Cukuplah Allah bagiku, tiada tuhan selain Dia, untukMu tawakalku, dan Dia Rabbi arasy yang agung

Bacalah dan Tuhanmulah yang Maha Pemurah.
Yang mengajari dengan perantaraan pena.
Dia mengajari manusia apa yang belum diketahuinya

Ayat ini mengingatkan kita untuk terus membaca, menambah pengetahuan dengan segala akibatnya. Benarkah pencarian iman melalui bacaan berbahaya?
Google
 

Friday, July 27, 2012

(Lagi) Kemiripan Islam dengan Yudaisme

Sebelumnya silakan baca

Islam Mirip Yahudisme
Islam Mirip Yahudisme bagian 2
Ritual kurban dalam yahudisme
Pemisahan Gender di Israel
Ahmad Dhani Diantara Cinta dan Benci

Sesuai dengan kebiasaan umum sekarang saya memakai istilah yudaisme untuk agama/ adat istiadat/ tradisi/ cara hidup yang dianut orang yahudi.

Kemiripan Islam dengan yudaisme sangatlah banyak.  Dibawah ini saya tambahkan lagi kebiasaan-kebiasaan dalam yudaisme yang tidak asing bagi muslim.
  • Penggunaan istilah Alaihi al Salam (AS)
Biasanya nabi-nabi kecuali nabi Muhammad disebut dengan gelar AS dibelakangnya (Alaihissalam) yang artinya Semoga dalam Damai.  Dalam yudaisme ada istilah alev hashalom / A”H (pria) atau alehashalom (perempuan) untuk orang yang sudah meninggal.  Artinya sama yaitu Semoga dalam damai (peace be upon him/her).  Penggunaannya sama dengan almarhum/almarhumah misalnya: “Paman saya Harry, alev hashalom…”

Yarden Mikveh (6)

  • Penggunaan istilah Insya Allah
Ucapan Insya Allah(jika Allah menghendaki) identik dengan Islam.  Dalam yudaisme dikenal istilah Irm Yirtzeh Hashern (IY”H) yang artinya sama Jika Tuhan Menghendaki.  Penggunaannya sama dengan insya Allah : “saya akan menemuimu besok, IY”H”.
  • Istilah Akidah
Akidah dari kata al aqdu (ikatan) artinya sistim kepercayaan / keyakinan.  Dalam yudaisme dikenal juga Akeidah yang arti harfiahnya sama dengan dalam bahasa arab yaitu ‘mengikat’ yaitu peristiwa pengurbanan Yisak oleh Abraham yang terdapat dalam kitab Bereshit.
  • Istilah Ahli Kitab
Dalam yudaisme dikenal sebagai Am HaSefer yang artinya ahli kitab atau orang yahudi.
  • Thaharah
Artinya bersuci atau membersihkan najis.  Dalam Islam didalamnya termasuk wudhu, tayamum, mandi junub.  Dalam yudaisme dikenal istilah taharah yang artinya kesucian ritual.  Lawannya adalah tumah (najis).  Metode penyucian ini adalah membenamkan diri dalam mikveh (mandi ritual) yaitu tevilah atau ada juga mencuci tangan dengan piala perak (netilat yadayim).

Ritual tevilah dilakukan pada:
Perempuan yang sudah menikah yang sudah selesai masa niddah (nifas) atau menstruasi supaya boleh berhubungan lagi dengan suaminya.
Sebelum yom kippur dan hari besar lain.
Jumat malam (menjelang Sabbath)
Pindah agama ke yudaisme.
Taharah – memandikan mayat sebelum dikuburkan.

Ritual mencuci tangan (beberapa tidak perlu piala perak) dilakukan antara lain ketika:
Bangun tidur
Hendak makan roti dan lauknya
Setelah makan
Keluar dari kamar mandi
Setelah memotong rambut atau kuku
Setelah dari pemakaman atau berhubungan dalam prosesi pemakaman.
Beberapa komunitas yahudi mengharuskan mandi setelah berhubungan badan atau ejakulasi.

