Cukuplah Allah bagiku, tiada tuhan selain Dia, untukMu tawakalku, dan Dia Rabbi arasy yang agung

Bacalah dan Tuhanmulah yang Maha Pemurah.
Yang mengajari dengan perantaraan pena.
Dia mengajari manusia apa yang belum diketahuinya

Ayat ini mengingatkan kita untuk terus membaca, menambah pengetahuan dengan segala akibatnya. Benarkah pencarian iman melalui bacaan berbahaya?
Google
 

Thursday, June 23, 2011

Ayat Quran di Dome of the Rock Yerusalem

Tulisan (inscription) di Dome of the Rock (72 H/ 692 CE) merupakan tulisan Islami dan kutipan al Quran yang paling awal yang masih terawat baik.    Inskripsi ini terbuat dari mosaik gelas berwarna biru dan emas yang melingkar dibagian dalam dan dinding luar Dome of the rock.  Inskripsi ini tidak berhubungan dengan Isra Miraj, yang diyakini muslim terjadi di area Dome of the Rock ataupun Mesjidil Aqsa, tapi merupakan sederetan pernyataan yang merupakan gabungan dari ayat quran lengkap dan yang diedit bebas, kalimat sahadat dan doa berkah (syafaat) yang menentang dogma kekristenan.  Inskripsi tentang Isra (surat 17) ditambahkan pada jaman Sulaiman Yang Agung (1545).

Dome of the Rock - Jerusalem, Israel


Diteliti bahwa tulisan dibagian luar akan dibaca lebih dulu oleh peziarah dengan searah jarum jam, lalu inti dari pesan terdapat dibagian dalam, dibaca sambil mengelilingi bagian tengah kuil yaitu bebatuan dan gua suci dengan arah melawan jarum jam, yaitu selatan - tenggara - timur - timur laut - utara - barat laut - barat - barat daya.

Tulisan di bagian Dalam Dinding Oktagonal

Selatan
Atas Nama Allah Yang maha Pengasih Maha Penyayang. Tidak ada Tuhan selain Allah. Dia Maha Esa. Tidak ada yang menyamainya (permulaan sahadat). Miliknya semua kerajaan dan bagiNya segala pujian. Dia menghidupkan dan mematikan, dan Dia Maha Kuasa dari segala sesuatu. (gabungan dari 64:1 dan 57:2). Muhammad adalah hamba Allah dan RasulNya (variasi dari akhir sahadat).

Tenggara
Sesungguhnya Allah dan para malaikatNya mencurahkan berkah untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bersalawatlah pada Nabi dan beri hormat padanya dengan salam yang penuh penghormatan (33:56 lengkap). Berkah Allah untuknya dan salam untuknya dan semoga Allah memberi pengampunan (doa, tidak ada di Quran). Wahai ahli kitab jangan berlebih-lebihan dalam beragama.

Timur
atau mengatakan terhadap Allah kecuali kebenaran. Sungguh al Masih Isa bin Maryam adalah seorang utusan Allah dan dari firmanNya yang disampaikan kepada Maryam, dan roh dariNya. Jadi yakini Allah dan rasul-rasulnya dan jangan katakan 'Tiga' - hentikan

Timur Laut
itu lebih baik bagimu - Sesungguhnya Allah Tuhan yang maha Esa. Maha suci Dia dari memiliki Putera. KepunyaanNya lah semua yang ada di surga dan semua dibumi. Dan cukuplah Allah sebagai pelindung. Al Masih tidak enggan menjadi

Utara
pelayan Allah dan begitu pula para malaikat. Barang siapa enggan menyembahnya dan menyombongkan diri maka Allah akan mengumpulkan mereka semua kepadaNya (4:171-172 lengkap). Ya Allah berkahi rasulmu dan hambamu Isa

Barat Laut
putra Maryam. Kesejahteraan untuknya dihari dia dilahirkan dan hari dia wafat dan dihari dia dibangkitkan kembali (19:33 lengkap, dengan perubahan dari orang pertama menjadi orang ketiga). Itulah Isa putra Maryam pernyataan yang benar yang mereka ragukan kebenarannya. Tidak patut bagi Allah mempunyai anak, maha suci Dia.

Barat
Ketika Dia hendak menetapkan sesuatu maka Dia hanya berkata 'Jadilah' Maka jadilah sesuatu itu (19:34-35 lengkap). Sesungguhnya Allah itu Tuhanku dan Tuhanmu maka sembahlah Dia. Ini jalan yang lurus (19:36 lengkap, kecuali tanpa awalan 'dan'). Allah menyatakan tidak ada Tuhan selain Dia, demikian pula para malaikat dan orang yang berilmu yang menegakkan keadilan, tidak ada Tuhan selain Dia

Barat Daya
yang maha perkasa maha bijaksana. Sesungguhnya diin disisi allah ialah islam. Tidaklah berselisih orang-orang yang telah diberi kitab kecuali setelah mereka memperoleh ilmu karena kedengkian diantara mereka. Barangsiapa ingkar terhadap ayat-ayat Allah maka Allah sangat cepat perhitungannya. (3:18-19 lengkap).


