Cukuplah Allah bagiku, tiada tuhan selain Dia, untukMu tawakalku, dan Dia Rabbi arasy yang agung

Bacalah dan Tuhanmulah yang Maha Pemurah.
Yang mengajari dengan perantaraan pena.
Dia mengajari manusia apa yang belum diketahuinya

Ayat ini mengingatkan kita untuk terus membaca, menambah pengetahuan dengan segala akibatnya. Benarkah pencarian iman melalui bacaan berbahaya?
Google
 

Wednesday, April 13, 2011

Koin Islam Pertama Bergambar Orang

Islamic-awareness merupakan web yang sangat menarik. Web ini bertujuan untuk memberi pengetahuan pada muslim dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari misionaris kristen dan orientalis. Walaupun begitu web ini tidak bersifat apologetik, berusaha mempertahankan obyektivitas dan berusaha menampilkan pandangan para ahli dalam bidang keislaman dan sejarah. Saya selalu menuju kesini jika ingin mendapatkan informasi-informasi sejarah islam.





Diweb ini juga saya pertama kali mengetahui tentang koin-koin islam awal. Keterangan yang didapat dari web ini adalah bahwa pada awal pemerintahannya muslim arab belum memiliki sistem pemerintahan rumit seperti Sassanid dan Byzantium, sehingga mereka langsung mengadopsi sistem mereka. Pada koin tertua islam yang ditemukan, koin Sassanian ini hanya ditambahkan penanggalan hijriah. Ada juga koin Byzantium yang dirubah jadi koin arab-byzantium.


Ini koin islam tertua yang pernah ditemukan. Koin tipe arab-sassanian , gambar kepala dengan tulisan Yazdgrid III dibaliknya gambar altar api dengan pengawalnya dan tahun 31H/653M



Ini koin dengan tulisan Bismillah Muhammad rasul Allah yang tertua yang pernah ditemukan. Berasal dari tahun 66H/685-686M. Bergambar kepala dengan tulisan abdul Malik bin Abdullah. Gambar baliknya altar api dengan dua orang pengawal.



Koin sebelah kiri adalah koin byzantium dengan gambar dada Phocas, yang kanan koin islam dengan imitasi desain. Diperkirakan dari tahun 74H/693-694M. Pada koin arab-byzantium salib hilang, mahkota salib Phocas hilang diganti dengan bentuk lurus. Pada sebelah baliknya gambar malaikat memegang tongkat dan salib dihilangkan bentuk melintangnya.


Koin jiplakan Byzantium yang ditambah dengan kalimat shahadat. Sebelah atas koin Byzantium, sebelah bawah koin arab-byzantium.(72-74H). Gambar tiga orang raja berdiri, dibaliknya tangga dengan tongkat salib dirubah bentuknya jadi seperti bentuk palu dengan tulisan bism Allāh lā-ilaha il-Allāh waḥdahu Muḥammad rasūl Allāh. Ini merupakan bukti fisik tertua bismillah dan kalimat sahadat dalam satu koin.


Koin reformasi atau koin pertama tanpa icon. Dibuat oleh Abdul Malik sejak 77H. Berupa tulisan lā-ilaha il-Allāh waḥdahu la sharīkalah (artinya?) dibaliknya tulisan bism Allāh ḍuriba hadhā al-dirham bi-r-rāmhurmuz fī sanat tisʿ wa sabʿīn (bismillah dirham ini dicetak di Ramhurmuz pada tahun 79).

Dari koin-koin ini kita bisa melihat bahwa koin-koin awal bergambar manusia. Ketika koin dibuat dengan tambahan bismillah atau shahadat gambar manusia tetap ada. Koin baru mulai dibuat tanpa gambar manusia oleh Abdul Malik pada 77H.

Jadi dengan bukti-bukti ini saya ragu jaman nabi kita dilarang menggambar manusia. Itu dilakukan setelah jaman nabi, setelah jaman khulafaur rashidin, yaitu pada masa Abdul Malik. Abdul Malik juga yang membuat bangunan islam tertua Dome of the Rock. Tidak diragukan beliau adalah seorang tokoh sejarah Islam yang cukup penting.


semua gambar dari printscreen islamic-awareness.org

No comments:

Post a Comment