Cukuplah Allah bagiku, tiada tuhan selain Dia, untukMu tawakalku, dan Dia Rabbi arasy yang agung

Bacalah dan Tuhanmulah yang Maha Pemurah.
Yang mengajari dengan perantaraan pena.
Dia mengajari manusia apa yang belum diketahuinya

Ayat ini mengingatkan kita untuk terus membaca, menambah pengetahuan dengan segala akibatnya. Benarkah pencarian iman melalui bacaan berbahaya?
Google
 

Wednesday, January 18, 2012

Dilema Arkeologi di Arab Saudi

Arab Saudi termasuk Negara yang sukar ditembus bagi para peneliti arkeologi, walaupun keadaan sudah berubah dalam 5 tahun belakangan ini.  Peninggalan-peninggalan arkeologi di Arab Saudi banyak tersebar di pinggiran laut merah yang merupakan jalur perdagangan wewangian dan rempah-rempah kuno yang melintasi dari bagian selatan jazirah Arab (Yaman) menuju ke Gaza atau Petra Yordania.

Kepala dan Cakar Singa dari abad pertama SM di Museum Riyadh

Gambar dari Washingtontimes

Read more ->

Wednesday, January 11, 2012

Berlayar Demi Rempah-rempah (2)

Petualangan mencari rempah-rempah juga dilakukan Spanyol. Alih-alih melewati jalur selatan memutari benua afrika Christopher Columbus melewati jalur barat dan malah terdampar di benua baru Amerika. Untuk meyakinkan bahwa dia tidak gagal dia menamakan rakyat pribumi sebagai ‘orang India’ / Indian dan menamakan cabe sebagai ‘merica merah’ (red pepper) istilah yang membuat bingung sampai saat ini.

 
Mesjid Ternate 1930


Gambar dari sini
Read more ->

Berlayar Demi Rempah-rempah (1)

Pada abad ke 15, dimana Eropa tengah mengalami masa Renaissance  sebuah kapal Portugis dipimpin Vasco da Gama mendarat di Kalkuta, dan masyarakat Eropa mulai terbuka matanya terhadap rahasia rempah-rempah.

Selama ribuan tahun perdagangan rempah-rempah merupakan perdagangan tidak langsung dengan banyak penghubung sehingga masyarakat Eropa tidak mengetahui darimana asal rempah-rempah tersebut.  Rempah-rempah permintaannya sangat tinggi sedangkan pasokannya dikontrol.  Ketika Islam menguasai area Syiria, Persia dan Jazirah arab perdagangan rempah-rempah berada dalam kekuasaan pedagang arab/islam.

L'├ępicerie

Read more ->

Tuesday, January 10, 2012

Apa Mazhab Islammu?

Kebanyakan Muslim di Indonesia tidak tahu dia termasuk dalam jenis dan mazhab Islam apa.  Jawaban normatif muslim Indonesia tentang jenis Islamnya adalah: Islam saja, yang mengikuti quran dan hadist.  Walaupun keseluruhan mazhab maupun denominasi Islam di dunia juga pasti akan menjawab sama seperti itu.

Secara garis besar denominasi Islam di dunia secara mayoritas bisa dibagi dua: Islam Sunni dan Islam Syiah, sedangkan yang jumlahnya lebih sedikit antara lain ada Ibadi, Ahmadiyah dan Quranisme.  (perbandingan  denominasi Kristen misalnya Katolik dan Protestan).


Gambar dari Madh'hab

Read more ->
Google