Cukuplah Allah bagiku, tiada tuhan selain Dia, untukMu tawakalku, dan Dia Rabbi arasy yang agung

Bacalah dan Tuhanmulah yang Maha Pemurah.
Yang mengajari dengan perantaraan pena.
Dia mengajari manusia apa yang belum diketahuinya

Ayat ini mengingatkan kita untuk terus membaca, menambah pengetahuan dengan segala akibatnya. Benarkah pencarian iman melalui bacaan berbahaya?
Google
 

Monday, December 14, 2009

Dinasti Yesus


Mendapat pencerahan setelah membaca buku Dinasti Yesus, James D. Tabor.

Buku ini berisi pandangan penulis yang arkeolog dan Ketua studi keagamaan Universitas North Carolina. Berawal dari penemuan-penemuan Makam Kain kafan dan Makam Talpiot yang berisi peti-peti berisi tulang (osuarium) dengan inskripsi pada masing-masing peti: Yesus anak Yusuf, Yusuf, Maria, Mariamne, Yudas anak Yesus dan Matius. Penulis berusaha menyajikan Yesus sejarah,yaitu Yesus yang manusia yang berbeda dengan Kristus iman.

Read more ->

Tuesday, December 8, 2009

Islam Agama Universal ?


gambar dari yushimoto_02

Semenjak kenabian Ibrahim manusia berusaha menjadi monotheis. Bangsa Yahudi dengan tauratnya diyakini sebagai pionir dalam menganut monotheisme. Ketika kekristenan dimulai di Yerusalem, Kristen awal pun merupakan yahudi Kristen. James the just (Ya’acov the tzaddik) adalah saudara tiri Yesus yang mengepalai gereja Kristen pertama di Yerusalem. Paul dari Tarsus diberi mandat untuk menyebarkan Kristen ini bagi kalangan non yahudi/gentile/kafir. Terdapat perbedaan-perbedaan prinsip tentang hukum-hukum yahudi, apakah harus diterapkan kepada kaum gentile ini atau tidak. Akhirnya diputuskan dalam Konsili Yerusalem awal ini bahwa umat Kristen Paul boleh tidak disunat tetapi mereka tetap harus mengikuti pantangan makan yahudi dan hukum yahudi yang lain.

Read more ->