Cukuplah Allah bagiku, tiada tuhan selain Dia, untukMu tawakalku, dan Dia Rabbi arasy yang agung

Bacalah dan Tuhanmulah yang Maha Pemurah.
Yang mengajari dengan perantaraan pena.
Dia mengajari manusia apa yang belum diketahuinya

Ayat ini mengingatkan kita untuk terus membaca, menambah pengetahuan dengan segala akibatnya. Benarkah pencarian iman melalui bacaan berbahaya?
Google
 

Thursday, April 14, 2011

Melarang Menggambar Itu Melanggar Fitrah

Manusia sudah mulai menggambar dari jaman dulu. Lukisan gua tertua di dunia ada di Perancis di Gua Chauvet. Banyak binatang-binatang yang digambar disitu seperti kuda, bison, sapi, rusa, singa, panther, beruang, hyena dan burung hantu. Lukisan-lukisan itu yang catnya diteliti dengan carbon dating diperkirakan berumur 27,000 tahun.

dans la grotte chauvet...

Read more ->

Wednesday, April 13, 2011

Koin Islam Pertama Bergambar Orang

Islamic-awareness merupakan web yang sangat menarik. Web ini bertujuan untuk memberi pengetahuan pada muslim dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari misionaris kristen dan orientalis. Walaupun begitu web ini tidak bersifat apologetik, berusaha mempertahankan obyektivitas dan berusaha menampilkan pandangan para ahli dalam bidang keislaman dan sejarah. Saya selalu menuju kesini jika ingin mendapatkan informasi-informasi sejarah islam.




Read more ->

Tuesday, April 12, 2011

Kenapa Yesus Jadi Isa di Al Quran?

Al Quran banyak memuat ayat tentang Isa al Masih. Misalnya di surat al Baqarah (87, 136, 253) Ali Imran (45, 52, 55, 58-61, 84) dsb yang totalnya 25 kali. Isa al Masih ini diyakini sama dengan Yesus Kristus. Istilah Al masih (arab) , mashiach (hebrew), masiha (syiria), messiah (inggris), mesias (indonesia) ini digunakan oleh Yahudisme, Kristen dan Islam dan artinya sama yaitu diusap/diurap (dengan minyak), merujuk pada orang yang diurapi Tuhan.

Jesús de la Merced

Read more ->

Saturday, April 2, 2011

Top Secret: Gereja Abad ke 4 Ternyata Ada di Arab

Di sebuah gurun di Jubail Arab Saudi terdapat sisa gereja Asyiria abad ke 4. Reruntuhan ini ditemukan pada tahun 1986 oleh turis yang sedang berpetualang di gurun. Ketika ban mobil selip mereka menemukan reruntuhan didalam pasir.

Sementara itu sisa dari gereja tertua didunia ada di Megiddo Israel yang diperkirakan berasa dari abad ke 3-4. Yang ada hanyalah lantai mosaik dengan tulisan Yunani. Dengan begitu keberadaan gereja kuno di Saudi ini sangat penting bagi sejarah karena merupakan gereja yang masih mempunyai dinding.

Lantai gereja Megiddo, gambar dari sini

Read more ->

Pengakuan: Perjalanan Panjang dari Islam ke Tidak Tahu Apa-apa

Perjalanan 15 tahun mencari-cari kenyamanan spiritual Tuhan ini ternyata terus berjalan. Yang asalnya dari keingintahuan tentang islam dan al Quran seperti di postingan ini - Pertama tama Tidak Begitu Membahayakan - sampai sekarang. Saya pikir ini proses yang bakal terus-terusan berlangsung, gak akan berhenti.

Saya sangat sadar dengan perubahan ini, dan dengan kesadaran penuh menyambut perubahan ini, sedikit takjub, kadang berusaha melihat dari jauh, apa pengaruhnya terhadap diri dan tingkah laku?

La Mariposa 88 - Diaethria Clymena Butterfly

Read more ->