Cukuplah Allah bagiku, tiada tuhan selain Dia, untukMu tawakalku, dan Dia Rabbi arasy yang agung

Bacalah dan Tuhanmulah yang Maha Pemurah.
Yang mengajari dengan perantaraan pena.
Dia mengajari manusia apa yang belum diketahuinya

Ayat ini mengingatkan kita untuk terus membaca, menambah pengetahuan dengan segala akibatnya. Benarkah pencarian iman melalui bacaan berbahaya?
Google
 

Friday, September 9, 2011

Buddha Tertinggi Sudah Dihancurkan Taliban

Budha-budha dari Bamiyan adalah patung-patung Buddha yang terletak di tebing Bamiyan, Hazarat, Afghanistan.  Dibangun sekitar tahun  500 – 550, Buddha ini tadinya yang tertinggi di dunia.  Dua patung yang paling terkenal adalah Buddha raksasa Wirocana dan Sakyamuni, tingginya 55 dan 37 meter.

Badan patung dibuat dari bagian batu tebing, tapi detil-detil wajah, kepala dan tangan merupakan campuran jerami dan lumpur yang dilapis stucco. Material ini tidak tahan lama sehingga bagian tangan, kaki dan wajahnya rusak. Lapisan ini tadinya dibuat mendetil, dan dicat warna merah atau berwarna-warni.

Big Buddha, Bamiyan, 74r08-03
Buddha Besar, tahun 1977

Bamiyan terletak di jalur sutera, yaitu jalur perdagangan caravan yang menghubungkan pasar Cina dengan Asia Barat. Jalur ini juga melewati kepulauan Nusantara pada jaman keemasan Sriwijaya.

Sampai abad ke 11 Bamiyan berada dibawah kerajaan Gandhara.  Disitu terletak beberapa biara Buddha dan merupakan pusat agama,filosofi dan seni India.  Tempat ini sudah merupakan areal religius dari abad ke 2 hingga masuknya invasi islam pada abad ke 9.  Para biarawan hidup mengasingkan diri dan bertapa, tinggal di gua-gua kecil yang dibuat disisi tebing Bamiyan. Tempat ini merupakan landmark kebudayaan paling terkenal didaerah ini dan telah terdaftar di UNESCO sebagai Warisan Dunia.

Pada tahun 2001, atas perintah Mullah Muhammad Umar seorang pemimpin Taliban, patung ini didinamit karena dianggap berhala.  Dunia mengecam perbuatan ini dan menyatakan ini sebuah contoh ketidaktoleranan Taliban.

Penghancuran patung oleh Taliban

View of Bamiyan is a dream for every one

Di Indonesia terjadi juga penurunan patung-patung di beberapa kota, seperti di Bekasi, Tanjung Balai dan Purwakarta.   Walaupun tidak atau belum menyinggung patung-patung yang sudah berusia ratusan tahun, hanya pada patung-patung modern, tapi ini merupakan preseden buruk.

Indonesia dari dulu sudah dipengaruhi oleh kebudayaan yang beragam, gabungan dari kebudayaan lokal yang arif dan pengaruh India, Cina dan Eropa. Ketika kebudayaan Arab mulai merasuki, seharusnya ia tidak berusaha menghilangkan jejak sejarah, tapi bercampur dengan indah sehingga menghasilkan kebudayaan yang kaya dan lebih baik.  Keinginan untuk menghilangkan jati diri merupakan bentuk inferioritas. Bagaimana mau menghadapi dan menaklukan dunia jika malu dengan asal-usul diri?

Sumber wikipedia

12 comments:

  1. Saya melihatnya lumayan signifikan, memang mudah untuk mengatakan "berhala", namun tanpa disadari oleh yang bersangkutan, mereka tak lebih dari itu, sujud ke arah bangunan batu, mengelilingi batu, mencium batu, berjalan dari batu menuju batu, mengambil batu melempar batu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. heh idiot!! mana buktinya kalo kamu sujud ke batu kotak? itu arah!! loe mau diskusi terbuka?? gw jabani!

      Delete
  2. ada kutipan dari teman yang saya suka:
    "orang yang menghancurkan patung karena dianggap berhala, adalah orang yang paling meyakininya"
    it's so true

    ReplyDelete
  3. @momods dan buds : ka'bah di bangun oleh bapak dari para nabi termasuk isa al masih alaihi salam....

    ReplyDelete
  4. kasihan sekarang kaumnya menerima akibat karmanya tidak bisa hidup tenang, perang terus dan dijajah pihak asing terselubung

    ReplyDelete
  5. Karma buruk menanti penghancur buddha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. budha=pagan! baca aja literaturenya, ga beda ma pagan2 era sumeria, babilon

      Delete
  6. Karma buruk menanti penghancur buddha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gw tunggu tuhan pagan budha loe menghancurkan gw! gw tunggu!! jgn omdo

      Delete
    2. Ga ada yg Akan menghancurkan u bloon, Hati u sendiri Dan karma u sendiri yg Akan jalan. U LG nulis reply aja dah darah tinggi, geblek bener.

      Delete
  7. Hancurkan berhala budha dimanapun anda jumpai.
    Cnth trbaik tlh dtnjukan Mullah Omar.
    Bamiyan sgde dinosaurus saja lenyap, apalagi yg kcl.
    Easy

    ReplyDelete

Google