Cukuplah Allah bagiku, tiada tuhan selain Dia, untukMu tawakalku, dan Dia Rabbi arasy yang agung

Bacalah dan Tuhanmulah yang Maha Pemurah.
Yang mengajari dengan perantaraan pena.
Dia mengajari manusia apa yang belum diketahuinya

Ayat ini mengingatkan kita untuk terus membaca, menambah pengetahuan dengan segala akibatnya. Benarkah pencarian iman melalui bacaan berbahaya?
Google
 

Tuesday, October 27, 2009

Agama Alternatif

gambar dari johnmcbride1109

Apa sih agama itu? Saya pernah berusaha menulis tentang agama disini, walaupun waktu saya baca lagi kok memang agak kurang readable..yang baca kayaknya gak begitu ngerti maksud saya..ya sudahlah, nanti saya buat lagi yang lebih bagusan.


Saya tertarik menulis tentang agama lagi setelah saya menemukan aliran-aliran kepercayaan yang benar-benar lintas agama dalam artian yang paling harfiah, dan ini benar-benar menarik!

Disini bisa ditemukan aliran messianic judaism atau yudaisme mesianik, atau mesianik saja. Pergerakan ini pengikutnya harus keturunan yahudi, atau yang pindah ke agama yahudi, dan meyakini Yesus sebagai messiah.

Ada dua macam aliran ini yaitu:
1.Yang ‘evangelic’ tetap meyakini trinitas. Keyakinan mereka sedikit berbeda dengan Kristen Pauline yaitu bahwa mereka menyunat anak-anak lelaki mereka, mengikuti pantangan makan yahudi dan bersembahyang di kuil. Mereka memandang Yesus sebagai anak tuhan dan satu dari tiga, sebagai messiah dan penyelamat.

2.Aliran lainnya yang lebih liberal memandang pergerakan mereka sebagai bentuk reformasi yudaisme. Mereka mengurbankan binatang di kuil, menjalankan seluruh hari besar Yahudi dan pembatasan makanan, dan bersunat. Mereka menyembah tuhan sebagai kesatuan dan Yesus sebagai nabi manusia dan guru bukan tuhan atau bagian dari tuhan.

Lalu ada lagi aliran lain yaitu kristen monoteis

Di situs nya bisa dilihat hal-hal apa yang mereka yakini dan yang mereka tolak. Yang mereka yakini antara lain bahwa Tuhan itu satu, Tuhan sama dengan Yahweh, Yesus secara ajaib diperanakkan oleh Tuhan melalui rahim perawan Maria, bahwa Yesus mati untuk menebus dosa manusia (hampir sama yah sama kristen lainnya..?). Yang mereka tolak: meyakini trinitas, bahwa Yesus harus jadi tuhan untuk menebus dosa, adalah mungkin untuk menjadi tuhan sekaligus manusia, bahwa roh kudus adalah bagian lain dari tuhan dan anak.

Agak2 masih ngebingungin yah? Mau beda tapi gak beda banyak ah..Itu udah ada dua contoh yah.. saya ambil satu lagi, biar tambah bingung.

Quran alone / quranist didefinisikan di wikipedia sebagai muslim hanya Qur’an, muslim qur’anik, atau muslim anti hadis, yaitu istilah yang digunakan untuk muslim yang menolak hadis atau tradisi2 dari nabi Muhammad dan mengikuti hanya al quran sebagai teks sucinya.

Jadi aliran-aliran ini kalau menurut diagram kayak gini nih..



Walaupun..setelah saya pikir-pikir posisinya gak musti gitu juga, bisa aja kan Kristen monoteistik sebelum Kristen, atau islam quran sesudah islam Muhammad..yah..jadi tambah bingung nih gw? Sepertinya harusnya buat himpunan lebih pas ya..tapi udahlah kapan-kapan lagi buatnya kalo GAK ADA KERJAAN. OK…dengan keyakinan yang saling melintas seperti itu…nanti-nanti apa masih perlu ya kolom agama di KTP? Ntar jawabnya bingung lhooo

No comments:

Post a Comment