Cukuplah Allah bagiku, tiada tuhan selain Dia, untukMu tawakalku, dan Dia Rabbi arasy yang agung

Bacalah dan Tuhanmulah yang Maha Pemurah.
Yang mengajari dengan perantaraan pena.
Dia mengajari manusia apa yang belum diketahuinya

Ayat ini mengingatkan kita untuk terus membaca, menambah pengetahuan dengan segala akibatnya. Benarkah pencarian iman melalui bacaan berbahaya?
Google
 

Wednesday, September 22, 2010

Idul Fitri : Merayakan Berakhirnya Puasa

Aid el-fitr

Saya sedang agak dibingungkan dengan istilah ini nih. Iedul Fitr. Disini kata fitr asalnya dari iftar, yang artinya buka puasa. Jadi Iedul fitr itu hari raya buka puasa. Saya setuju nih sepertinya dengan definisi ini. Tapi ada juga yang menulis bahwa fitr ini artinya penciptaan, atau kembali ke asal muasal, yang menurutku rancu dengan fithr. (note: seharusnya rancu dengan fitrah). IMHO iedul fitri itu hari raya berbuka puasa, tidak ada hubungannya dengan pengampunan dosa. Fitrah dan iftar itu artinya berbeda. Fitrah artinya kembali ke asal, atau penciptaan.


Kalau kita perhatikan orang islam selain di indonesia mengucapkan salam idul fitrinya Eid Mubarak yang artinya semoga hari raya ini diberkahi. Tidak ada mengenai pensucian dosa atau saling meminta maaf. Kalau dibaca di al quran akan terlihat tujuan dari puasa bagi muslim adalah 'supaya kamu jadi orang yang bertakwa', bukan 'supaya dosa-dosamu dihapuskan'.

Ada hari besar yahudi yang namanya yom kippur. Dihari itu diyakini Tuhan akan menutup buku amalan kita untuk setahun. Supaya buku rapot amalan bagus, maka kaum yahudi berpuasa selama 25 jam (boleh minum air putih), berdoa sehari semalam di rumah dan sinagog. Sembahyang yang biasanya tiga kali sehari ditambah jadi lima kali. Lalu puasa berahir dengan makan malam besar di perayaan yom kippur., Mereka mengucapkan g'mar chatimah tovah, “may you be sealed for a good year in the book of life" 'semoga buku amalan tahun ini diakhiri dengan baik' dan bermaaf-maafan. Tuhan akan membuat catatan amal di buku baru yang putih bersih lagi.

Disini bahkan dibahas bahwa kata Ied dan fitr itu memang asal katanya dari hebrew

Akan terlihat bahwa perayaan Iedul fitri mirip dengan perayaan yom kippur. Barangkali penulisan hadist2 mengenai iedul fitri dan penyucian dosa itu dipengaruhi adat tradisi yahudi, seperti juga banyak tradisi islam yang lain.

Saya suka perayaan. Perayaan apa saja. Perayaan meningkatkan roda ekonomi, pedagang laku, masyarakat senang :) Tulisan ini barangkali lebih diperuntukkan bagi muslim yang merayakan Iedul fitri. Iedul fitrah?

Menurutku agak berbahaya juga kalau menganggap setiap habis lebaran kita jadi bersih suci lagi seperti bayi baru lahir. Pantesan aja korupsinya gak berenti-berenti, wong tiap lebaran diampuni kok....

Tambahan:
di blog ini ada juga penulis yang sepemikiran dg saya

No comments:

Post a Comment