Demikian sekilas kemiripan-kemiripan dalam yudaisme dan islam.  Muslim kadangkala benci membabi buta terhadap segala sesuatu yang berbau yahudi.  Semoga tulisan ini memberikan pencerahan kepada muslim bahwa orang yahudi dengan yudaismenya pun mempunyai pengaruh dalam Islam.  Sebetulnya agak aneh juga kalau membenci suatu kaum tapi malahan mengikuti kebiasaan-kebiasaan kaum tersebut.  Begitu halnya dalam kehidupan bernegara, orang Indonesia selalu bereaksi berlebihan jika 'kebudayaannya' juga dilakukan oleh tetangganya Malaysia.  Bagaimana kalau orang yahudi mengklaim bahwa Islam mencaplok beberapa tradisi mereka?

Tradisi, juga agama, saling pengaruh mempengaruhi.  Itu hukum alam.  Di Indonesia, Islam mengalami peleburan dengan tradisi yang lebih duluan ada, seperti dari Hindu dan Buddha.  Tidak ada satupun tradisi atau agama yang benar-benar suci murni tanpa pengaruh dari manapun.  Hal ini membuat kebudayaan menjadi makin kaya dan beragam.  Mari rayakan keberagaman, mari rayakan kehidupan.

Sumber:
Hebrew for christian
Tumah and Taharah
Ritual washing in judaism

5 comments:

  1. salah satu blog yg isinya cuman konspirasi2 mengejek islam dengan memplintir alqur'an dan hadits...
    semoga Allah SWT membberikan pintu hidayah dan mau mengampuni makhluk2 seperti ente.amieenn....

    ReplyDelete
    Replies
    1. @anonymous : Saya rasa ini malah pencerahan (bukan konspirasi atau ejekan ) Anda ini selalu berpikiran negative
      Mudah2an Allah selalu memberiakan ampunan kepada orang2 yang berprasangka buruk

      Delete
    2. Terserah.. hanya ingin berbagi ilmu pengetahuan supaya orang-orang fanatik berkurang.

      Delete
  2. LHO TOLONG EA,,,,, BERARTI ISLAM ITGU MENGIKUTI AGAMA YAGHUDI GITU????
    GILEEE.....
    PEEE DAHHH.....
    ISLAM ITU LEBIH BAIK DARI AGAMA YANG ADA DIMUKA BUMI INI....

    HEI, BEE''' TOLONG SIKET, KALAU NAK BUAT SESUATU TU PAKAI AKAL DULU, HABIS THU BAGHU AWAK TAU.....
    LEBIH BAIK AWAK KELUA JERR DAGHI ISLAM, PELAJARI LEEHHRR AGAMA LAIN...
    POOO DACHHH....

    ReplyDelete
  3. MAAF.............ISLAM, YAHUDI DAN NASRANI ADALAH AGAMA SAMAWI YANG DIBAWA OLEH PARA NABI........... DALAM KITAB SUCINYA SAMA-SAMA MENCERITAKAN MULAI NABI ADAM, NABI NUH, NABI MUSA, DLL SAMPAI NABI-NABI TERAKHIR...... CUMAN KITAB TAURAT YANG DITURUNKAN KE NABI MUSA AS DAN KITAB INJIL YANG DITURUNKAN KE NABI ISA AS/YESUS KEMUDIAN DISEMPURNAKAN AJARAN-NYA OLEH KITAB AL QURAN YANG DITURUNKAN KE NABI MUHAMMAD SAW SEHINGGA WAJAR SAJA SEHARUSNYA ADA KEMIRIPAN SATU SAMA YANG LAIN KARENA SEMUA KITAB SUCI DAN AJARAN TERSEBUT DIWAHYUKAN OLEH ALLOH SWT.... TAPI HANYA KITAB AL QURAN YANG MASIH ASLI DAN BELUM DIRUBAH KARENA ALLOH SWT YANG MENJAGA KEASLIANNYA SAMPAI HARI KIAMAT....SEDANGKAN KITAB TAURAT DAN INJIL SEKARANG SUDAH DIRUBAH-RUBAH OLEH TANGAN-TANGAN MANUSIA SEHINGGA SUDAH TIDAK ASLI LAGI....... JADI ANDA MAU MEMPERCAYAI KITAB SUCI YANG PERTAMA TURUN TAPI SUDAH TERCEMAR / DIRUBAH ATAU KITAB TERAKHIR YANG MASIH TERJAGA KEMURNIAN/KEASLIANNYA SAMPAI AKHIR JAMAN SEPERTI KITAB AL QURAN.......

    ReplyDelete