Cukuplah Allah bagiku, tiada tuhan selain Dia, untukMu tawakalku, dan Dia Rabbi arasy yang agung

Bacalah dan Tuhanmulah yang Maha Pemurah.
Yang mengajari dengan perantaraan pena.
Dia mengajari manusia apa yang belum diketahuinya

Ayat ini mengingatkan kita untuk terus membaca, menambah pengetahuan dengan segala akibatnya. Benarkah pencarian iman melalui bacaan berbahaya?
Google
 

Saturday, October 17, 2009

Koruptor Itu Kafir


Sebetulnya masalah korupsi sudah pernah saya tulis di postingan yang ini. Tapi sekarang bahkan saya menghubungkannya dengan pengingkaran tuhan.


Indonesia mempunyai penduduk muslim terbanyak didunia yaitu 203 juta orang, atau 13% dari total Muslim dunia. Disisi lain, Indonesia menempati ranking ke126 dari 180 negara yang di survey dalam Indeks Persepsi Korupsi dengan poin 2.3 – 2.9 (skala nilai 0-10 dari yang terburuk hingga terbaik). Negara dengan peringkat pertama dengan poin 9.1 – 9.4 adalah Swedia, New Zaeland dan Denmark.

Sedangkan definisi korupsi itu sendiri menurut Wiktionary :
tindakan yang merusak atau mengganggu integritas, kebajikan, atau prinsip moral; keadaan rusak atau direndahkan; hilangnya kemurnian atau integritas; kebejatan; kejahatan; kenajisan; penyuapan.(terjemahan Google)

Dari sumber lain:
kurangnya integritas atau kejujuran (terutama kerentanan terhadap penyuapan); penggunaan posisi kepercayaan untuk keuntungan yang tidak jujur.

Fakta diatas selalu mengganggu saya. Ironis, negara dengan jumlah muslim terbesar dan tingkat korupsi yang menyedihkan. Korupsi merupakan masalah terbesar bangsa ini. Korupsi menyebabkan pemiskinan rakyat di negeri yang TIDAK MUNGKIN ada rakyat miskinnya saking subur makmurnya.

Kebanyakan jawaban dari muslim yang saya tanya mengatakan muslim yang koruptor (atau koruptor yang muslim) adalah muslim yang buruk. Tapi selama mereka masih menyembah Allah, mereka bukan kafir, mereka hanya tidak menjalankan perintah dan laranganNya, dan melakukan dosa.

Pertanyaan saya: bolehkah menyembah Allah tapi tetap melaksanakan hal-hal yang dilarangnya dan tetap mengaku muslim?

Muslim diperintahkan untuk jujur, menimbang dengan adil, seperti ayat dibawah ini
Dan janganlah kamu hampiri harta anak yatim kecuali dengan cara sebaik-baiknya sampai dia dewasa. Dan sempurnakanlah takaran dan timbangan dengan adil. Kami tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan sesuai kesanggupannya. Dan apabila kamu berbicara bicaralah sejujurnya sekalipun dia kerabat. Dan penuhilah janji Allah. Demikianlah yang telah diiperintahkanNya kepadamu agar kamu mendapat peringatan (6:152)

Kalau kemudian muslim melakukan hal2 yang dilarang oleh Tuhannya, masihkah ia disebut muslim? Esensi meyakini Allah itu apa? yakin hanya yakin tetapi perbuatan tidak mencerminkan keyakinan menurut saya itu tidak yakin. Kalau yakin dia akan takut akan balasannya di akhirat nanti.

Saya memutuskan untuk mengatakan koruptor itu kafir, mereka mengingkari Allah dan hari akhir. Saya memakai istilah kafir supaya terdengar kasar dan menjijikkan. Kafir adalah ingkar. Untuk penyuka fatwa, saya berharap MUI mengeluarkan fatwa bahwa koruptor adalah KAFIR.

gambar dari lakerae

2 comments:

  1. bagaimana dg non muslim yg hidupnya jujur, bersih, bekerja keras, banyak beramal kepada orang miskin dan tertindas, apakah mereka tetap kafir ?
    http://peduli-indonesia.blogspot.com/2010/01/koruptor-itu-kafir.html

    ReplyDelete
  2. Hi, sy udah baca link kamu, baru tau ternyata ada juga yang sependapat dg saya ya? ngomong2 siapa haidar bagir itu?

    Sy gak pernah berpendapat bahwa orang yang ber'agama' lain dg saya itu kafir. Bahkan, saya tidak percaya dengan 'agama', istilah itu tidak dibicarakan di kitab-kitab suci.

    ReplyDelete