Cukuplah Allah bagiku, tiada tuhan selain Dia, untukMu tawakalku, dan Dia Rabbi arasy yang agung

Bacalah dan Tuhanmulah yang Maha Pemurah.
Yang mengajari dengan perantaraan pena.
Dia mengajari manusia apa yang belum diketahuinya

Ayat ini mengingatkan kita untuk terus membaca, menambah pengetahuan dengan segala akibatnya. Benarkah pencarian iman melalui bacaan berbahaya?
Google
 

Monday, December 14, 2009

Dinasti Yesus


Mendapat pencerahan setelah membaca buku Dinasti Yesus, James D. Tabor.

Buku ini berisi pandangan penulis yang arkeolog dan Ketua studi keagamaan Universitas North Carolina. Berawal dari penemuan-penemuan Makam Kain kafan dan Makam Talpiot yang berisi peti-peti berisi tulang (osuarium) dengan inskripsi pada masing-masing peti: Yesus anak Yusuf, Yusuf, Maria, Mariamne, Yudas anak Yesus dan Matius. Penulis berusaha menyajikan Yesus sejarah,yaitu Yesus yang manusia yang berbeda dengan Kristus iman.

Read more ->

Tuesday, December 8, 2009

Islam Agama Universal ?


gambar dari yushimoto_02

Semenjak kenabian Ibrahim manusia berusaha menjadi monotheis. Bangsa Yahudi dengan tauratnya diyakini sebagai pionir dalam menganut monotheisme. Ketika kekristenan dimulai di Yerusalem, Kristen awal pun merupakan yahudi Kristen. James the just (Ya’acov the tzaddik) adalah saudara tiri Yesus yang mengepalai gereja Kristen pertama di Yerusalem. Paul dari Tarsus diberi mandat untuk menyebarkan Kristen ini bagi kalangan non yahudi/gentile/kafir. Terdapat perbedaan-perbedaan prinsip tentang hukum-hukum yahudi, apakah harus diterapkan kepada kaum gentile ini atau tidak. Akhirnya diputuskan dalam Konsili Yerusalem awal ini bahwa umat Kristen Paul boleh tidak disunat tetapi mereka tetap harus mengikuti pantangan makan yahudi dan hukum yahudi yang lain.

Read more ->

Friday, November 20, 2009

Kenapa Suka Topik Agama? (yg saya maksud iman...)


gambar dari vivanews

Kenapa sih suka ngomongin tentang agama?
Ngomong politik atau ekonomi lebih menyenangkan…bukan malah membicarakan hal-hal yang tidak akan pernah bisa dibuktikan betul atau salahnya…itu tanggapan paling normal dari orang-orang yang memandang orang-orang seperti saya – orang yang terobsesi dengan hal-hal berbau (pencarian) spiritual (?)/tuhan/kitab suci/agama

Read more ->

Tuesday, October 27, 2009

Agama Alternatif

gambar dari johnmcbride1109

Apa sih agama itu? Saya pernah berusaha menulis tentang agama disini, walaupun waktu saya baca lagi kok memang agak kurang readable..yang baca kayaknya gak begitu ngerti maksud saya..ya sudahlah, nanti saya buat lagi yang lebih bagusan.

Read more ->

Wednesday, October 21, 2009

Muslim pemarah dan penakut?

Memang ini tidak berlaku untuk SEMUA muslim, tetapi dari gambar besar keseluruhan umat islam di Indonesia, saya menilai muslim (Indonesia) sebagai umat yang pemarah, kaku, tidak bisa bercanda, dan ..penakut juga. Banyak contoh-contoh kejadian yang bisa diambil, misalnya bulan puasa, banyak muslim yang marah-marah kalau ada restoran atau tempat dugem yang buka. Lalu pernah juga saya menegur satpam yang ronda jam 3 pagi sambil mengetok-ngetok benda apa tuh ga tau tapi pastinya ribut banget maksudnya buat ngebangunin saur, eh dia marah loh…katanya dia sedang melakukan perintah agama. Juga kalau kita lihat forum-forum perdebatan tentang agama, yang muslim banyak yang berdebat sambil marah-marah. Contohnya disini. Bandingkan dengan postingan tentang nabi Isa disini, komentator Kristen nya tidak terpancing emosinya.

Read more ->

Saturday, October 17, 2009

Koruptor Itu Kafir


Sebetulnya masalah korupsi sudah pernah saya tulis di postingan yang ini. Tapi sekarang bahkan saya menghubungkannya dengan pengingkaran tuhan.

