Cukuplah Allah bagiku, tiada tuhan selain Dia, untukMu tawakalku, dan Dia Rabbi arasy yang agung

Bacalah dan Tuhanmulah yang Maha Pemurah.
Yang mengajari dengan perantaraan pena.
Dia mengajari manusia apa yang belum diketahuinya

Ayat ini mengingatkan kita untuk terus membaca, menambah pengetahuan dengan segala akibatnya. Benarkah pencarian iman melalui bacaan berbahaya?
Google
 

Wednesday, December 14, 2011

Ahmad Dhani Diantara Cinta dan Benci

Membaca berita penolakan dan pencekalan 10 ormas islam terhadap Ahmad Dhani (baca disini) cukup membuat tersenyum kecut.  Pencekalan dilakukan dan dimotori oleh , ehm - Gerakan Anti Pemurtadan Aliran Sesat.  Ormas islam itu beralasan karena Dhani kerap memakai simbol yahudi maka mereka melarangnya main di Cirebon.

Kebencian umat islam terhadap yahudi sebetulnya cukup ironis, dan hubungan Islam - Yahudi, atau barangkali lebih tepatnya arab– yahudi ini seperti hubungan cinta benci yang cukup unik.

Ahmad Dhani

Saya tidak tahu asal muasal kebencian ini, barangkali bisa dirunut dari ayat-ayat di al Quran (benarkah?) atau dari hadist-hadist, terus berlanjut hingga masa kini, walaupun tentu saja, ada ayat dalam al Quran yang mengatakan bahwa 'Tuhan kami dan Tuhan kamu satu' (AQ 29:46).

Islam meyakini bahwa nabi Muhammad adalah keturunan dari nabi Ibrahim.  Hal ini sebetulnya ironis juga, karena untuk mempercayai kisah ini berarti muslim harus meyakini salah satu kisah dalam Beresith atau Perjanjian Lama tentang seorang anak Ibrahim dari seorang selir budak keturunan Mesir, Hajar/Hagar, karena kisah ini tidak ada di al Quran.  Tapi tentu saja kisah ini barangkali juga ada dalam hadist-hadist.

Disini kita sudah mulai melihat hubungan cinta-benci arab terhadap yahudi.  Sebuah bangsa keturunan Ismail - yang ibunya budak Mesir dibuang digurun tandus- dengan keturunan dari istri Ibrahim Sarah, yaitu Ishak.

Islam keturunan nabi arab yang mengaku keturunan Ibrahim ini tidak lalu menjadi bangsa yahudi, karena yahudi dikabarkan baru mulai sejak Yakub, salah satu putera Ishak, dan juga bahwa yahudi menganut matrilineal, keyahudian diturunkan oleh perempuan yahudi.

Nabi Muhammad sendiri pada awal kerasulannya bersembahyang menghadap Yerusalem.  Lalu setelah mendapatkan wahyu beliau merubah arah kiblat mengarah ke Ka’bah.  Ini merupakan isyarat bahwa islam bukanlah yahudisme, bahwa Islam bisa mandiri tanpa melihat ke rumah tuhan bangsa Yahudi,

Tetapi hal ini tidak menjadikan islam membuang semua yang berbau yahudi, karena kisah-kisah dalam al Quran banyak memuat tentang nabi-nabi Yahudi antaranya: Nuh, Ibrahim, Luth, Yunus, Yakub, Yusuf, Musa, Daud, Sulaiman.  Kisah Isa dalam al quran juga merupakan simbol pertentangan dengan yahudisme yang tidak menganggap Isa sebagai salah satu nabi mereka.

Masih banyak kebiasaan-kebiasaan yahudi yang juga dilakukan Muslim seperti pada tulisan ini dan ini, antaranya: sunat, shalat, zakat, puasa, qurban, berziarah kerumah Tuhan, memelihara jenggot, menutupi rambut untuk perempuan, mengucapkan amin, tidak makan binatang didua alam atau burung pemangsa.

Yahudi tetap menjadi obyek yang sangat menarik sekaligus dibenci oleh Muslim.  Saudara seayah yang dikenal makmur dan cerdas versus anak budak yang dibuang digurun tandus… cemburu, cinta dan benci ini tidak bisa tertahan, ah….

Dan di Indonesia yang muslimnya bukan keturunan Ibrahim, Ahmad Dhani pun diboikot… ah…

3 comments:

  1. Zionislah yg harus kita perangi. karena Zionis itu ada yg dari Yahudi, ada yg dari NAsrani, Hindu, Budha, Komunis, apa sajalah dan juga ada yg dari orang Islam juga..selama mereka berkarakter Penjajah, Penindas, Penzolim,Pendominasi,Penyembah Hawa NAfsu, Dunia dan Dajjal, mereka patut disebut ZIONIS.

    YAhudi, Nasrani semuanya adalah agama samawi, agama Allah SWT...nabi mereka NAbi umat Islam juga,...hanya banyak dari kitab mereka saat ini SEBAHAGIAN adalah MENYIMPANG/SDH DISIMPANGKAN. ALLAH SWT melalui Al Quran, JELAS sdh mengatakan,

    “Orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang telah Kami beri Al Kitab (Taurat dan injil) mengenal Muhammad seperti mereka mengenal anak-anaknya sendiri . Dan sesungguhnya sebahagian diantara mereka menyembunyikan kebenaran, padahal mereka mengetahui.”

    (QS.Al-Baqarah 146) juga dalam AQ.An NAml 74-76 dan banyak lagi...

    Artinya Kitab Yahudi dan NAsrani ada sebahagian yg benar dan ada sebahagian yg disimpangkan/disembunyikan...nah..kita boleh mengambil yg benarnya dari kedua kitab tersebut..

    ReplyDelete
    Replies
    1. zionis bukan artinya gerakan kembali ke sion? kok makna zionis sekarang jadi tambah melebar ya?

      Delete
    2. ya begitulah...awal pergerakannya karena adanya beberapa umat bani israel di zaman setelah nabi Musa tiada yg tinggal di daerah pegunungan zion palestina melakukan perlawanan thdp ajaran Samawi....Infiltrasi bisa ke mana aja kan?

      Delete

Google