HR. Ahmad dan Al-Bukhori)

    ReplyDelete
  45. Qs: Al-Maidah :5:68 qul yaa ahlal kitabi lastum 'alaasyai'in hatta tuqiimut tauraata wal INJIILA'.
    'katakanlah hai ahli kitab kamu tidak dipandang beragama sedikitpun hingga kamu menuruti taurat dan INJIL.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg jadi masalah adalah, apakah taurat & injil yg beredar sekarang otentik?

      Delete
  46. gini lho bapak2, saya sangat amat setuju dengan penulis, tapi mohon di perhatikan bahwasanya jikalau lukisan itu di perbolehkan, akan menimbulkan penyembahan terhadap manusia dan penyimpangan, terutama terhadap orang2 yg Goblok kalo Bodoh bisa di kasih makan(ilmu) pak. bukan begitu? dan saya melihat komentar dari kaum nasrani yang saya hormati, begini lho, perdebatan ini dalam kaum muslimin, jangan ikut campur urusan kaum yang lain, mengerti? begitu pun sebaliknya. urusan kita terhadap diri kita saja, terhadap Allah yg Pengasih. Semakin maju dan semakin maju seharusnya di perbolehkan untuk menggambar Nabi kita Muhammad yg di Mulia kan jika memang ada Archive yg Baik. jangan goblok2 amat jadi orang, minta tuntunan dengan Yang Maha Segalanya, Yang Mulia, tuntunlah aku dan teman2 ku ini agar baik Bumi ini peradabann masa kini, agar sejahtera dan damai sentosa. Amin

    ReplyDelete
  47. Hadist itu kata Orang pak, jangan terlalu serius amat sama hadist. Al-Quran SAJA. Kalo saya ngomong di zaman itu bisa jadi Hadist Pak,, kata bapak yang ngomong juga bisa jadi Hadist pak. Al-quran saja. Karena Hasdist Ada pada zaman dahulu kala pada saat situasi dan kondisi saat itu pak, gitu pak, oke pak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hadits itu perkataan Nabi gan. Perawi hadits itu harus orang yg terpercaya dan tidak pernah berbohong. Kalau ente mah, siapa yg percaya?
      Makanya ikut pengajian yg bener gan. jangan kongkow di warung aje.

      Delete
  48. coba di baca dengan baik Al-quran nya, Apapun yang engakau minta Pasti Allah berikan, Pasti Pak pasti. Jadi minta Tuntunan nya pak minta koreksi/kritik dan saran Kepada Yang Maha Segala-galanya, Yang Maha Esa. Pasti di kasih tau pak, begini2 begitu.

    ReplyDelete
  49. DEMI ALLAH yg mereka gambar bukanlah sosok NABI MUHAMMAD SAW... tapisesungguhnya mereka hanya menggambarkan sosok yg ada didalam pikiran mereka....mereka merealisasikan khayalan mereka dalam sebuah gambar dan mereka mengklaimnya sebagai gambar NABI MUHAMMAD SAW...mereka yg mengaku2 telah menggambar NABI MUHAMMAD SAW,hakikatnya tk lebih selain para PENDUSTA belaka

    ReplyDelete
  50. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  51. Hai penulis,
    Saya baru menyadari betapa konyolnya Anda (mau menulis "bodoh" takut dianggap kasar). Di beberapa komen di atas anda menyatakan "mana ada larangan menggambar Nabi?"

    Sedangkan Anda sendiri menyebutkan hadits ttg "larangan menggambar makhluk hidup".
    Sekarang silakan renungkan, apa saja yg termasuk "makhluk hidup"? Apakah Nabi termasuk di dalamnya? Tentu saya iya.
    Jadi menggambar Nabi pun termasuk dilarang dalam hadits di atas. Alamak... gini aja harus diterangkan?

    Anak SD pun tahu tentang menyimpulkan yg kayak ginian.

    Kalau masih belum jelas, saya beri contoh:
    Si Acil dilarang makan makanan sebelum operasi. Lalu Acil nanya: kalau makan kue boleh kan? Jawabnya: Gubrakk!!!

    Masalah Anda mau mengikuti hadits atau tidak, itu urusan lain. Tapi mengambil kesimpulan yg konyol bikin mata pembaca sepet!

    ReplyDelete
  52. Mohon maaf penulis yang terhormat,
    Sebaiknya anda perdalam lagi ilmu agama anda. Silahkan baca dan pahami Al-Qur'an dan Hadist secara mendalam, jangan asal-asalan copy paste sumber karena sumber gambar tersebut dibuat oleh syiah rafidhah. saya hargai kesimpulan yang anda jabarkan diatas, tapi mohon maaf saya sangat tidak setuju dengan kesimpulan anda.

    Pelajari juga Ijtihad, Ijma' dan Qiyas kepada orang yang mengerti Islam lebih dalam kalau anda masih belum mengerti hukum menggambar makhluk ciptaan Allah SWT termasuk hukum Menggambar Rasulullah SAW yang disebutkan dalam Al-Qur'an dan Hadist.

    Penulis yang terhormat, mohon berhati-hatilah dalam mempelajari Al-Qur'an dan Hadist, dan jangan menafsirkan isinya dengan pemikiran anda sendiri, bertanyalah kepada orang yang ahli dibidang tafsir karena bahaya jika anda menafsirkan Al-Qur'an dan Hadist itu tanpa ada bimbingan orang yang mengerti isi dan maksud kandungan dalam Al-Qur'an dan Hadist.

    ReplyDelete
  53. Ini yang nulis seperti org islam tp kristen
    Knp kalian terpancing
    Percuma berdebat dg org bodoh
    Diberitahu 1000x pun tetap tdk akan mendengar
    Tdk usah berdebat, yakini n berpegang saja dg al quran sdh sgt ckp utk menuju jln yg bnr.. In sha Allah.. Aamiin

    ReplyDelete

Google