Tulisan didinding Luar Oktagonal
Dibaca dari selatan memutar searah jarum jam ke barat daya - barat - barat laut- utara - timur laut - timur - tenggara

Selatan
Atas nama Allah Yang maha pengasih dan Penyayang.  Tidak ada tuhan selain Allah.  Dia Maha Esa.  Tidak ada yang menyamainya. (awal Sahadat).  Katakan: Dialah Allah yang Maha Esa , Allah tempat meminta segala sesuatu tidak bernak tidak pula diperanakkan dan tidak ada sesuatu yang setara dengan dia (112 lengkap kecuali bismillah).  Muhammad adalah Rasul Allah (penyelesaian sahadat).  Berkah Allah untuknya (syafaat)

Barat Daya
Atas nama Allah yang maha Pengasih maha Penyayang tidak ada tuhan selain Allah. Dia maha Esa tidak ada yang menyerupainya.  Muhammad adalah rasul allah (sahadat lengkap).  Sesungguhnya Allah dan para malaikatnya bersalawat untuk nabi.

Barat
Wahai orang-orang yang beriman berrsalawatlah kamu untuk nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya (33:56 lengkap).  Atas nama Allah yang maha pengasih dan Penyayang.  Tidak ada tuhan selain Allah. Dia Maha Esa (awal sahadat).  Segala puji

Barat Laut
bagi Allah yang tidak mempunyai anak dan tidak mempunyai sekutu dalam kerajaanNya dan Dia tidak memerlukan penolong dari kehinaan dan agungkanlah dia seagung-agungnya (17:111 lengkap tanpa 'dan katakanlah').  Muhammad Rasul

Utara
Allah (akhir sahadat).  Berkah Allah dicurahkan padanya dan para malaikat dan para rasulnya, dan selamat untuknya dan semoga Allah memberikan pengampunan (syafaat).  Atas nama allah yang maha pengasih dan penyayang. tidak ada tuhan selain allah. dia maha esa dan tidak mempunyai sekutu (awal sahadat)

Timur laut
Miliknya semua kerajaan dan bagiNya segala pujian. Dia menghidupkan dan mematikan, dan Dia Maha Kuasa dari segala sesuatu. (gabungan dari 64:1 dan 57:2).  Muhammad adalah Rasul Allah (akhir sahadat).  Berkah Allah untuknya. Semoga dia menerima syafaat pada hari Pengadilan atas nama umatnya. (doa dan syafaat)

Timur
Atas nama Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang. tidak ada tuhan selain Allah.  Dia Maha Esa. Tidak punya sekutu.  Muhammad adalah rasul Allah (sahadat lengkap). Berkah Allah untuknya (syafaat).  Kubah ini dibangun oleh hamba Allah (Abdullah)

Tenggara
Panglima Imam Ma'mun Mukminin di tahun tujuhpuluhdua.  Semoga Allah menerima pemberiannya dan merasa senang padanya.  Amin, Tuhan semesta alam, Puji Tuhan. (catatan pendiri)

gambar dari al azhr

Inskripsi ini sangat menarik karena seperti kita ketahui al Quran diyakini Muslim tidak berubah semenjak diwahyukan hingga saat ini. Melihat inskripsi ini yang dengan tanpa beban 'mengubah' ayat-ayat al quran, mengganti kata ganti pertama menjadi ketiga, menggabungkan tulisan yang bukan 'quranik' dengan syahadat, dengan doa dan syafaat, justru memperlihatkan contoh ayat quran yang awal, yang belum dikanonkan (distandarisasi).

Juga inskripsi ini memperlihatkan nilai-nilai awal yang penting bagi Islam, yaitu tentang keesaan Tuhan, tentang Isa bin Maryam yang manusia dan Rasul. Bahkan Karl_Heinz Ohlig mempunyai teori bahwa Muhammad ini adalah sebuah gelar, bukan sebuah nama, yang dinisbahkan tidak lain untuk Isa Bin Maryam itu sendiri.

Gambar dari planetware

Selain inskripsi mosaik ini terdapat juga inskripsi yang terdapat pada lempengan tembaga di pintu utara dan selatan. Ini akan kita bahas dipostingan selanjutnya saja.

sumber tulisan
factzoid
islamic-awareness

2 comments:

  1. INI MEMBUKTIKAN BAHWA AJARAN TAUHID YANG DITURUNKAN KE NABI MUHAMMAD SAW BAGI UMAT ISLAM YANG ADA DI AL QURAN SEBENARNYA JUGA DITURUNKAN KE UMAT NABI-NABI SEBELUMNYA MULAI NABI ADAM AS SAMPAI NABI ISA AS MELALUI KITAB TAURAT, ZABUR DAN INJIL YANG MASIH ASLI...... BUKAN KITAB-KITAB YANG SUDAH DIRUBAH OLEH TANGAN-TANGAN MANUSIA SEKARANG..........

    ReplyDelete
  2. MENURUT SAYA, ITU BERTUJUAN UNTUK SARANA DAKWAH DI WILAYAH YANG DI DIAMI OLEH PENGANUT AGAMA SAMAWI.
    UNTUK MEMPERJELAS MAKNA & ARTI BAHASA ALLAH SWT. DIBUAT SEPERTI ITULAH.
    B)

    ReplyDelete