Cukuplah Allah bagiku, tiada tuhan selain Dia, untukMu tawakalku, dan Dia Rabbi arasy yang agung

Bacalah dan Tuhanmulah yang Maha Pemurah.
Yang mengajari dengan perantaraan pena.
Dia mengajari manusia apa yang belum diketahuinya

Ayat ini mengingatkan kita untuk terus membaca, menambah pengetahuan dengan segala akibatnya. Benarkah pencarian iman melalui bacaan berbahaya?
Google
 

Tuesday, September 27, 2011

Batu Hitam di Sudut Ka'bah

Semua muslim pasti pernah mendengar, atau malah pernah menyentuh batu hitam yang ada di sudut timur ka’bah, al Hajr al Aswad. Jemaah haji yang sedang mengerjakan tawaf di Ka’bah berusaha untuk berhenti dan mencium batu hitam ini jika memungkinkan, mengikuti tradisi yang dilakukan Nabi Muhammad.

mecca-black-stone-cc-toursaudiarabia

Read more ->

Thursday, September 22, 2011

Islam Mirip Yahudisme Bagian 2

Menyambung tulisan saya Islam Mirip Yahudisme, saya akan menambah lagi beberapa kebiasaan dalam Islam dikaitkan dengan yahudisme.

Kosher WallMart

Read more ->

Monday, September 19, 2011

Purwakarta: Mengingkari Kehinduan

Kita cukup dikagetkan oleh berita tentang perusakan patung-patung tokoh wayang di Purwakarta.   Kelompok itu menamakan diri Masyarakat Peduli Purwakarta dengan alasan keberadaan patung tidak sesuai dengan identitas masyarakat Purwakarta yang religius.

Walaupun perusakan ini sangat berbau kepentingan politik,  rakyat yang miskin dan tidak berpengetahuan sangat mudah untuk diadu domba dengan isu murahan agama, padahal ada yang mengambil keuntungan dari hal ini.

#850C1872 - Rod Puppets

Read more ->

Saturday, September 17, 2011

Al Quran Bergambar dari Abad Pertama Hijriah

Seperti yang umum kita ketahui, tidak ada al quran yang bergambar. Banyak al quran yang pinggir-pinggirnya dihiasi motif-motif geometrik yang indah berwarna-warni, tapi tidak ada yang dihiasi ilustrasi. 

Tapi ternyata ada satu buah quran yang bergambar, yaitu yang disebut dengan Quran Umayah Agung yang ditemukan di Mesjid Agung Sana'a
.


(a)

Gambar dari sini

Read more ->

Tuesday, September 13, 2011

Surat Raja Sriwijaya Untuk Kalifah

S Fatimi, seorang sejarawan Malaysia menulis dan dikutip oleh Azyumardi Azra dalam bukunya Islam Nusantara bahwa ada dua buah surat yang kemungkinan besar ditulis oleh Raja Sriwijaya untuk Kalifah Arab. Bagian pembukaan dari surat pertama dikutip oleh al Jahiz dalam bukunya Kitab al Hayawan (Buku Fauna) berdasarkan 3 rantai isnad.
Gambar dari buku Mahluk Ajaib nya Qazwini memperlihatkan Raja duduk disinggasana memakai mahkota emas dikelilingi perempuan telanjang (sida-sida?)

Read more ->

Friday, September 9, 2011

Buddha Tertinggi Sudah Dihancurkan Taliban

Budha-budha dari Bamiyan adalah patung-patung Buddha yang terletak di tebing Bamiyan, Hazarat, Afghanistan.  Dibangun sekitar tahun  500 – 550, Buddha ini tadinya yang tertinggi di dunia.  Dua patung yang paling terkenal adalah Buddha raksasa Wirocana dan Sakyamuni, tingginya 55 dan 37 meter.

Badan patung dibuat dari bagian batu tebing, tapi detil-detil wajah, kepala dan tangan merupakan campuran jerami dan lumpur yang dilapis stucco. Material ini tidak tahan lama sehingga bagian tangan, kaki dan wajahnya rusak. Lapisan ini tadinya dibuat mendetil, dan dicat warna merah atau berwarna-warni.

Big Buddha, Bamiyan, 74r08-03
Buddha Besar, tahun 1977

Read more ->

Tuesday, September 6, 2011

Tuhan Lain Disamping Allah

Ini terjemahan HB Jassin untuk surat An Naml (27) ayat 59-66

Katakanlah, “Segala puji bagi Allah,
Dan selamat sejahtera atas hamba-hamba-Nya yang telah dipilih-Nya.
Apakah Allah yang lebih baik,
Atau apa yang mereka persekutukan (dengan-Nya)?”

Coastal Landscape :: Gibsons Steps

Read more ->

Monday, September 5, 2011

Asal Kata Agama Dari Hinduisme

Saya pernah post tentang Agama Tidak Penting. Disitu saya berusaha menjelaskan asal-usul ‘agama’ atau ‘religion’ berdasarkan teori dari WC Smith The Meaning and End of Religion.
Gambar dari sini

Read more ->

Sunday, September 4, 2011

HB Jassin: Pengalaman Menerjemahkan Al Quran Secara Puitis

Ketika istri HB Jassin meninggal dunia pada 12 Maret 1962, peristiwa ini cukup menggugah beliau. Dalam pengajian selama tujuh malam, dia mengaji terus sampai selesai 30 juz dalam tujuh hari. Pada malam kedelapan, ketika rumah sepi, dia meneruskan mengaji seorang diri. Tidak puas dengan sekedar membaca saja, dia mulai mempergunakan beberapa buku terjemahan untuk mendalami dan meresapi isi kitab suci itu.
Gambar dari sini

Read more ->