Cukuplah Allah bagiku, tiada tuhan selain Dia, untukMu tawakalku, dan Dia Rabbi arasy yang agung

Bacalah dan Tuhanmulah yang Maha Pemurah.
Yang mengajari dengan perantaraan pena.
Dia mengajari manusia apa yang belum diketahuinya

Ayat ini mengingatkan kita untuk terus membaca, menambah pengetahuan dengan segala akibatnya. Benarkah pencarian iman melalui bacaan berbahaya?
Google
 

Wednesday, September 8, 2010

Quran Jawi



Senangnya..Quran terjemahan bahasa Jawa yang aku pesen dari teman yang tinggal di Semarang sudah sampe. Judulnya Tafsir al Quran bahasa Jawi, walaupun saya gak yakin kalau itu kitab tafsir, lebih tepat sih terjemahan..oleh Prof KHR Moh. Adnan.


Ini contoh terjemahan surat al Falaq:

Bangun enjing

Dhawuha:Kawula nyuwun ngayom ing Pangeraning bangun enjing
Saking awonipun samu kawis ingkang katitahaken
Saha saking awonipun dalu ingkang peteng dhedhet lelimengan nalikanipun dhumateng
Lan saking pihalanipun tiyang ingkang ngempakaken sihir handamoni bundhelan
Lan saking pihalanipun tiyang drnegki nalika andrengkeni.


Saya gak ngerti bahasa Jawa..tapi seneng aja. Sekarang saya udah ngumpulin al quran terjemah bahasa Inggris, bhs Sunda dan yang terakhir bahasa Jawa ini. Tentu aja selain yang bahasa Indonesia (dari bermacam-macam penerbit: Depag, Diponegoro, Algesindo, terjemahan nya lain-lain). Yang bahasa Inggris ada yang tradisional (arab dan hadist sentris banget) dan yang langka al quran Reformist Translation heheheheeee!!
Masih berburu terjemahan yang lain nih: madura dan aceh :)

5 comments:

  1. Wah.., luar biasa, ada juga terjemahan Qur'an bahasa jawa.

    Saya udah hampir 1 jam nongkrongin blog ini. Baca-baca posting jadul. Interesting, akhirnya bisa juga saya ketemu orang yang sepaham dengan saya soal beragama. Tapi, ini blog punyanya siapa ya? Yaa.., paling tidak ada nama pena gitu..

    ReplyDelete
  2. Hi Bayu, salam :)
    Nama pena perlu ya..panggil saya Bude aja. Kalau kamu punya blog juga kita bisa komen2an ya. Makasih udah mampir, semoga berguna.

    ReplyDelete
  3. gan, pesan Qur'an Basa Jawa dimana ya, saya mencari-cari sudah tidak diterbitkan kata penjual bukunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. JUAL AL QUR’AN TERJEMAH BAHASA JAWA LATIN
      http://alfinlatife.blogspot.co.id/2015/03/tafsir-al-ibriiz-versi-bahasa-jawa.html

      Delete
  4. JUAL AL QUR’AN TERJEMAH BAHASA JAWA LATIN
    http://alfinlatife.blogspot.co.id/2015/03/tafsir-al-ibriiz-versi-bahasa-jawa.html

    ReplyDelete

Google