Fatwa Saya Hari Ini: Pecel Lele dan Ikan Mas Haram

Bagi muslim sudah dari sononya beberapa makanan adalah haram.  Untuk yang suka kodok… maaf, itu haram.   Kepiting atau rajungan (salah satunya atau kedua-duanya?) haram.  Burung yang bercakar haram.  Babi jangan ditanya…. Jangankan saripatinya, gambarnya aja haram seperti yang dialami gambar babi di Malaysia ini.  Alkohol haram… mau diminum, dimakan atau diolespun… seperti yang ada dikosmetik dan hand sanitizer.  Barangkali karena prinsip sedikit atau banyak yang haram tetap haram.  Atau: dimakan saja haram, kalau bisa jangan sampai lihat gambarnya nanti surganya jadi jauh, barangkali seperti itu prinsip awalnya.

Nah masalah makanan yang haram ini saya perkirakan sumbernya yang paling utama tentunya dari al Quran.  Salah satu dari beberapa ayat tentang makanan yang haram ada di surat al Maidah ayat 3 :
  “Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala.” 
Bagi yang mencari rujukan untuk keharaman binatang-binatang yang lain selain babi maka rujukannya adalah hadist, untuk itu silakan dicari sendiri hadist-hadist tersebut.

pecel lele



Sebagai seorang pengamat yang menyebalkan, saya ingin sekali bertanya kepada saudara-saudaraku sekalian mengenai ayat no 3 dari al Maidah ini.  Ayat ini cukup mudah dimengerti untuk menyatakan makanan yang haram bagi muslim: bangkai, darah, babi, yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, YANG TERPUKUL….

 Ini sungguh membuat saya berhenti dari suapan makan siang saya…  hari ini saya makan dengan pecel lele, sumpah enak banget dengan sambel tomatnya yang pedas belepetan itu.  Kemarin saya makan pakai ikan mas yang digoreng kering pakai sambal dabu…

Buat ibu-ibu yang sering belanja dipasar tentu tahu dong kalau ikan mas dan lele dijualnya hidup-hidup.  Lalu kalau kita beli ikannya digetok dulu tuh sama abangnya, baru dibersihin deh.  Yaolo…  orang ribut-ribut dengan vaksin yang mengandung babi, sementara didepan hidung lele dan ikan mas digetok kepalanya enak aja dimakan? Ckckck aku jadi bingung.


Tapi tulisan ini tidak bermaksud menzalimi para pedagang ikan mas dan lele dan tukang pecel lele lho ya… mereka pasti punya cara lain untuk membunuhi hewan-hewan berprotein tinggi dengan harga murah terjangkau tersebut.  Yang saya heran adalah : apa betul analisa saya bahwa masalah halal dan haram itu sebetulnya masalah selera? Kalau tidak begitu suka atau tidak terlalu penting tidak apa-apa dibilang haram.  Lain halnya kalau hal tersebut sangat kita suka.  Atau secara tradisi sudah sangat akrab sehingga ketika dikatakan bahwa tradisi itu ‘haram’ tidak akan mempan lah label tersebut.  … biarpun haram yaaa dibuat sedemikian rupa supaya halal.  Contohnya rokok, mau dibilang haram, mubah, mubazir atau biasa-biasa saja atau apalah tetap saja para perokok mempunyai alasannya sendiri untuk tetap merokok.  Eh tapi rokok tidak ada larangannya ya di Al Quran? kalau binatang yang dipukul?   Sambil menunggu fatwa sebaiknya saya cepat-cepat menghabiskan pecel lele ini dulu.

Comments

  1. hewan darat harus disembelih, disembilih ini maksutnya sebelum ia menjadi bangkai atau membusuk.
    kalau hewan air tidak seperti itu, karena hewan air termasuk binatang buruan dan tidak harus disembilih, bisa jadi ditombak, dilempar dgn sesuatu, dll :)
    jadi jangan sempitkan karunia Allah yg Mahaluas utk manusia dan jangan gampang mengharamkan sesuatu, karena mengharamkan sesuatu tanpa izin Allah termasuk dlm mendustakan ayat2 Allah, tidak beriman kpd akhirat dan menyekutukanNya.

    Katakanlah (Muhammad), "Bawalah saksi-saksimu yang dapat membuktikan bahwa Allah mengharamkan ini." Jika mereka memberikan kesaksian, engkau jangan (ikut pula) memberikan kesaksian bersama mereka. Jangan engkau ikuti keinginan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan orang-orang yang tidak beriman kepada akhirat, dan mereka mempersekutukan Tuhan.
    [QS. Al-An'am: Ayat 150]

    ReplyDelete
  2. Surat al Maidah ayat 3 :

    “Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, DAGING babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala.”

    Sangat jelas terbaca dalam ayat 3 Al Maidah di atas bahwa bagian babi yang haram hanyalah dagingnya (lahmu) Hal tersebut diulang beberapa kali dalam ayat yang mengharamkan babi.

    Jika alkhinzir dalam ayat tersebut berarti babi, maka menjadi konyol jika dagingnya diharamkan, tapi jeroannya halal, karena jeroan merupakan sumber penyakit yang tidak terbantahkan. Makanya jeroan di negara tertentu hanya diperuntukkan untuk binatang/ternak.

    ReplyDelete
  3. https://nuramaya.wordpress.com/2008/05/20/dibalik-alasan-di-haramkannya-bangkai-darah-daging-babi-dan-khamr/

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. http://m.okezone.com/read/2016/08/25/298/1472860/tak-mengenal-haram-ikan-belalang-selalu-halal

    ReplyDelete
  6. http://m.okezone.com/read/2016/08/25/298/1472860/tak-mengenal-haram-ikan-belalang-selalu-halal

    ReplyDelete
  7. http://islamsainspedia.blogspot.co.id/2017/01/bukti-ilmiah-dihalalkannya-ikan-belalang.html?m=1

    ReplyDelete
  8. Baca noh bukti ilmiah di halalkanya bangkai ikan dan belalang dalam islam.jelas beda tong ikan yg mati terpukul, sama hewan yg hidup di darat mati terpukul.

    ReplyDelete
  9. Ikan dan belalang ga perlu di sembelih.mati di pukul tetep halal

    ReplyDelete
    Replies

    1. أُحِلَّتْ لَنَا مَيْتَتَانِ وَدَمَانِ فَأَمَّا الْمَيْتَتَانِ فَالْحُوتُ وَالْجَرَادُ وَأَمَّا الدَّمَانِ فَالْكَبِدُ وَالطِّحَالُ
      “Kami dihalalkan dua bangkai dan darah. Adapun dua bangkai tersebut adalah ikan dan belalang. Sedangkan dua darah tersebut adalah hati dan limpa.” (HR. Ibnu Majah no. 3314. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

      Delete
    2. Islam agama yg lengkap untuk panduan hidup umat manusia.susah bung kalo mau ngeyel sama Tuhan semesta alam.

      Delete
    3. Islam agama yg lengkap untuk panduan hidup umat manusia.susah bung kalo mau ngeyel sama Tuhan semesta alam.

      Delete
  10. Yang nulis blog ini ko ngasal bgt ya asal jeplak aja.masih cekak ilmunya.anda islam apa bukan si?

    ReplyDelete

Post a Comment