Cukuplah Allah bagiku, tiada tuhan selain Dia, untukMu tawakalku, dan Dia Rabbi arasy yang agung

Bacalah dan Tuhanmulah yang Maha Pemurah.
Yang mengajari dengan perantaraan pena.
Dia mengajari manusia apa yang belum diketahuinya

Ayat ini mengingatkan kita untuk terus membaca, menambah pengetahuan dengan segala akibatnya. Benarkah pencarian iman melalui bacaan berbahaya?
Google
 

Thursday, July 16, 2009

Takut Kena Serangan Takut

Manusia diciptakan dengan rasa takut. Ketakutan membantu manusia untuk waspada dan sekaligus menghasilkan adrenalin yang akan memacu kerja seluruh indra dan fisik. Detak jantung dan napas akan bertambah cepat sejalan dengan tubuh yang siaga menghadapi situasi yang membahayakan jiwa.

Khawatir (anxiety/ansietas)yang merupakan turunan dari rasa takut dibedakan dari faktor penyebabnya, yang lebih tidak nyata ( bandingkan dengan bertemu harimau) akibat ketakutan akan hal-hal yang diperkirakan akan terjadi di masa depan. Khawatir bisa menyebabkan jantung berdebar, keringat dingin, mual, sakit perut atau sakit kepala.

gambar dari lieliel

 Kelainan ansietas dapat memicu suatu serangan yang disebut serangan panik (panic attack) dan orang yang telah terserang panic attack ini disebut mengalami panic disorder (penyakit panik). Serangan panik ini serupa dengan serangan penyakit jantung, walaupun jika dicek EKG nya normal, tetapi penderita tak bisa menggerakkan tubuhnya, lumpuh berkeringat dingin, sakit dada, rasa mau mati. Kejadian ini bisa begitu saja dialami tanpa ada pencetusnya. Lalu serangan panik ini menjadi hal yang sangat menakutkan bagi penderitanya, mengakibatkan penderita menghindari seluruh aktifitas, takut berada di tempat ramai, atau takut bersosialisasi.

Di Al quran - buku yang menakjubkan itu – ada ditulis tentang rasa takut.

Kami berfirman: turunlah kamu semua dari surga. Kemudian jika benar-benar datang petunjukKu kepadamu maka barang siapa mengikuti petunjukKu tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati (2:38)

…….. dan sungguh Dia akan menggantikan ketakutan mereka dengan keamanan
mereka menyembahKu tidak menyekutukanKu dengan sesuatu, dan barangsiapa yang ingkar sesudah demikian itu maka mereka itulah orang-orang yang fasik (24:55)

hai sekalian manusia, sungguh telah datang kepada kamu pengajaran dari tuhanmu, penyembuh penyakit penyakit dalam dada, petunjuk dan rahmat bagi orang orang yang beriman (10:57)

Dialah yang memperlihatkan petir kepada kamu yang membawa ketakutan dan harapan
dan dia menjadikan awan tebal (13:12)

Ada juga rasa takut yang dianjurkan:

dan janganlah kamu membuat kerusakan di bumi sesudah baiknya
dan berdoalah kepadanya dengan rasa takut dan penuh harap
sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat
kepada orang-orang yang berbuat kebaikan
(7:56)

Semoga Allah menghilangkan rasa khawatir dari dalam dada ini.

No comments:

Post a Comment