Read more ->

Tuesday, October 6, 2009

Bencana, al Quran dan mistik

Setelah gempa di Padang dan Sumatera Barat banyak beredar SMS dan email yang menghubungkan kejadian pada pukul 17 itu dengan surat 17:16 dan 17:38. Lalu gempa Jambi yang dihubungkan dengan ayat 8:52. Kenapa orang suka sekali menghubung-hubungkan dan mengaitkan bencana dengan keajaiban dan mistik?

Read more ->

Tuhan adalah junjungan kita dan junjungan kalian

gambar dari jeff-bauche

Mencoba menerjemahkan ayat damai antar umat yang berlainan dari Quran reformist translation, dengan digabung dengan terjemahan dari penerbit Diponegoro, dan google translate:

Read more ->

Monday, August 17, 2009

Terjemahan Al Quran Versi Reformis


Buku ini baru sampai, saya pesan di internet. Penerjemahnya, Edip Yuksel yang seorang quranist, webnya di 19.org, Layth Saleh al-Shaiban dan Martha Schulte-Nafeh. Ongkos kirimnya $25, lebih mahal dari harga bukunya. Sebetulnya kalau beli di Amazon ongkirnya lebih murah, tapi ga tau kenapa saya tidak bisa check out dari Amazon, sehingga saya beli langsung dari penerbitnya, Brainbow Press.

Read more ->

Sunday, August 9, 2009

Hadist Palsu

Silakan klik disini untuk melihat artikel di Republika tentang Prof Dr H Muhibbin MAg yang menulis buku tentang beberapa hadist-hadist Imam Bukhari yang dianggapnya palsu berdasarkan isinya yang bertentangan dengan Al Quran.


gambar dari rinaokta

Read more ->

Monday, August 3, 2009

Nabi Mario Teguh

Berlebihan tidak judul diatas?? setelah googling tentang Mario Teguh yang nama aslinya adalah Sis Maryono Teguh biodatanya bisa dilihat disini

Read more ->

Thursday, July 16, 2009

Takut Kena Serangan Takut

Manusia diciptakan dengan rasa takut. Ketakutan membantu manusia untuk waspada dan sekaligus menghasilkan adrenalin yang akan memacu kerja seluruh indra dan fisik. Detak jantung dan napas akan bertambah cepat sejalan dengan tubuh yang siaga menghadapi situasi yang membahayakan jiwa.

Khawatir (anxiety/ansietas)yang merupakan turunan dari rasa takut dibedakan dari faktor penyebabnya, yang lebih tidak nyata ( bandingkan dengan bertemu harimau) akibat ketakutan akan hal-hal yang diperkirakan akan terjadi di masa depan. Khawatir bisa menyebabkan jantung berdebar, keringat dingin, mual, sakit perut atau sakit kepala.

gambar dari lieliel

Read more ->

Tuesday, May 5, 2009

Al Quran Merubah Hati

Tidak bosan rasanya untuk mengumumkan kepada semua orang, betapa Al Quran sudah merubah saya. Ayat dari surat Az Zumar dibawah ini, sepertinya menjadi pengharapan untuk saya, semoga selalu diberi petunjuk oleh Allah.
Allah telah menurunkan sebaik-baik perkataan
kitab yang bagiannya menyerupai sebagian
dan berulang-ulang
gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada tuhannya
kemudian jadi lembut kulit dan hatinya karena mengingat allah
dia memberi petunjuk dengan kitab itu siapa-siapa yang dikehendakinya
dan siapa yang disesatkan allah
maka tiadalah baginya yang akan menunjuki
(39:23)

Read more ->

Thursday, March 12, 2009

Cengeng


gambar dari e-a-richman

Saya suka membaca. Dan saya membaca al quran dengan tidak mudah, mengingat cara bertuturnya yang berbeda dengan buku buku jaman kini.
Disini saya menceritakan trik yang saya gunakan agar bisa membaca Al quran beberapa halaman tanpa merasa kantuk.

Read more ->

Sunday, January 18, 2009

Muslim Bodoh, Miskin dan Sadis Gara-gara Barat dan Yahudi


pic cari irshadmanji

Irshad Manji, penulis ‘Beriman tanpa rasa takut’ mempertanyakan adakah kebodohan, kemiskinan dan kekerasan yang melingkupi Islam, adalah kesalahan umat Islam sendiri, berlawanan dengan keyakinan muslim sekarang bahwa itu adalah kesalahan barat - kolonialisme atau kesalahan Yahudi. Dia menyarankan umat Islam untuk introspeksi, bercermin melihat diri sendiri sebelum menunjuk orang lain bertanggungjawab atas permasalahan mereka.

Read more ->
Google